Sabtu, 09 Mei 2020

Inilah Alasan Mengapa Harus Beralih Menggunakan Lampu LED

Momod ads.id

Di dalam kehidupan sehari-hari kita selalu menggunakan lampu untuk kebutuhan penerangan, khususnya pada saat malam hari tiba, ketika kondisi gelap dan tanpa adanya penerangan dari lampu, maka kita akan kesulitan untuk melakukan berbagai kegiatan yang biasa kita lakukan.

Bicara soal lampu terdapat beberapa jenis lampu yang beredar di pasaran, misalnya saja seperti lampu pijar yang dianggap mampu bertahan selama 3 atau 4 bulan jika dalam pemakaian setiap hari sekitar 8-10 jam. Lalu ada lampu fluorescent atau lampu pendar yang biasa kita sebut dengan lampu neon, lampu ini berbentuk panjang (lampu TL) dan ada juga yang berbentuk seperti huruf U dan seperti spiral (lampu tornado).

Lampu neon sering digunakan kebanyakan orang karena lampu ini lebih hemat terhadap energi listrik serta mampu bertahan lebih lama dibanding lampu pijar, umur lampu neon relatif lebih panjang yakni sekitar 5 tahun.

Dan selain lampu pijar dan lampu neon, ada jenis lampu lain yang memiliki keunggulan diatas lampu pijar dan lampu neon, lampu tersebut adalah lampu LED. Seperti namanya LED, teknologi yang dipakai lampu ini adalah teknologi L.E.D. cahaya yang dihasilkan lampu LED ini lebih terang meski konsumsi energi listriknya terbilang kecil.

Jika dibandingkan antara lampu LED dengan lampu neon, intensitas cahaya yang dihasilkan oleh lampu LED lebih terang dibanding lampu neon, meski konsumsi energi listrik yang digunakannya sama besar.

Bagi anda yang masih menggunakan lampu pijar atau lampu neon, mungkin beralih ke lampu LED adalah pilihan terbaik bagi anda yang ingin menghemat biaya tagihan listrik, meski dari segi harganya relatif lebih mahal dari lampu jenis lainnya, Namun jika kita melihat keunggulannya, maka kita dapat menyimpulkan bahwa lampu LED tersebut lebih murah dari lampu jenis lainnya.

Berikut ini adalah alasan mengapa kita harus beralih menggunakan lampu LED daripada menggunakan jenis lampu lainnya :

1. Cahaya Yang Dihasilkan Lebih Terang
Source images : all-free-download.com
Jika dibandingkan dengan lampu jenis lainnya seperti lampu pijar atau lampu fluorescent (neon), cahaya yang dihasilkan oleh lampu LED ini lebih terang apabila dinyalakan dengan konsumsi energi listrik yang sama untuk ketiga jenis lampu tersebut. Perbandingan intensitas cahaya antara ketiga jenis lampu tersebut yakni lampu pijar sekitar 15 lumens/watt, sedangkan untuk lampu fluorescent atau neon sekitar 67 lumen/watt dan untuk lampu LED sekitar 70-100 lumen/watt.

Lumen disini adalah satuan dari jumlah cahaya pada lampu, semakin besar nilai lumen pada lampu, maka akan semakin terang pula cahaya yang dihasilkan oleh lampu tersebut.

2. Lebih Hemat Energi Listrik
Source images : www.123rf.com
Seperti yang sudah dijelaskan di atas bahwa intensitas cahaya lampu LED adalah yang paling tinggi, dengan intensitas cahaya yang dihasilkan lebih tinggi dari jenis lampu lainnya ini, tentunya menjadikan lampu LED sebagai lampu yang paling hemat energi listrik. Misalnya saja lampu pijar 50W, cahaya yang dihasilkannya setara dengan lampu LED 6W. Jadi, jika kita menggunakan lampu LED maka konsumsi energi listriknya akan lebih hemat, sehingga biaya tagihan listrik pun juga akan lebih kecil (tidak membengkak).

