Struktur & Referensi Teks Deskripsi Perihal Hewan, Rumah, Suasana, Orang, Alam Benda Dll

 Deskripsi merupakan salah satu teknik menulis memakai detail dengan tujuan menciptakan pembaca seolah-olah berada di kawasan kejadian, ikut merasakan, mengalami, melihat dan mendengar mengenai satu kejadian atau adegan.

Menulis deskripsi bisa menciptakan abjad yang digambarkan lebih hidup gambarannya di benak pembaca. Sebuah obyek dalam deskripsi tidak hanya terbatas pada sesuatu yang sanggup dilihat, didengar, dicium, diraba, dan dirasa saja, tetapi sanggup pula berupa perasaan hati ibarat rasa cemas, rasa takut, rasa jijik, rasa kasih, rasa cinta, rasa haru, dan sebagainya.

Deskripsi merupakan salah satu teknik menulis memakai detail dengan tujuan menciptakan pem Struktur & Referensi Teks Deskripsi Perihal Hewan, Rumah, Suasana, Orang, Alam Benda Dll


Penulis deskripsi yang baik, akan berusaha untuk melukiskan suatu objek dengan sejelas-jelasnya.


Untuk lebih mengenal teks deskripsi anda setidaknya harus mengetahui strukturnya dan juga contoh-contoh teks deskripsi sehingga anda bisa membuatnya sendiri dengan gampang dan benar.

Struktur teks deskripsi

Untuk menciptakan teks deskripsi selain mengenal ciri-cirinya, andapun harus memahami strukturnya, sehingga teks deskripsi yang akan anda buat benar-benar mempunyai struktur sebuah teks deskripsi yang baik.

Struktur teks deskripsi yaitu sebagai berikut:

1. Deskripsi umum 
Pada skema deskripsi umum dijelaskan ihwal definisi/identitas objek yang dideskrpsikan).

2. Deskripsi bagian
 Pada pecahan deskripsi pecahan dijelaskan pengklasifikasian objek yang dideskripsikan.  Pengklasifikasian dijelaskan secara lebih rinci dengan mengatakan gambaran-gambaran yang jelas.

3. Penutup
Kesimpulan atau penegasan hal-hal yang penting

Contoh teks deskripsi

Teks deskripsi tidak hanya terbatas untuk membahas satu topik tertentu saja, apapaun yang anda inginkan bisa dibentuk menjadi sebuah teks deskripsi dengan  melibatkan ciri-unsur-unsur dan struktur sebuah teks deskripsi.

Beberapa teks deskripsi yang bisa anda buat meliputi, teks deskripsi tempat, sekolah, suasana, benda, alat, lingkungan, hewan, alam dan teks deskripsi apapun.

Namun ingat ketika menciptakan teks deskripsi anda setidaknya harus bisa mengatakan citra secara lengkap kepada para pembaca semoga pembaca seoalah-olah mencicipi hal-hal yang ditulis di teks deskripsi.

Berikut beberapa pola teks deskripsi yang saya sajikan untuk anda:

Contoh teks deskripsi ihwal Tempat

Pantai Nusa Penida mempunyai tata keindahan alam yang menarik, khususnya bagi wisatawan yang mendambakan suasana nyaman, tenang, jauh dari kebisingan kota. Pohon-pohonnya rindang. Bentangan lautnya luas. Bagi penyelam, Pantai Nusa Penida juga mengatakan keindahan ikan maritim yang sedang berenang. Pemerintah Daerah Bali harus menata dan mengelola Pantai Nusa Penida sebagai tujuan obyek wisata alternatif.

Contoh teks descripsi ihwal Hewan

Kelinci tergolong binatang mamalia pengerat ibarat hamster, marmut, dan tikus. Hewan yang dikenal sangat lucu dan jinak ini mempunyai ukuran indera pendengaran yang panjang, berkumis, dan mempunyai kaki yang sangat berpengaruh untuk melompat. Namun kelinci lebih gampang diidentifikasikan dengan ukuran telinganya yang panjang. Ukuran indera pendengaran pada kelinci bisa mencapai 10 cm. indera pendengaran binatang ini juga mempunyai fungsi untuk mendeteksi munculnya predator yang akan memangsanya. Hewan bertelinga panjang ini bisa mendengar bunyi predator dengan prediksi jangkauan serta akurasi yang tepat. Telinganya juga berfungsi sebagai penjaga suhu panas tubuhnya terutama ketika trend hambar tiba. Kelinci mempunyai kaki-kaki yang sangat kuat. Dengan kedua kakinya, kelinci bisa melompat dengan jangkauan hingga jarak satu meter. Lompatan kelinci juga merupakan sinyal menunjukan ancaman yang disampaikan kepada kelompoknya di alam liar.

Contoh 2:
Saya mempunyai seekor binatang peliharaan, yaitu kucing. Kucing itu saya beri nama Pussy. Dia kucing yang lucu dan manis. Matanya berwarna kuning dan bulunya berwarna putih kecoklat - coklatan. Dia bahagia sekali tidur di atas bantal kesayanganku. Terkadang, ia juga suka tidur di pangkuanku dikala saya sedang mengerjakan PR atau menonton televisi. Saya sangat menyayanginya sebab kucing itu pertolongan dari ayah sebagai hadiah ulang tahunku yang ke-8.

Contoh teks deskripsi ihwal orang

Udin namanya, umurnya kira-kira 25 tahun, ia berperawakan tinggi dan berwajah ganteng, tidak heran banyak wanita yang menggemarinya, yang menciptakan ia sangat menarik di kalangan kaum hawa bukan hanya perawakannya saja yang tinggi, udin mempunyai rambut yang rapi sedikit ikal, hidung yang mancung, ditambah lagi matanya yang berwarna sedikit kebiru-biruan, maklum sebab udin yaitu anak blasteran indonesia jerman.

Nama lengkapnya michael udin, orang tuanya ingin memberi nama adonan antara sunda dan ke barat-baratan, walaupun namanya kampungan tidak lantas menciptakan udin minder, cara udin bergaul tidak kalah dari orang kebanyakan, tutur bahasanya halus, suaranya besar dan cara berjalannya tegap, dialah udin.

Contoh teks deskripsi ihwal Suasana.

Di malam itu angin sangat besar ditambah lagi hujan yang terus menerus tidak berhenti dari pagi, jam menunjukan pukul 12 malam, bunyi longlongan anjing semakin memecah kesunyian, apalagi rombongan yang berjumlah 6 orang itu terpisah menjadi 3 kelompok, malam yang sunyi semakin menciptakan suasana mencekam dan menakutkan.