Sabtu, 09 Mei 2020

Gambar Skema Cara Menggulung Dinamo Pompa Air SHIMIZU 125 Watt 24 Alur

Momod ads.id
Baiklah pada kesempatan kali ini saya mau berbagi tentang motor listrik yang lebih tepatnya mengenai cara menggulung motor listrik atau juga bisa disebut dinamo. Seperti yang anda tahu sendiri bahwa terdapat berbagai macam dinamo yang merupakan mesin penggerak untuk berbagai macam keperluan seperti halnya pada peralatan rumah tangga listrik seperti kipas angin, pompa air, mesin cuci dan masih banyak lagi.

Namun untuk saat ini saya akan khususkan berbagi mengenai cara menggulung dinamo pompa air merk Shimizu saja karena pada dasarnya setiap dinamo memilki rumus maupun skema lilitan yang berbeda-beda tergantung kebutuhan serta besar kecilnya dinamo tersebut. Bahkan, pada sebuah produk pompa air saja memiliki perbedaan skema antara merk satu dengan yang lain.

Dibawah ini adalah gambar skema gulungan dinamo pompa air merk Shimizu 125 watt yang juga sudah saya sertakan data lilitannya.

Gambar Skema Gulungan Shimizu 125 Watt
Warna merah dan hitam untuk dihubungkan ke sumber tegangan listrik PLN. Sedangkan untuk warna abu-abu nantinya akan langsung dihubungkan ke kapasitor.

Data Lilitan Shimizu 125 Watt
Saya sarankan bagi anda yang mungkin masih pemula dan kesulitan saat memasukkan kawatnya anda bisa mengurangi jumlah lilitannya tapi jangan terlalu banyak karena semakin banyak anda menguranginya maka akan semakin cepat panas dinamonya nanti.

Anda bisa mengurangi lilitan bantu (starting) masing-masing 5 putaran misal 50,80,160,160 menjadi 45,75,155,155. Begitu juga dengan lilitan utama (running) anda bisa menguranginya masing-masing minimal 3 putaran, misal 45,75,111,121 menjadi 42,72,108,118.

CATATAN : Skema ini bisa anda terapkan pada pompa air shimizu dengan type sebagai berikut.
PS-121BIT
PS-125BIT
PS-126BIT
PS-128BIT
PS-130BIT
PS-135E
Karena memang semua type diatas memiliki kesamaan dalam hal daya listrik yang dipakai (watt), serta juga terdapat kesamaan pada ukuran kern dinamo dan juga ukuran capasitornya yakni sebesar 8uf/450volt.

Dan selain type diatas anda juga bisa menerapkan skema gulungan diatas pada kern dinamo yang sama ukuran dan alurnya meski pompa air tersebut bermerk lain. 

Lihat juga video ini


Sekian dari saya semoga bisa bermanfaat.



 
close