3. Usia Pakai Lampu LED Lebih Panjang
Source images : www.greenlightenergy.us
Jika lampu pijar hanya mampu bertahan selama 4 bulan, namun berbeda jika kita menggunakan lampu LED yang bahkan mampu bertahan selama 8-15 tahun. Meski dalam segi harga lampu LED ini terbilang mahal, namun dengan usia pakai yang lebih panjang ini, tentunya kita masih dapat mempertimbangkannya. Bayangkan saja jika kita membeli lampu LED ini hanya sekali saja, dan lampu LED yang kita pakai tersebut mampu bertahan selama 10 tahun. Maka dalam 10 tahun tersebut kita tidak perlu repot-repot untuk membeli lampu berkali-kali atau gonta-ganti lampu.

4. Teknologi Lampu LED Lebih Ramah Lingkungan
Source images : www.123rf.com
Lampu LED memang sejak awal diciptakan dengan tujuan untuk menghindari bahaya pencemaran terhadap lingkungan serta gangguan kesehatan manusia. Lampu LED tidak mengandung merkuri, berbeda dengan lampu neon yang mengandung merkuri.

Perlu anda ketahui bahwa zat merkuri tersebut berbahaya bagi kesehatan tubuh manusia, dan juga kurang ramah terhadap lingkungan terutama pada lapisan ozon.

Apabila anda menggunakan lampu neon dan tabung lampu neon pecah, maka merkuri di dalamnya bisa terhirup oleh anda. Namun berbeda jika kita menggunakan lampu LED, disamping aman karena tidak mengandung merkuri, bahan yang digunakan lampu LED juga lebih tahan pecah.

5. Cahaya Yang Dihasilkan Tidak Mengandung Ultraviolet
Source images : www.indiacelebrating.com
Beralih menggunakan lampu LED mungkin memang pilihan terbaik, terutama bagi anda yang sangat peduli pada kesehatan. Hal ini karena sinar yang dipancarkan oleh lampu LED tidak mengandung sinar ultraviolet yang dianggap mampu merusak mata serta kulit.

Meski efek ultraviolet tidak bisa dirasakan secara langsung, namun jika kita terpapar sinar ultraviolet setiap hari, maka lama kelamaan efeknya pasti akan terasa. Tentunya hal ini sangat tidak baik untuk kesehatan kita semua, khususnya keluarga.

6. Temperatur Kerja Lampu LED Lebih Dingin

Jika anda pernah menggunakan lampu pijar tentunya anda akan dapat membedakannya. Saat lampu pijar dinyalakan maka kita akan merasakan efek panas yang ternyata disebabkan oleh lampu pijar tersebut, hal ini karena temperatur kerja lampu pijar yang panas.

Berbeda jika kita menggunakan lampu LED, karena lampu LED memiliki temperatur kerja yang dingin, sehingga tidak akan membuat ruangan kita menjadi lebih panas.

Kesimpulannya adalah lampu LED memiliki banyak keunggulan yang dapat dijadikan alasan untuk beralih ke lampu jenis ini, meski memiliki banyak kelebihan lampu LED juga memiliki kekurangan, yakni dalam segi harganya yang relatif lebih mahal dari lampu jenis lainnya. Karena harganya yang lebih mahal tersebut sehingga menjadi sebuah alasan bagi kebanyakan orang untuk tidak membeli lampu LED.

Namun seperti yang sudah dijelaskan diatas bahwa jika kita menggunakan lampu LED dalam jangka waktu yang lama dengan keunggulan pada konsumsi energi listriknya yang lebih hemat tersebut, maka kita dapat menyimpulkan bahwa ternyata lampu LED ini jauh lebih murah.

Namun tetap saja kita juga mengharapkan agar di kedepannya nanti, harga lampu LED ini bisa bersaing dengan jenis lampu lainnya yang lebih murah. Sehingga dengan harga yang lebih terjangkau tersebut, maka banyak pembeli yang akan lebih mempertimbangkan untuk beralih ke lampu LED ini.

Demikian untuk artikel kali ini mengenai beberapa Alasan Mengapa Harus Beralih Menggunakan Lampu LED, semoga bermanfaat.