Sabtu, 09 Mei 2020

Cara Mengganti Bos Kipas Angin Yang Aus

Apakah anda pernah mengalami kipas angin yang putarannya lambat atau bahkan tidak bisa berputar sama sekali dan ketika baling-baling digerakkan dengan tangan serasa berat atau seret? Jika pernah, maka itu disebabkan oleh bos dan rotor kipas angin yang sedang dalam keadaan macet atau seret sehingga membuat kipas angin putarannya lambat atau bahkan tidak bisa berputar sama sekali.

Umumnya penyebab kemacetan pada bagian bos dan rotor atau as tersebut dikarenakan oleh kemasukan debu yang cukup tebal sehingga kipas angin menjadi berat putarannya, atau bisa juga karena memang terdapat kerusakan pada bagian bos kipas angin tersebut yang aus dan minta diganti.

Keausan atau rusaknya bos tersebut sebenarnya berawal dari debu kasar yang menggerus permukaan bos karena bersentuhan langsung dengan rotor atau as. Nah, apabila anda mengalami hal serupa maka alangkah baiknya anda hindari sementara pemakaian kipas anginnya karena jika bos sudah mengalami aus, biasanya rotor atau as juga akan ikut aus jika kipas angin terus dipakai dan tentu saja ausnya rotor tersebut akibat tergerus oleh bos yang aus tadi.

Jadi, lebih baik anda hindari sementara pemakaian kipas anginnya dan kemudian segera melakukan perbaikan yakni dengan mengganti bos yang telah aus tersebut, hal ini untuk mencegah terjadi kerusakan yang lebih parah lagi misalnya rusaknya rotor atau bahkan terbakarnya dinamo atau motor kipas angin.

Untuk itu pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang bagaimana cara mengganti bos kipas angin yang aus, proses perbaikan ini sebenarnya cukup mudah dan anda bisa melakukannya sendiri di rumah tanpa perlu membawanya ke tempat jasa reparasi.

Baiklah untuk mengganti bos kipas angin yang aus ada beberapa tahapan yang bisa anda ikuti seperti di bawah ini.

Cara Mengganti Bos Kipas Angin Yang Aus

Tentu saja pertama-tama kita harus membuka semua penutup kipas anginnya mulai dari pelindung baling-baling, cover depan (penutup dinamo depan) dan juga gearbox yang ada dibelakang dinamo.

Setelah semua proses membongkar atau membuka yang diatas sudah selesai, maka lanjutkan dengan memisahkan bagian motor atau dinamo dari dudukannya (leher kipas angin). Kemudian lepaskan keempat bautnya untuk mengambil kedua rumah bosnya, dan jika diperlukan potong juga kabel yang mengarah ke dinamonya, karena terkadang ada beberapa merek yang tidak bisa dilepas langsung kabelnya sehingga harus memotongnya.

Lihat pada gambar dibawah ini
Keterangan :
1. Bos depan dan belakang
2. Bagian as atau rotor yang menyentuh bos

Periksa pada kedua bosnya tersebut, biasanya yang sering rusak adalah bos bagian depan, namun juga tidak menutup kemungkinan bos bagian belakang mengalami kerusakan, kesimpulannya adalah anda harus melakukan penggantian bos yang aus dengan yang baru meskipun harus mengganti keduanya. Bos baru ini bisa anda beli ditoko-toko elektronik terdekat di daerah anda.

Jangan lupa untuk mengecek asnya juga, biasanya akan terasa ada garis-garis yang kasar jika diraba dengan tangan. tetapi jika tidak terlalu parah, ini bisa diatasi dengan cara mengamplasnya dengan amplas super halus tetapi amplas sedikit saja karena cara ini hanya bertujuan untuk menghilangkan permukaan kasar atau keausan pada asnya, karena rotor atau as yang aus tersebut jika dibiarkan akan membuat bos yang baru kita ganti akan ikut aus atau rusak saat kipas angin digunakan.

Oke jika anda sudah paham bagian bos mana yang perlu diganti, maka langsung saja kita lakukan penggantiannya dengan melepaskan terlebih dulu cangkang bosnya dengan melepas 3 pengunci seperti pada gambar berikut.
Anda harus berhati-hati saat melepas tiga pengunci ini, gunakan obeng min untuk membengkokannya karena pengunci ini rawat patah, bengkokkan dengan berlahan sampai bisa dilepas.

Jika sudah maka lepaslah dan keluarkan bosnya, ingat baik-baik posisi atau urutan bagian-bagiannya.
Keterangan :
1. Cangkang bos
2. Peredam bos bawah
3. Bos
4. Peredam bos atas
5. Rumah bos

Bersihkan setiap bagian-bagiannya seperti cangkang, peredam dan bagian lainnya.
Lalu pasang bos barunya dan urutkan bagian-bagiannya seperti semula. Sebagai tambahan saja, anda bisa memberi lem untuk memperkuat 3 penguncinya, namun tetap lakukan dengan hati-hati jangan sampai bosnya terkena lem.
Jangan lupa untuk memberi pelumas atau minyak pelicin pada bos barunya. Perlu diingat jangan menggunakan pelumas sembarangan semisal oli bekas atau pelumas yang kotor atau lengket, karena itu hanya akan membuat bos kipas angin anda menjadi seret atau macet kembali. Gunakan pelumas yang bagus misalnya seperti minyak mesin jahit singer yang saya gunakan dibawah ini.
Setelah bos sudah diganti maka sekarang tinggal memasang kembali semua bagian-bagiannya seperti dinamo, as, gearbox dan beberapa bagian lainnya termasuk juga sambungan kabelnya jika belum tersambung.

Kembalikan semuanya seperti sediakala kemudian colokan steker kipas angin ke sumber listrik dan wusss angin segar pun bertiup dan menghempaskan semua prajurit nyamuk. haha ..

Oke mungkin cukup sekian, semoga artikel ini bisa membantu dan bermanfaat bagi anda semua, selamat mencoba dan semoga berhasil. Jika ada beberapa pertanyaan yang ingin disampaikan silahkan menggunakan kotak komentar dibawah.


 
close