Minggu, 03 Mei 2020

Cara Mengatasi Kebocoran Pada Tabung Mesin Pompa Air

Pada beberapa jenis pompa air umumnya ada yang telah dibekali dengan tabung tambahan dan ada juga yang sebagian tanpa memakai tabung. Nah, pada jenis pompa air yang memakai tabung tambahan biasanya akan didapati juga sebuah saklar otomatis tekanan air atau pressure switch yang ikut menempel pada bagian kepala pompa air tersebut, hal ini memang wajar karena setiap unit mesin pompa air yang menggunakan pressure switch akan memerlukan yang namanya tabung tekanan air tambahan untuk tujuan memaksimalkan kinerja dari pressure switch itu sendiri.
Source images : m.tokopedia.com
Fungsi utama dari tabung ini adalah untuk mengatur tekanan balik terhadap ruang impeller agar bisa berjalan dengan lebih lembut sehingga proses memicu otomatisnya juga akan bekerja lebih lembut dan lebih teratur. Tabung tekanan air pada mesin pompa air memang bisa dibilang berperan cukup penting untuk menunjang kebutuhan pengoperasian saklar otomatis pressure switch, yang menjadi masalah ialah seringkali tabung tersebut mengalami kebocoran.

Penyebab terjadinya kebocoran pada tabung biasanya diakibatkan oleh adanya proses korosi atau pengkaratan pada material besi dari tabung itu sendiri sehingga lama-kelamaan menjadi semakin tipis dan akhirnya bocor, proses korosi atau pengkaratan tersebut bisa terjadi karena area sekitar pompa air yang lembab dan umumnya korosi pada tabung biasanya diakibatkan oleh tetesan air hujan. Jika dianalisa ternyata kebocoran pada tabung kebanyakan dialami oleh jenis pompa air sumur dangkal yang posisi tabungnya dipasang secara horizontal atau posisi tidur, sedangkan untuk jenis pompa air sumur dalam yang posisi tabungnya terpasang secara vertikal atau berdiri jarang sekali mengalami masalah kebocoran.

Kebocoran pada tabung mesin pompa air sebenarnya sangatlah beresiko apabila dibiarkan begitu saja karena air yang bocor tersebut bisa membuat mesin pompa air cepat rusak apabila membasahi bagian bearing atau bagian lainnya yang rentan terhadap air terutama pada bagian dinamo yang akan cepat rusak karena sangat rentan sekali terhadap kebocoran air tersebut. Untuk itu, anda harus segera melakukan perbaikan agar tidak terjadi kerusakan yang lebih parah pada pompa air anda.

Untuk masalah perbaikan atau cara mengatasi tabung pompa air yang bocor ada beberapa hal yang bisa anda lakukan untuk lebih jelasnya silahkan simak ulasannya dibawah ini.

Cara Mengatasi Kebocoran Pada Tabung Mesin Pompa Air

1. Memperbaiki Tabung
Lem besi dextone
Source images : shopee.co.id
Memperbaiki tabung mesin pompa air  mungkin bisa menjadi solusi utama bagi anda yang mengalami masalah tabung pompa air yang bocor. Perbaikan bisa dilakukan dengan cara menambal bagian yang telah berlubang menggunakan lem besi atau lem lainnya yang cocok untuk digunakan pada tabung tersebut. Umumnya kebanyakan orang biasanya menggunakan lem besi merk dextone untuk merekatkan bahan material besi. Untuk itu, anda bisa menggunakan lem besi merk dextone ini untuk menambal kebocoran pada tabung pompa air anda.

Disarankan saat menambal kebocoran anda bersihkan dulu bagian karatnya sampai bersih, dan setelahnya anda juga bisa menambahkan plat besi apabila diperlukan guna untuk menambal bagian lubang yang cukup lebar. Perbaikan dengan cara penambalan tabung yang bocor memang bisa diterapkan meski sebenarnya kurang disarankan untuk kebocoran yang lebih parah atau banyak.

Selain menambal dengan lem besi, ada cara lain yang bisa juga anda lakukan untuk memperbaiki tabung mesin pompa air yang bocor tersebut, yaitu dengan cara mengelas bagian titik tabung yang bocor tersebut. Namun untuk cara ini anda harus mempercayakannya kepada jasa tukang las listrik sehingga memerlukan biaya yang relatif lebih mahal sedikit.

2. Tidak Menggunakan Tabung

Melepas atau tidak menggunakan tabung lagi mungkin bisa dibilang keputusan yang tepat untuk diambil, terutama bagi anda yang tidak ingin kerepotan lagi dalam permasalahan tabung bocor. Memang sebenarnya pengoperasian sebuah unit pompa air tanpa menggunakan tabung bisa dilakukan dan tidak akan menjadi masalah yang berarti, namun hal ini berlaku bagi anda yang tidak menggunakan sistem otomatis pada pompa air.

Sedangkan untuk anda yang masih ingin menggunakan sistem otomatis, maka melepas tabung tidaklah disarankan karena mengingat fungsi utama dari tabung itu sendiri adalah sebagai pendukung kinerja sistem otomatis pressure switch. Jika dipaksakan untuk tidak memakai tabung saat pengoperasian saklar otomatis pressure switch maka yang terjadi adalah mesin pompa air anda akan sangat sensitif terhadap kebocoran sehingga mesin akan sering mengalami hidup mati sendiri secara tidak beraturan karena kerja otomatis pompa air yang kasar atau tidak beraturan.

Apabila memang anda telah memutuskan untuk tidak memakai tabung tambahan lagi maka anda perlu melepas tabung tersebut dan menutup lubang tabungnya dengan dop atau semacam tutup pancingan supaya pompa air tidak bocor saat digunakan kembali.

3. Mengganti Tabung
Tabung pompa air Shimizu
Source images : m.tokopedia.com
Solusi lainnya yang bisa anda lakukan untuk mengatasi masalah tabung pompa air yang bocor adalah dengan mengganti ulang tabung yang bocor tersebut dengan yang baru, cara ini sangat efektif bagi anda yang masih ingin menggunakan tabung, begitu juga dengan anda yang mengalami masalah kerusakan yang parah pada tabung pompa airnya maka cara ini akan lebih baik ketimbang harus memperbaiki tabung yang rusak parah tersebut.

Sparepart tabung pompa air yang baru bisa anda dapatkan di toko terdekat di daerah anda atau bisa juga dengan membeli secara online di toko online terpercaya apabila di toko offline tidak menjualnya.

Itulah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah kebocoran pada tabung mesin pompa air di rumah anda.

Mungkin cukup sekian dulu untuk artikel saya kali ini semoga semua ulasan saya tersebut bisa bermanfaat dan dapat membantu masalah anda. Dan apabila ada sesuatu yang ingin disampaikan silahkan tuliskan di kotak komentar dibawah.


 
close