Minggu, 10 Mei 2020

9 Olahan Masakan Praktis Yang Bisa Dibuat Dengan Rice Cooker

Momod ads.id
Secara umum rice cooker memang ditujukan untuk keperluan dalam hal memasak nasi sesuai dengan namanya. Akan tetapi, sebenarnya rice cooker juga dapat kita manfaatkan untuk membuat olahan masakan lainnya misalnya saja mie instan.

Alat yang satu ini sangat praktis digunakan sebagai pengganti kompor saat sedang berpergian jauh, terutama bagi anak kos-kosan. Bahkan, sebagian atau hampir semua anak kos-kosan biasanya akan menggunakan rice cooker untuk membuat olahan masakan lain. Anak kos-kosan pada umumnya biasa menggunakan rice cooker untuk memasak mie instan ataupun beberapa olahan masakan lainnya.

Berikut ini adalah beberapa olahan masakan lainnya yang dapat anda buat menggunakan rice cooker.

9 Olahan Masakan Praktis Yang Bisa Dibuat Dengan Rice Cooker

1. Mie Instan
Source images : cookpad.com
Jika anda pernah menjadi anak kos-kosan, mungkin sudah tidak asing lagi dengan kebiasaan yang satu ini, yup memasak mie instan dengan rice cooker. Sudah tidak perlu diragukan lagi bahwa memasak mie instan itu memang bisa dilakukan dengan rice cooker.

Memasak mie instan dengan rice cooker sangatlah praktis cara memasaknya pun juga sama seperti halnya menggunakan kompor. Anda hanya tinggal mengisi panci dengan air, lalu rebus air hingga mendidih menggunakan mode cook (mode memasak nasi), kemudian masukkan mie instan dan tunggu sampai matang.

2. Bubur
Source images : youtube.com
Membuat bubur bisa anda lakukan dengan rice cooker. Cara memasaknya juga sama seperti saat memasak nasi, yang membedakan adalah takaran airnya saja. Jika ingin membuat bubur maka gunakan perbandingan 1 : 4 artinya jika anda memasak 1 gelas beras maka air yang digunakan adalah 4 gelas dengan wadah takaran yang sama.

Supaya bubur terasa lebih lezat dan gurih, anda bisa menambahkan taburan sedikit garam saat memasak. Setelah matang sajikan bubur dengan suwiran ayam goreng, bawang goreng, kecap dan kerupuk atau bahan lainnya yang sesuai keinginan dan kesukaan anda.

3. Olahan Masakan Telur
Source images : youtube.com
Memasak berbagai olahan telur tidak selalu harus menggunakan kompor dan wajan, karena anda juga bisa menggunakan rice cooker untuk memasaknya.

Cara memasaknya pun sangat mudah, anda tinggal mengatur posisi rice cooker ke mode "cook", lalu masukkan minyak goreng ke wadah panci kemudian masukkan telurnya, bebas mau diceplok atau didadar. Dan prosesnya juga sama jika ingin telur rebus, bedanya hanyalah jika membuat telur rebus anda harus menggunakan air mendidih (bukan minyak goreng) dan juga memasak telurnya langsung tanpa membuka kulit telurnya.

4. Nasi Goreng
Source images : footprintmag.wordpress.com
Meskipun hanya menggunakan rice cooker anda juga bisa membuat nasi goreng yang lezat, tanpa perlu kompor ataupun wajan penggorengan.

Cara membuatnya sebenarnya cukup mudah dan untuk bahannya tentu saja harus menyiapkan nasi putihnya, lalu untuk bumbunya anda juga bisa membuatnya sendiri dengan memasukkan minyak kemudian tambahkan telur dengan diorak-arik. Pastikan rice cooker anda dalam posisi mode "cook", kemudian buat bumbu dengan bawang putih, garam, merica, dan sedikit kecap serta sausnya. Jika tidak bisa membuat bumbu manualnya, anda bisa menggunakan bumbu instan.

Masukkan bumbu terlebih dulu kemudian disusul nasinya, setelah semuanya telah dimasukkan maka aduk-aduk agar merata tunggu sampai matang dan nasi goreng pun siap disajikan.

