Rabu, 06 Mei 2020

Apa itu konduktor isolator dan semikonduktor – pengertian dan contohnya

Momod ads.id
Di dalam kehidupan sehari-hari Bahan-bahan konduktor, isolator maupun semikonduktor sering kali kita jumpai. Bagaimana tidak, itu karena semua bahan ini sangat banyak penggunaannya Misalnya saja saat memasak tentunya kita menggunakan wajan yang terbuat dari logam, pernahkah anda berfikir mengapa wajan tersebut tidak dibuat dari benda lain saja misalnya dari karet atau dari plastik? Hal tersebut disesuaikan dengan fungsi dari wajan itu sendiri yakni untuk memasak, anda tentunya tau bahwa saat memasak kebutuhan utamanya adalah panas. Nah, wajan yang terbuat dari logam ini diharapkan mampu menghantarkan panas dengan baik supaya apa yang kita masak bisa terpanasi dengan baik.

Dan seperti halnya saklar lampu yang ada dirumah anda kenapa harus dilapisi dengan bahan plastik dan mengapa tidak menggunakan logam saja seperti pada bagian terminal kabelnya. Jawabannya juga sama seperti diatas ini untuk disesuaikan dengan kebutuhan keamanan karena logam memiliki sifat penghantar listrik maka digunakanlah bahan plastik agar aman dari sengatan listrik.

Berbicara mengenai Konduktor, isolator dan semikonduktor sebenarnya kita berbicara mengenai panas dan listrik. Kali ini kita akan membahas mengenai apa yang dimaksud dengan konduktor dan isolator.

Pengertian Konduktor

Panas
Wajan contoh konduktor untuk penghantar panas
Konduktor termal atau biasa kita panggil dengan konduktor panas atau lebih sering pula kita panggil dengan nama konduktor saja, merupakan bahan yang dengan mudah mampu menghantarkan panas. Panas merambat dari ujung dengan suhu tinggi ke ujung lain dengan suhu yang lebih rendah.

Listrik
Kabel listrik contoh konduktor penghantar listrik
Pengertian Konduktor dalam listrik yaitu bahan-bahan yang dengan mudah apa bila di beri sumber tegangan menghantarkan arus listrik. Sama halnya dengan panas, arus listrik mengalir dari potensial tinggi ke potensial yang lebih rendah, satuan
dari potensial listrik adalah Voltage (tegangan) dengan lambang V.

Pemilihan Bahan Konduktor

Bahan Konduktor terdapat beberapa macam diantaranya Emas, Tembaga. Alumunium, Besi, Perak, dan sebagainya. Konduktor terbaik merupakan konduktor dengan nilai tahanan yang kecil atau kalau bisa yang tidak memiliki nilai tahanan. Sebenarnya emas merupakan bahan konduktor dengan nilai tahanan paling kecil, namun berhubung harga jual emas yang mahal sehingga kebanyakan konduktor yang digunakan adalah bahan tembaga dan alumunium. misalnya saja untuk kabel dirumah anda yang menggunakan tembaga.

Pengertian Isolator

Panas


Ganggang panci contoh isolator untuk peredam panas
Merupakan bahan yang tidak bisa (sangat sulit) untuk menghantarkan panas (kalor).

Listrik
Saklar contoh isolator peredam aliran arus listrik
Merupakan bahan yang sangat sulit (tidak bisa) untuk menghantarkan arus listrik.

Penggunaan

Bahan-bahan isolator banyak sekali digunakan dalam kehidupan sehari-hari, contohnya saja pada kulit kabel, pemegang panci, pemegang solder, kaca, plastik dan masih banyak lagi. Berbanding terbalik dengan bahan konduktor, bahan isolator merupakan bahan yang memiliki nilai tahanan yang sangat besar. Semakin besar nilai tahanannya maka akan semakin baik isolator tersebut menahan panas maupun arus listrik.

Pengertian Semikonduktor

Bahan semikonduktor merupakan bahan setengah isolator dan konduktor untuk bahan ini lebih jarang ditemui karena kegunaannya yang tidak banyak. bahan yang pada kondisi tertentu bersifat sebagai konduktor (penghantar) namun pada kondisi yang lain bersifat sebagai isolator (penyekat). Bahan semikonduktor akan bersifat sebagai isolator (penyekat) apabila berada pada suhu (temperatur) yang sangat rendah namun akan berubah menjadi sebuah Konduktor (penghantar) apabila berada pada suhu ruang. Contoh Bahan semikonduktor yang umum digunakan adalah Germanium, Silikon dan Gallium.

Sekian untuk artikel ini semoga bermanfaat

Dikutip dari : http://www.miung.com/2013/11/pengertian-konduktor-isolator-dan.html


 
close