Selasa, 05 Mei 2020

Diagram Instalasi Penerangan Saklar Seri atau Deret

Pada artikel sebelumnya saya telah membagikan diagram instalasi saklar tunggal dan pada kesempatan kali ini saya akan membagikan lagi diagram instalasi penerangan. Diagram instalasi penerangan yang akan saya bagikan kali ini adalah diagram saklar seri atau deret. Di artikel sebelum sudah dijelaskan bahwa saklar tunggal merupakan saklar yang paling sering atau banyak digunakan, nah selain saklar tunggal, ada lagi jenis saklar yang juga banyak digunakan yaitu saklar seri atau deret.

Selain saklar tunggal yang paling banyak penggunaannya, jenis saklar seri atau deret juga merupakan salah satunya. Jika saklar tunggal memiliki satu output atau keluaran untuk lampu, maka pada saklar seri memiliki dua output yang masing-masing dari kedua output ini bisa dikendalikan melalui tombol on/offnya. Untuk lebih memudahkan anda memahaminya anggap saja saklar ini adalah dua saklar tunggal yang berderet.

Instalasi Penerangan Saklar Seri (Deret) dengan Dua Lampu

- Single Line Diagram (diagram satu garis)
- Wiring Diagram (diagram pengawatan)
Jika anda belum mengerti simbol-simbol pada diagram diatas, silahkan pahami dulu dengan membaca artikel saya yang lainnya tentang Simbol-simbol instalasi penerangan

Demikian untuk artikel ini semoga dapat bermanfaat. Silahkan meninggalkan pesan, masukan, koreksi maupun kritik pada kolom komentar di bawah.


 
close