Perbedaan Web Programmer, Web Desainer, Web Eksekutif Dan Web Master?

Web programmer, web desainer, web direktur dan web master, yaitu jenis-jenis profesi bidang teknologi isu yang sangat dekat kaitannya dengan profesi pengembangan aplikasi web.

Pengembangan aplikasi web merupakan upaya sistematis dan prosedural yang dikerjakan dengan team untuk menyebarkan sebuah aplikasi web, semaca facebook, bukalapak, twitter dan aplikasi web lainnya.

Sedangkan aplikasi web sendiri merupakan perangkat lunak komputer berbasis jaringan yang sanggup diakses memakai browser ibarat mozila firefox, google chrome dan aplikasi browser lainnya.

Team yang bekerja membangun sebuah aplikasi web harus mempunyai kemampuan dan wawasan yang berkaitan dengan pengembangan aplikasi web, ibarat penguasaan bahasa pemrograman web baik bahasa pemrograman web server maupun script client, selain itu mereka juga harus bisa menguasai penggunaan software-software desainer, penguasaan terhadap administrasi basis data, penguasaan terhadap perangkat lunak dan perangkat keras komputer server dan lain sebagainya.



Profesi yang terlibat untuk membangun sebuah aplikasi web umumnya mempunyai kiprah dan tanggung jawab masing-masing, namun semuanya terintegrasi secara sistemasis sehingga bisa menghasilkan sebuah aplikasi web yang handal dan sanggup berfungsi dengan baik.

Perbedaan web programmer, web desainer, web direktur dan web master?

Berikut yaitu perbedaan antara webprogrammer web desainer, web direktur dan web master dalam pengembangan aplikasi web.

A. Web Designer 

Seorang desainer Web yaitu orang yang bertanggung jawab untuk memilih tampilan sebuah website. Web designer bertanggung jawab atas desain seluruh layout atau tampilan dari website yang akan dikembangkan.

Seorang web desainer harus bisa memilih tampilan dan susunan layout website mulai dari gaya dan konsep desain yang diinginkan, penggunaan warna, jenis font, foto, elemen bidang geometri, pola, penempatan tombol, logo dan sebagainya.

Tampilan dan susunan layout yang telah didesain oleh web desainer bertujuan untuk menunjukkan harmonisasi dan membuat user experience yang baik bagi pengunjung website nantinya.  selain itu desain web yang sudah dibentuk merupakan rujukan untuk web programmer.

Kemampuan yang harus dimiliki oleh seorang web desiner selain kemampuan bahasa pemrograman yang berkaitan dengan desain tampilan juga harus mempunyai kemampuan seni mendesain tampilan web baik memakai script web maupun memakai software-software desain ibarat Adobe Photoshop, Adobe Illustrator, 3DS Max, Flash Player, dan lain-lain.

B. Web Programmer 

Web Programmer yaitu orang yang bertugas menulis sturktur isyarat kegiatan web untuk merealisasikan desain layout yang dibentuk oleh web designer, tapi bukan hanya dari sisi tampilan saja, web programmer juga harus memperhatikan berfungsinya tombol, link, integrasi dengan basis data dan hal-hal lainnya yang berkaitan dengan antar muka tampilan dan interaksi pengguna.

Seorang web programmer harus menguasai bahasa pemrograman web server  dan juga script client seperti  ibarat Ruby on Rails, PHP, .NET, Java dengan kegiatan Sublim, Editor PHP, Java Script, dan sebagainya.

Apabila website yang tersebut final dirangkai oleh web programmer, maka pengunjung sanggup mengaksesnya dengan baik.

C. Web Administrator 

Web Administrator yaitu sebuah pekerjaan yang berkaitan dengan aplikasi web yang memfokuskan diri untuk memperbaiki sebuah server baik itu instalasi hingga dengan problem trobleshooting pada komputer server.

Web Administrator akan menjaga kelangsungan dan kelancaran dari server untuk tetap bisa menjalankan aplikasi web, sehingga kalau terjadi problem/masalah pada server, web direktur harus siap untuk memperbaikinya.

Seorang web direktur harus menguasahi beberapa hal, diantaranya:

  1. OS NT - Seorang web direktur harus menguasahi macam-macam sistem operasi basis windows, baik itu instalasi maupun trobleshootingnya.
  2. OS Unix (LInux, FreeBSD, dll) - Seorang web direktur harus menguasahi macam-macam sistem operasi basis linux, baik itu instalasi maupun trobleshootingnya.
  3. Jaringan (LAN, WAN, Intranet) - Seorang web direktur harus mempunyai bekal pengetahuan bidang jaringan komputer
  4. Keamanan Server - Seorang web direktur harus paham perihal sistem sekurity dan keamanan pada server

D. Web Master 

Seoarang Web Master yaitu seorang yang mengerti akan kesemua hal mulai dari disain, kegiatan dan keamanan server namun tidak terlalu turut mencampuri ke masing-masing divisi, cukup dengan mempertanggun jawabkan atas jalannya suatu situs (web).

Seorang web master sanggup juga bekerja sebagai web designer, web programmer, atau web developer. Bila seorang web master tidak pernah berafiliasi dengan dunia digital, ia sanggup mencari jasa ketiga pekerjaan di atas untuk membangun website yang diinginkannya dengan baik.

Itulah beberapa profesi yang sering dilibatkan dalam pengembangkan aplikasi web. agar membantu.