Rabu, 06 Mei 2020

Cara Mudah Mengecek Pompa Air Yang Masuk Angin

Salah satu permasalahan yang sering terjadi pada pompa air adalah mesin pompa air yang tidak mampu menghisap atau menyedot air. Masalah ini biasa disebabkan oleh adanya kebocoran pada bagian pipa hisap sehingga pompa air mengalami masuk angin dan tak mampu menghisap air, namun selain itu kebocoran juga dapat terjadi pada pompa air itu sendiri sehingga memerlukan perbaikan lebih lanjut.

Jadi, kebocoran tersebut bisa terjadi dimana saja termasuk di pipa hisap dan pada mesin pompa air itu sendiri, sehingga hal ini pun menimbulkan sebuah pertanyaan yakni bagaimanakah cara mengecek atau mengetahui kondisi mesin pompa air yang sudah bocor atau masuk angin tersebut?

Sebenarnya kita memang bisa melakukan pengecekan untuk mengetahui kondisi pompa air yang masuk angin, bahkan dengan cara yang terbilang cukup sederhana yaitu dengan merasakan daya hisap melalui tangan kita.

Umumnya hal ini dilakukan oleh kalangan para tukang servis berpengalaman, mereka dengan mudah bisa langsung mengetahui bocor atau tidaknya kondisi sebuah pompa air hanya dengan melakukan ini. Untuk itu, di artikel kali ini saya ingin membahasnya supaya bisa anda praktekkan untuk mengecek kondisi mesin pompa air anda di rumah.

Cara Mudah Mengecek Pompa Air Yang Masuk Angin

Berikut adalah langkah-langkah untuk mengecek atau mengetahui kondisi bocor tidaknya pompa air :

1. Pertama siapkanlah air secukupnya untuk mengisi penuh pompa air kita nanti.

2. Untuk keselamatan, maka tidak ada salahnya untuk mengecek terlebih dahulu jalur listrik pada pompa air kita, ini untuk mengantisipasi terkena sengatan listrik. Jadi pastikan tidak ada kebocoran arus listrik akibat kabel listrik koyak dan lain sebagainya.

3. Langkah selanjutnya lepaskan dulu pack karet beserta plendes (drat plastik atau bagian yang terhubung dengan pipa hisap) menggunakan kunci pas 12mm.

4. Jika sudah, maka mulailah hidupkan mesin pompa air kemudian isi kepala pompa dengan air sampai penuh.
6. Basahi telapak tangan anda dengan sedikit air, kemudian tempelkan telapak tangan anda ke lubang hisap pompa airnya dengan sedikit ditekan masuk namun jangan terlalu kaku jadi sedikit lemaskan tangan anda.
7. Tunggu beberapa saat dan coba rasakan apakah ada tarikan yang kuat pada pompa air anda. Umumnya pompa air yang masih menghisap ditandai dengan saat anda menarik tangan anda, pompa air akan ikut terseret dan tidak ada gelembung pada bagian lubang semburannya dan apabila terdapat sedikit gelembung maka itupun sudah wajar.

Namun jika mesin pompa air tidak ikut bergeser atau terseret saat anda tarik maka itu mengindikasikan bahwa daya hisap kurang kuat dan kemungkinan ada bagian yang bocor sehingga pompa air anda mengalami masuk angin. Umumnya ini sering kali disebabkan oleh kebocoran pada bagian oli seal pompa air.

Artikel Terkait : Panduan Mengganti Oli Seal Pompa Air Yang Bocor

Untuk beberapa type pompa air dengan kepala pompa agak kecil, akan lebih sulit mengetahuinya. Mungkin bagi yang masih awam akan sedikit sulit mengetahuinya tapi jika anda mau mencoba pasti akan berhasil. Seperti halnya sebuah pepatah yang mengatakan barang siapa ada kemauan pada dirinya di situ pasti ada jalan, bukankah demikian?

Mungkin cukup sekian dulu untuk artikel kali ini semoga apa yang saya bagikan ini bisa bermanfaat dan dapat membantu masalah anda.


 
close