Selasa, 03 Maret 2020

Niat Doa Wudhu dan Doa Sesudah Wudhu

Momod ads.id
Niat Doa Wudhu dan Doa Sesudah Wudhu - Niat Wudhu hukumnya wajib, karena jika kita tidak berniat sebelimnya, maka hukum wudhu kita tidak sah dan shalat kita juga menjadi sia-sia karena Wudhu termasuk kedalam salah satu syarat sah nya sholat. Sedangkan doa sesudah wudhu hukumnya sunah yang diajarakan oleh Rosulullah s.a.w. 

 karena jika kita tidak berniat sebelimnya Niat Doa Wudhu dan Doa Sesudah Wudhu
Ilustrasi ketika Wudhu
Rasulullah s.a.w. bersabda : "Tidak diterima Sholatmu tanpa Bersuci atau Wudhu" (HR. Muslim) dan ” Bersuci atau Berwudhu adalah sebagian dari iman" (HR. Muslim). Lalu seperti apa bacaan Doa niat wudhu yang dianjurkan oleh beliau? berikut dibawah ini bacaan Doa Niat Wudhu :

Bacaan Niat Doa Wudhu :

نَوَيْتُ الْوُضُوْءَ لِرَفْعِ الْحَدَثِ اْلاَصْغَرِ فَرْضًا ِللهِ تَعَالَى

Niat Doa Wudhu Latin :
Nawaitul Wudhu-a liraf-'il hadatsil ashghari fardhan lillahi ta'aalaa

Terjemahan Niat Doa Wudhu :
"Aku berniat wudhu untuk menghilangkan hdats kecil karena Allah semata"

Baca Juga : Doa Wudhu dan Tata Cara Wudhu

Setelah selesai mengerjakan wudhu maka di sunnahkan untuk berdoa, sesuai dengan yang diajarkan oleh Rasululullah s.a.w. berikut dibawah ini bacaan doanya :

Bacaan Doa Sesudah Wudhu :

 karena jika kita tidak berniat sebelimnya Niat Doa Wudhu dan Doa Sesudah Wudhu

Doa Sesudah Wudhu Versi Latin :
Asyhadu an laa ilaaha illallahu wahdahuu laa syariikalahu, wa asyhadu anna muhammadan 'abduhu wa rasuuluhu, allahummaj'alnii minattawwaabiina waj'alnii minal mutathahhiriin, waj'alnii min 'ibaadikashshaalihiin(a)

Terjemahan Doa Sesudah Wudhu :
"Aku bersaksi tiada Tuhan Selain Allah dan tidak ada yang meyekutukan bagiNya. Dan aku bersaksi bahwa Nabi Muhammad s.a.w. adalah hambaNya dan utusanNya. Wahai Allah jadikanlah aku ahli taubat dan jadikanlah aku orang yang suci dan jadikanlah aku dari golongan orang-orang shaleh".

Dari bacaan Niat Doa Wudhu dan Sesudah Wudhu jika sholat kita ingin syah dan semoga diterima oleh Allah s.w.t., maka wudhu kita harus benar salah satunya ialah wajib niat untuk mengerjakan wudhu.


 
close