Sabtu, 09 Mei 2020

Gambar Skema Cara Menggulung Dinamo Kipas Angin MASPION 16 Alur

Pada kesempatan kali ini saya mau berbagi ilmu mengenai cara menggulung dinamo kipas angin. Meski mencoba menggulung dinamo kipas angin terdengar tidak begitu populer bagi beberapa orang, namun tidak ada salahnya jika anda ingin belajar dan mau mencoba karena semakin kita bisa melakukan sesuatu maka peluang untuk mendapatkan pekerjaan juga akan semakin besar.

Menggulung dinamo kipas angin memang bisa dibilang sulit bagi beberapa orang, selain itu jika ditinjau dari segi penghasilannya maka menggulung dinamo kipas angin terhitung tidaklah terlalu menguntungkan (yah pas-pasan lah). Namun meski demikian bukan berarti menggulung sebuah dinamo kipas angin itu tidak dibutuhkan, karena sebenarnya terdapat beberapa keuntungan yang bisa diambil dari menggulung dinamo kipas angin tersebut misalnya kita jadi lebih mahir menggulung berbagai macam dinamo karena telah belajar gulungan dinamo kipas angin yang terkenal sulit, sehingga bagi anda yang sudah mampu menggulung dinamo kipas angin maka untuk menangani gulungan dinamo seperti pompa air, mesin cuci, genset dan berbagai macam dinamo lainnya akan mudah dan bisa dipastikan anda bisa menggulungnya.

Selain mendapatkan pengalaman yang banyak, anda juga akan mampu memberikan kepuasan kepada pelanggan karena kipas angin yang anda lilit tersebut memakai kawat email tembaga sehingga ketahanan dinamonya tidak perlu diragukan lagi, hal ini jauh berbeda dengan ketahanan dari lilitan kipas angin berbahan kawat email aluminium yang biasa tersedia di pasaran.

Berikut ini adalah gambar skema yang sengaja saya buat untuk menjelaskan cara menggulung dinamo kipas angin merk Maspion yang banyak beredar di pasaran.
Masukkan kawat email tembaganya seperti diatas.

Untuk data lilitannya silahkan lihat tabel dibawah ini, sesuaikan dengan ukuran tebal kern anda masing-masing.
Lakukan penyambungan kawat secara seri seperti gambar dibawah ini.
Perhatikan dengan teliti saat proses penyambungan kawat agar tidak terjadi kesalahan.

Jika anda menerapkan penyambungan ini maka putaran dinamo akan kekiri dengan posisi kabel di depan. Apabila anda mengalami kesalahan penyambungan dan putaran dinamo ke kanan, anda bisa mengatasinya dengan cara membalik posisi kabel ke belakang sehingga putarannya menjadi kekiri.

Mungkin itu saja, semoga artikel ini bisa bermanfaat dan apabila ada yang ingin ditanyakan silahkan menggunakan kotak komentar dibawah. Selamat mencoba dan semoga sukses.

Baca Juga : Gambar Skema Cara Menggulung Dinamo Kipas Angin COSMOS 16 Alur


 
close