5. Nasi Kuning
Source images : cookpad.com
Selain nasi goreng, memasak nasi kuning pun bisa juga dilakukan dengan rice cooker dan caranya juga tak jauh berbeda dengan cara memasak nasi putih pada umumnya.

Cara membuat nasi kuning, yakni yang pertama siapkan beras secukupnya serta bumbu-bumbu untuk membuat nasi kuning seperti kunyit, air santan, jahe, daun salam, daun jeruk, serai yang digeprek, garam secukupnya, bawang merah, bawang putih dan kemiri yang sudah dihaluskan.

Masukkan beras yang sudah dicuci terlebih dahulu ke dalam wadah panci rice cooker, setelah itu posisikan rice cooker ke mode "cook", lanjutan dengan mencampurkan bumbu-bumbunya lalu kemudian tambahkan air secukupnya tunggu hingga matang dan nasi kuning pun siap dinikmati.

6. Aneka Olahan Sup
Source images : www.pinterest.com
Berbagai olahan sup bisa juga anda buat meski hanya menggunakan rice cooker saja, caranya seperti halnya memasak menggunakan kompor.

Sederhananya rebus air hingga mendidih, pastikan rice cooker dalam posisi mode "cook", kemudian masukkan bahan-bahan sup yang ingin anda buat dan disusul dengan bumbunya, tunggu hingga matang dan sup pun siap disajikan.

7. Jelly Dan Agar-agar
Source images : timesofmarket.com
Jajanan juga bisa dibuat dengan modal rice cooker salah satunya adalah memasak jelly dan agar-agar. Cara buatnya pun juga sama seperti ketika memasaknya menggunakan kompor.

Langkah caranya adalah yang pertama, campurkan bubuk jelly atau agar-agar dengan takaran air sebanyak 3 gelas air ke dalam wadah panci rice cooker, jangan lupa untuk menambahkan gula pasir secukupnya, kemudian aduk-aduk hingga merata.

Masak dengan posisi rice cooker dalam mode "cook " aduk terus larutan hingga mendidih. Setelah mendidih, jangan langsung dituang ke cetakan, tunggu beberapa saat biarkan larutannya sedikit lebih dingin. Jika kepulan asap sudah agak berkurang, maka segera tuang ke cetakan dan masukkan ke dalam lemari es biar cepat dingin dan siap disajikan.

8. Pancake
Source images : bakingwithgranny.co.uk
Rice cooker juga dapat anda gunakan untuk membuat kue, salah satunya adalah kue pancake. Cara membuat cukup sederhana anda tidak perlu menyiapkan bahan dan alat yang begitu banyak, karena anda bisa menggunakan adonan pancake instan yang bisa dibeli di toko-toko, dan juga bahan penunjang lainnya yang telah dituliskan di boks adonan instan tersebut.

Cara membuatnya yaitu pertama campurkan semua bahannya kemudian aduk-aduk hingga merata, jika semuanya sudah tercampur maka selanjutnya mulai saja proses memasak dengan mengatur posisi rice cooker ke mode " cook" kemudian tutup rice cooker dan tunggu sekitar 40-45 menit hingga matang dan pancake pun siap dinikmati.

9. Membuat Pasta

Source images : lifeasaculinarygirl.wordpress.com
Membuat pasta menggunakan rice cooker sama seperti saat membuat mie instan, yaitu dengan merebus pasta dengan air mendidih, lalu kemudian ditambahkan sedikit garam serta margarin secukupnya supaya pasta tidak lengket.

Lakukan proses perebusannya selama 8 menit hingga pasta matang namun perlu diperhatikan juga jangan sampai lembek, setelah matang angkat lalu kemudian tiriskan. Untuk sausnya anda bisa membeli saus siap saji yang ada di toko atau pasar, jika tidak ingin kerepotan membuatnya.

Nah, itulah beberapa olahan masakan yang bisa dibuat dengan bermodalkan rice cooker. Dengan menggunakan rice cooker anda dapat membuat olahan masakan yang praktis baik itu ketika dalam kepergian jauh ataupun hanya sekedar untuk menggantikan fungsi kompor sementara.

Oke mungkin cukup sekian dulu untuk artikel kali ini tentang 9 Olahan Masakan Praktis Yang Bisa Dibuat Dengan Rice Cooker, semoga artikel ini bisa bermanfaat.