Rabu, 06 Mei 2020

Diagram Instalasi Penerangan Saklar Tunggal

Pada kesempatan yang bagus ini saya akan membagikan sebuah diagram instalasi penerangan saklar tunggal, yang sudah sangat banyak sekali penggunaanya untuk bangunan-bangunan dari rumah sederhana sampai ke tingkat yang lebih tinggi seperti pabrik, apartemen dan lain-lain. Saklar tunggal memang seakan-akan sudah menjadi komponen dasar dari instalasi listrik, hampir semua bangunan terdapat saklar jenis ini, memang karena penggunaannya yang mudah dan pemasangannya yang praktis sehingga saklar tunggal layak untuk dijadikan pilihan utama.

Menginstalasi atau melakukan pemasangan saklar tunggal mungkin sangatlah mudah, namun bagi anda yang masih awam dan belum pernah memasang instalasi listrik di rumah sebelumnya pasti akan kesulitan, untuk itu tidak ada salahnya jika anda melihat diagram dibawah ini agar anda dapat belajar dengan mudah di dalam memahami setiap jalur sebuah instalasi seperti saklar tunggal ini.

Instalasi Penerangan Saklar Tunggal Dengan Satu Lampu

Single Line Diagram (diagram satu garis)
Wiring Diagram (diagram pengawatan)
Jika anda belum mengerti simbol-simbol pada diagram diatas, silahkan pahami dulu dengan membaca artikel saya yang lainnya tentang Simbol-simbol instalasi penerangan

Demikian untuk artikel ini semoga dapat bermanfaat. Silahkan meninggalkan pesan, masukan, koreksi maupun kritik pada kolom komentar di bawah.


 
close