Teks Proklamasi Kemerdekaan Indonesia

Pada hari bersejarah Bangsa Indonesia, inilah teks proklamasi yang dibaca oleh Ir.Soekarno dan Moh.Hatta. Setelah kekalahan Jepang kepada Sekutu ditandai dengan dijatuhkannya Bom Atom di Hiroshima dan Nagasaki pada 6 Agustus 1945. Para pejuang di Indonesia berusaha untuk mempersiapkan kemerdekaan Indonesia tanpa bantuan/pemberian kemerdekaan dari Jepang. Sempat terjadi perdebatan antara golongan renta yang beropini menunggu situasi dulu dan golongan muda yang menginginkan kemerdekaan Indonesia harus segera diproklamasikan tanpa menunggu Komando dari pihak Jepang.

Peristiwa Rengasdengklok
Golongan Muda yang telah terbakar semangat menciptakan gerakan dengan membawa Soekarno dan Hatta ke Rengasdengklok. Hal ini untuk mencegah Mereka dipengaruhi oleh Jepang semoga menunda proklamasi kemerdekaan. Golongan muda meyakinkan kepada Golongan Tua bahwa Jepang telah benar-benar mengalah kepada Sekutu. Setelah bermusyawarah hasilnya disepakati Proklamasi akan di lakukan di Jakarta, Soekarno dan Hatta kembali ke Jakarta.

Pagi harinya di Rumah Ir. Sokarno kemerdekaan Indonesia di proklamirkan oleh Ir.Soekarno






 Setelah kekalahan Jepang kepada Sekutu ditandai dengan dijatuhkannya Bom Atom di Hiroshim Teks Proklamasi Kemerdekaan Indonesia