Jumat, 08 Mei 2020

Cara Terbaik Menurunkan Tagihan Listrik

Momod ads.id
Listrik merupakan salah satu kebutuhan pokok bagi manusia di jaman sekarang ini, itu karena listrik memiliki banyak manfaat untuk kehidupan kita sehari-hari. Tanpa listrik, hidup kita akan seperti pada jaman dahulu yang gelap saat malam hari dan kita juga tak dapat menggunakan peralatan listrik atau elektronik untuk menunjang kehidupan sehari-hari.

Seperti yang kita ketahui bersama bahwa, kita sudah biasa menggunakan energi listrik untuk memasak, mencuci, mendinginkan ruangan, mendinginkan makanan, atau untuk menonton televisi, mendengarkan musik, dan masih banyak lagi yang lainnya. Namun tanpa kita sadari, terkadang kita terlalu berlebihan atau lalai dalam penggunaan energi listrik tersebut, sehingga menyebabkan tagihan listrik kita membengkak.

Lalu, bagaimanakah cara menurunkan tagihan listrik kita di rumah agar tidak terjadi pembengkakan?

Terdapat beberapa cara yang dapat kita lakukan untuk menurunkan tagihan listrik kita setiap bulannya, agar tagihan listrik tersebut tidak membengkak, antara lain sebagai berikut :

Mencabut colokan peralatan listrik yang sedang tidak digunakan
Source images : www.teachingprofessor.com
Mungkin banyak diantara kita yang tidak menyadari atau sering lupa tidak mencabut colokan listrik saat peralatan listrik sedang tidak digunakan. Banyak dari kita yang membiarkan steker (colokan listrik) peralatan listrik masih menempel pada stop kontak, seperti pada komputer, charger ponsel atau laptop, televisi dan beberapa peralatan listrik lainnya.

Perlu diketahui bahwa meskipun berbagai peralatan listrik tersebut sedang tidak dipakai atau belum digunakan, sebaiknya cabut saja colokan peralatan listrik tersebut, karena steker peralatan listrik yang masih menempel pada stop kontak tersebut, masih ada kemungkinan menyedot daya listrik kita.

Dengan kata lain, saat peralatan listrik masih tersambung ke sumber listrik, meski sedang tidak digunakan, akan ada biaya listrik yang harus dibayar.

Jadi biasakanlah untuk mencabut colokan peralatan listrik saat sedang tidak digunakan, dengan melakukan cara ini kita dapat menurunkan tagihan listrik kita yang membengkak.

Menggunakan peralatan listrik yang hemat energi atau yang keluaran terbaru
Source images : m.wikihow.com
Salah satu cara terbaik menurunkan tagihan listrik kita adalah dengan menggunakan peralatan listrik yang hemat energi, atau jika memiliki peralatan listrik yang sudah kurang efektif kerjanya yang mungkin dikarenakan model dari peralatan listrik tersebut keluaran lama, maka mengganti dengan yang keluaran terbaru adalah pilihan yang tepat, karena disamping kegunaannya yang lebih efektif peralatan listrik terbaru juga pada umumnya sangat hemat energi listrik.

Namun, saat mengganti peralatan listrik tersebut kita juga harus memperhatikan dengan teliti kelebihan dan kelemahan peralatan listrik model terbaru tersebut. Beberapa peralatan listrik yang dapat dipertimbangkan untuk diganti seperti televisi, lemari es, komputer dan berbagai peralatan listrik lainnya.

Contohnya saja televisi keluaran terbaru dengan model LED memiliki daya listrik hanya sebesar 35 Watt meskipun ada juga yang 50 Watt. Namun, tetap saja model terbaru LED ini lebih hemat energi jika dibandingkan dengan televisi keluaran lama yang bisa menyedot daya listrik sebesar 110 Watt.

Mungkin tidak mudah untuk melakukan cara yang satu ini, karena membutuhkan pengeluaran tambahan jika harus mengganti peralatan listrik kita yang lama dengan peralatan listrik yang keluaran terbaru. Akan tetapi, cara ini sudah terbukti efektif untuk menurunkan tagihan listrik kita setiap bulannya. Mungkin anda bisa menjual peralatan yang lama tersebut untuk menambah anggaran peralatan listrik keluaran terbaru yang ingin dibeli.

Kurangi penggunaan peralatan listrik yang berdaya listrik besar
Source images : teknikelektronika.com
Perlu diketahui bahwa ada beberapa peralatan listrik rumah tangga yang menghabiskan daya listrik sangat besar, tentunya jika kita menggunakan peralatan listrik berdaya listrik besar tersebut, maka tagihan listrik yang dihasilkannya akan sangat besar pula. Dan oleh karena itu, kita harus menggunakan peralatan listrik tersebut dengan bijak agar tagihan listrik kita tidak membengkak.

Hal yang harus dilakukan agar tagihan listrik tidak membengkak adalah dengan cara mengurangi penggunaan peralatan listrik berdaya listrik besar tersebut. Contoh peralatan listrik berdaya listrik besar misalnya AC, rice cooker, setrika dan beberapa peralatan listrik lainnya.

Menggunakan energi listrik dari Solar Cell
Source images : singularityhub.com
Energi listrik dari Solar Cell adalah salah satu cara yang efektif untuk menurunkan tagihan listrik, namun masyarakat pada umumnya tidak banyak menggunakannya karena harga dari panel surya atau solar cell tersebut cukup mahal sehingga hanya beberapa orang saja yang mampu membelinya.

Solar Cell memanfaatkan energi panas sinar matahari yang kemudian diubah menjadi energi listrik yang dapat dipakai untuk kebutuhan listrik di rumah. Jika kita menggunakan solar cell maka akan ada energi listrik tambahan gratis yang bisa digunakan untuk mengurangi penggunaan listrik dari PLN, sehingga kita dapat menurunkan tagihan listrik yang harus dibayar.

Pasang MCB atau langganan tarif listrik yang sesuai kebutuhan
Source images : riftom.info
Tarif listrik dari tahun ke tahun akan mengalami kenaikan, bahkan ada beberapa golongan tarif listrik yang sebelumnya bersubsidi telah dicabut seperti pada pelanggan tarif listrik daya 900 VA. Yang perlu diperhatikan adalah semakin tinggi daya listrik yang kita pasang maka akan semakin tinggi pula biaya tarif listrik yang akan dikenakan oleh PLN.

Jadi sebelum melakukan pemasangan instalasi listrik baru, perhitungkan terlebih dahulu kira-kira berapa daya listrik yang anda butuhkan. Jangan sampai kita memasang daya listrik golongan tarif besar, namun kebutuhan daya listrik kita hanya sedikit. Tentunya hal tersebut adalah pemborosan biaya tagihan listrik yang sangat merugikan.

Dengan melakukan cara-cara diatas, kita bisa melakukan penghematan biaya tagihan listrik yang harus dibayar.

Demikian untuk artikel kali ini mengenai cara terbaik menurunkan tagihan listrik, semoga bisa bermanfaat bagi kita semua.


 
close