Kamis, 07 Mei 2020

Cara Memperbaiki Kipas Angin yang tidak bisa menengok kanan-kiri (Gearbox)

Apakah anda pernah mengalami kipas angin anda tidak bisa swing (menengok ke kanan-kiri), atau swing tapi keluar suara yang membuat berisik saat tidur. Jika pernah maka anda tak perlu khawatir karena kipas angin tersebut sebenarnya masih bisa diperbaiki dengan cukup mudah dan bahkan anda sendiripun sebenarnya bisa memperbaikinya asalkan anda mau mempelajarinya.

Mengenai masalah kipas angin yang tidak bisa swing atau menengok kanan-kiri ini biasanya disebabkan oleh kerusakan pada gearbox yang berada di bagian belakang dinamo atau motor kipas angin. Berdasarkan cara kerjanya gearbox kipas angin ini terdiri dari dua macam jenis yakni :

1. Gearbox As
Source images : pintarbengkel.blogspot.com
Gearbox jenis ini memanfaatkan putaran as dinamo atau motor kipas angin untuk tenaga penggerak sehingga dapat memutar kepala kipas angin kekanan-kekiri. Untuk sekarang ini gearbox jenis inilah yang paling banyak dipakai oleh beberapa produsen merk kipas angin.

2. Gearbox Listrik
Source images : www.pricearea.com
Sesuai dengan namanya gearbox jenis listrik ini menggunakan energi listrik sebagai tenaga penggerak utama, sehingga biasanya komponen gearbox ini terdiri dari kombinasi motor listrik dan beberapa gear didalamnya. Pada umumnya gearbox jenis ini tak begitu banyak digunakan oleh produsen kipas angin yang rata-rata mereka lebih memilih memproduksi kipas angin dengan gearbox jenis as.

Selain disebabkan oleh gearbox yang rusak, sebenarnya masih ada beberapa penyebab lainnya yang dapat membuat kipas angin anda tidak dapat swing atau menengok kanan-kiri. Untuk lebih jelasnya silahkan simak cara perbaikan berikut ini.

Berikut Ini Cara Memperbaiki Kipas Angin yang tidak bisa menengok kanan-kiri

Baiklah kita mulai contohkan beberapa kerusakan yang kerap dialami oleh gearbox jenis as terlebih dahulu.

Kerusakan yang biasa terjadi pada kipas angin yang tidak bisa swing sangatlah beragam dan berikut ini saya sebutkan satu-persatu beserta cara memperbaikinya.

1. Bagian leher yang patah
Patahnya bagian leher ini biasanya karena kesalahan penggunanya, kenapa bisa begitu?? ... karena kebanyakan dari pengguna kipas angin tidak mengerti kalau sistem gearbox ini tidak boleh digerak-gerakkan secara paksa biasanya hal seperti ini terjadi saat penggunanya membawa kipas angin tersebut. bahkan ada juga yang menjatuhkannya sampai keluar bunyi klak. aduh ngeri kalau di bayangin padahal kipas anginnya selalu menemani suka dukanya saat gerah maupun panas tapi malah dijatuhkan seenaknya hehe ...

Intinya jika memang patah ganti ulang saja bagian leher tersebut dengan yang baru, biasanya pada toko elektronik khusus peralatan listrik akan menyediakan spare part ini.

2. Lepasnya baut pada besi pengayuh
Jika kedua baut ini lepas maka pasang bautnya lagi dengan yang lebih kuat agar tidak lepas lagi, anda bisa mengganti dengan baut yang agak panjang apabila lubang baut sudah sedikit longgar.

3. Patah atau lelehnya bagian dudukan gearbox
Dudukan yang patah juga bisa terjadi akibat kesalahan yang malang seperti diatas. hehe. . tapi lain halnya dengan lelehnya dudukan pada gearbox, hal ini biasa disebabkan karena overheating atau panas lebih pada dinamo kipas angin itu sendiri, meski sebenarnya overheating tidak selalu terjadi pada dinamo dan pada dasarnya overheating dinamo biasa diakibatkan oleh berbagai permasalahan misalnya saja dinamo mengalami penurunan kecepatan karena seret sehingga membuat dinamo bekerja keras dan menimbulkan panas lebih atau yang lebih parahnya lagi dinamo mengalami kemacetan secara total namun tetap dinyalakan.

Untuk memperbaiki dudukan yang patah bisa dengan mengelemnya dengan lem super kuat, tapi jika yang patah banyak lebih baik ganti gearbox baru saja. begitu juga dengan kerusakan akibat leleh yang biasanya sukar untuk diperbaiki.

4. Gear patah atau aus
Selain rusak akibat patahnya gear keausan pada gear sangat sering terjadi, gear-gear ini sangat mudah rusak apabila terkena tekanan yang cukup kuat, yah mau bagaimana lagi memang gearnya terbuat dari bahan plastik, jika anda perhatikan gambar diatas gear yang tertandai anak panah inilah yang seringkali mengalami patah maupun aus. Biasanya gear ini aus dan membuat suara yang berisik ketika kipas angin dinyalakan.

Untuk langkah cara perbaikannya anda bisa saja mengganti gear tersebut dengan yang bagus namun jika hal ini masih memungkinkan karena biasanya tidak ada yang menjualnya dan hanya bisa didapatkan dari barang rongsokan bekas kipas angin.

Jika anda tidak ingin panjang lebar mengenai perbaikan dengan mengganti gear ini, langsung saja ganti secara keseluruhan gearboxnya.

Beberapa cara yang di atas mungkin agak sulit dilakukan tapi anda tak perlu kawatir karena banyak sekali gearbox jenis ini yang dijual belikan di pasaran harganya sekitar 12rb-an sampai 15rb-an dan begitu juga dengan leher kipas anginnya, anda akan sangat mudah menemuinya di toko-toko elektronik peralatan listrik terdekat.

Tapi jika anda bisa memperbaiki kenapa tidak mencobanya, siapa tahu kerusakannya tidaklah parah dan dapat di perbaiki dengan mudah.

Untuk gearbox jenis listrik penanganannya juga tidak jauh berbeda dengan cara perbaikan gearbox as yang sudah saya contohkan diatas, bahkan gearbox ini terkenal lebih awet ketimbang jenis as karena biasanya dudukan gearbox ini dibuat dengan bahan logam besi sehingga tidak mudah patah ataupun leleh.

Karena jalan kerjanya menggunakan dinamo maka kerusakan juga dapat terjadi pada dinamo gearboxnya, sama seperti halnya dinamo pada umumnya dinamo ini juga dapat terbakar, anda bisa menggulungnya ulang asalkan mengerti jumlah lilitan dan ukuran kawatnya. akan tetapi jika anda tidak ingin menggulung ulang anda bisa langsung membeli gearbox listrik yang baru harganya kira-kira berkisar antara 20rb-an sampai 30rb-an.

Note : harga yang saya sebutkan diatas bisa saja berubah tergantung wilayah dan hal lainnya. Untuk lebih jelasnya mengenai harga silahkan anda coba cek di toko online kepercayaan anda masing-masing.

Demikian pembahasan kali ini mengenai cara memperbaiki kipas angin yang tidak bisa swing, selamat mencoba dan semoga berhasil.


 
close