Jumat, 01 Mei 2020

Kerusakan Yang Sering Terjadi Pada Pompa Air Dan Cara Mengatasinya

Pompa air merupakan salah satu peralatan rumah tangga listrik yang sangat berguna untuk kehidupan sehari-hari karena memang kita sangat membutuhkan sumber air yang didapat dari peralatan listrik yang satu ini. Tentunya sebuah pompa air akan mengalami yang namanya kerusakan dan itu bisa disebabkan oleh berbagai hal seperti karena usianya memang sudah tua, karena macet, kerusakan pada beberapa spare partnya dll.

Menurut pengalaman saya sebagai tuser atau tukang servis khususnya pompa air, sudah cukup banyak saya menjumpai kerusakan yang beragam baik itu kerusakan kecil hingga yang paling parah yakni motor atau dinamo terbakar. Saya sendiri yang awalnya hanya coba-coba kinipun bisa mengatasi berbagai kerusakan tersebut karena banyaknya permintaan pelanggan yang saya sendiri tidak bisa menolaknya karena demi ingin menolong pelanggan yang membutuhkan bantuan sekaligus ingin mencari penghasilan tambahan untuk keseharian saya.

Dan pada kesempatan kali ini saya mau membagikan pengalaman saya tersebut dengan menulis artikel yang berjudul kerusakan yang sering terjadi pada pompa air dan cara mengatasinya, oke tidak perlu panjang lebar lagi mari silahkan simak ulasannya dibawah ini.

Berikut Ini Kerusakan yang Sering Terjadi Pada Pompa Air Beserta Cara Mengatasinya


Pompa Air Mati Total Saat Dinyalakan

Apabila anda mengalami pompa air yang mati total tidak ada reaksi sama sekali seperti suara dengungan motor yang dalam posisi sedang dinyalakan, maka kerusakan tersebut biasanya hanya terjadi pada kabel atau saklar sepanjang instalasi menuju ke pompa air. Namun juga tidak menutup kemungkinan terjadi kerusakan pada motor listrik atau dinamo pada pompa air tersebut.

Untuk cara mengatasinya anda bisa melakukan pengecekan terlebih dahulu pada jalur instalasinya yakni kabel dari sumber listrik yang menuju ke pompa air, termasuk juga saklar maupun colokan listrik jika anda menggunakannya. Saat melakukan pengecekan tersebut anda harus menggunakan alat bantu seperti Tespen dan Multitester untuk mengecek putus atau tidaknya kondisi kabel, begitu juga dengan saklar dan steker atau colokan listriknya apakah masih berfungsi atau tidak.

Jika sepanjang jalur instalasi kabel tersebut masih berfungsi atau tidak mengalami kerusakan seperti kabel putus dan lain sebagainya. Maka langsung saja anda lanjutkan pengecekannya ke bagian pompa airnya, sama halnya seperti pengecekan pada instalasi kabel untuk bagian pompa air yang dicek adalah kondisi motor listrik atau dinamonya. Apakah masih dalam keadaan nyambung atau putus, jika ternyata putus maka terpaksa anda harus mengganti ulang dinamo atau motor listrik tersebut.

Istilah yang umum dikenal masyarakat adalah menggulung dinamo atau rewinding. Dalam hal menggulung dinamo ini sebenarnya tidak semua orang mampu, namun umumnya sudah ada jasa perbaikan dinamo atau menggulung dinamo ini di berbagai tempat servis elektronik. Sehingga apabila dinamo rusak anda bisa mempercayakannya langsung ke penyedia jasa gulung dinamo tersebut apabila anda tidak mampu melakukannya sendiri.

Baca Juga : Penyebab Mesin Pompa Air Mati Total Serta Cara Memperbaikinya

MCB langsung Trip Atau Turun Ketika Pompa Air Dinyalakan

Apakah pompa air anda membuat MCB langsung trip ketika dinyalakan? Jika iya, maka bisa dipastikan ada konsleting listrik pada motor listrik atau dinamo pada pompa air anda tersebut. Sebenarnya kerusakan pada bagian ini tergolong parah karena mau tidak mau anda harus memperbaiki dinamo pompa air tersebut jika masih ingin bak mandi anda terisi air, seperti yang sudah saya jelaskan sebelumnya untuk memperbaiki dinamo pompa air maka anda harus mencari penyedia jasa gulung dinamo ulang, hal ini karena kerusakan dinamo itu sendiri bukanlah kerusakan yang bisa diatasi dengan mudah oleh setiap orang karena butuh keahlian khusus.

Pompa Air Tidak Bekerja Dan Hanya Keluar Suara Dengungan Dari Mesin Dinamo

Selain kerusakan seperti mati total, terkadang pompa air juga berkendala tidak mau berputar atau bekerja pada mesin dinamonya akan tetapi masih disertai dengan adanya suara dengungan yang menunjukkan kinerja dinamo sedang terhenti akibat macet atau hal lainnya.

Untuk mengatasi kendala kerusakan seperti ini, langkah pertama anda bisa mencoba membantu memutar secara manual dengan tangan kipas pendingin yang biasa berada di bagian belakang dinamo (lakukan hal ini dengan keadaan pompa air sedang on/hidup). Jika ternyata berhasil berputar maka masalah kerusakannya ada pada kapasitornya yang sudah mati, namun juga tidak menutup kemungkinan kerusakannya tersebut ada pada kumparan sekunder dinamo yang putus. Jika hanya kapasitor yang mati maka anda bisa mencari gantinya di toko-toko elektronik, namun jika kumparan sekunder dinamo yang putus anda harus mempercayakannya pada jasa perbaikan dinamo apabila masih mampu diperbaiki, namun jika tidak bisa maka mau tidak mau anda harus mengganti secara keseluruhan dinamonya.

Selain karena kapasitor yang mati atau kumparan sekunder dinamo yang putus, masih ada kemungkinan kendala lainnya yakni jika saat diputar dengan tangan secara manual kipas pendingin terasa berat atau seret, maka anda harus membuka bagian kepala pompa yang ada di depan karena biasanya ada pasir yang menutup pergerakan kipas isap sehingga mesin dinamo tak mampu berputar saat dinyalakan.

Selain pasir, masalah kemacetan tersebut bisa diakibatkan oleh rumah dinamo yang keropos sehingga posisinya bergeser dan menyebabkan macet, untuk mengatasi ini tentu anda harus mengganti ulang rumah dinamonya. Jangan lupa cek bearingnya juga karena kemungkinan masalah kemacetan mesin dinamo bisa juga disebabkan oleh bearing yang rusak.

Pompa Air Bekerja Namun Air Tidak Mau Keluar

Pompa air tidak mau menghisap walaupun mesin dinamo dalam keadaan bekerja juga merupakan salah satu masalah kerusakan atau kendala yang sering dialami oleh banyak orang. Kerusakan seperti ini biasanya ditandai dengan suara mesin pompa yang seakan dalam keadaan kosong (suara agak kencang), meski bagian kepala pompa telah diisi penuh dengan air ketika dipancing. Jadi apabila pompa air sudah dipancing dengan diisi air sampai penuh namun masih tidak kunjung keluar juga airnya, maka ini bisa dipastikan pompa air anda mengalami kerusakan.

Terdapat berbagai penyebab kerusakan yang umum terjadi, namun yang pasti untuk kendala pompa air tidak bisa mengeluarkan air ini pada dasarnya diakibatkan oleh satu hal yakni karena adanya kebocoran pada bagian pipa hisap yang menuju ke kepala pompa, termasuk juga kepala pompa airnya apabila bagian ini mengalami kebocoran meski sekecil apapun tetap saja pompa air anda tidak akan mampu mengeluarkan air atau menghisap air.

Langkah pertama cara mengatasinya adalah dengan memastikan bahwa pipa hisap dalam keadaan tidak bocor, kebocoran pipa hisap memang bisa terjadi, dan biasanya karena disebabkan pada waktu proses pengelemannya yang kurang kuat sehingga bocor atau juga karena seal tape yang anda gunakan pada bagian pipa hisap kurang tebal sehingga terjadi kebocoran secara halus yang tidak disadari. Jadi apabila anda sudah menemukan kebocoran pada pipa hisap tersebut maka segera perbaiki sampai tidak ada kebocoran dan segera lakukan pengujian dengan dipancing dengan diisi air sampai penuh pada bagian kepala pompanya.

Jika memang kebocoran hanya terjadi pada pipa hisapnya maka tanpa menunggu terlalu lama, pompa air akan langsung mengeluarkan air. Namun, jika masih belum berhasil maka masih ada kemungkinan besar lainnya yakni disebabkan foot klep yang rusak atau jebol, serta bisa juga oli seal pompa airnya memang telah rusak atau bocor.

Gambar foot klep
Source images : hargaini.top
Foot klep yang rusak atau jebol bisa membuat air tidak dapat keluar, fungsi foot klep ini sendiri sangat penting karena selain untuk menyaring kotoran agak tidak terhisap, foot klep juga berguna untuk menekan air agar tetap bertahan di atas. Jika foot klep rusak langsung saja anda ganti dengan yang baru. baca selengkapnya mengenai masalah foot klep dibawah ini.

Baca juga Cara Mengecek Foot Klep Pompa air masih bagus atau sudah rusak
Gambar oli seal
Source images : www.sentralpompa.com
Dan selanjutnya kebocoran pada oli seal pompa air. Oli seal merupakan spare part pompa air yang berada di bagian dalam tepatnya menempel pada rotor atau as yang ada di kepala pompa. Oli seal yang bocor atau rusak juga akan membuat air tidak mau keluar, jadi lakukan juga penggantian bagian oli seal ini apabila sudah rusak.

Sebenarnya kebocoran pada pompa air bisa dicek yakni dengan cara menghidupkan pompa airnya kemudian isi dengan air sampai penuh lalu basahi telapak tangan kanan anda dengan air kemudian tempelkan ke lubang hisap pompa airnya dan tunggu beberapa saat sampai anda merasakan tarikan atau sedotan pada telapak tangan anda. Coba rasakan apakah ada tarikan yang kuat, umumnya pompa air yang masih mampu menghisap bisa dirasakan saat anda menggeser tangan anda pompa air tersebut akan ikut tertarik, namun jika tidak maka bisa dipastikan pompa air sedang mengalami kebocoran dan tidak mampu menghisap air.

Motor Atau Dinamo Pompa Air Hidup Mati Sendiri

Tak jarang juga pompa air mengalami kondisi hidup mati sendiri secara tiba-tiba, masalah seperti ini biasanya sering dijumpai pada produk pompa air yang menggunakan sistem saklar pressure switch. Pressure switch ini merupakan saklar otomatis yang pengoperasiannya memanfaatkan tekanan air, sehingga pengendalian kondisi mati dan hidup mesin pompa air bisa dilakukan dengan membuka atau menutup kran air.

Sistem otomatis seperti ini memang menguntungkan sekali khususnya bagi anda yang tidak ingin kerepotan dalam mengendalikan hidup mati pompa air, namun dibalik itu semua, sistem ini juga mempunyai kelemahan yakni karena sensitif terhadap tekanan air maka apabila ada kebocoran pompa air akan mati menyala mati menyala dengan sendirinya.

Untuk mengatasi hal ini maka tentunya anda harus mencari letak kebocorannya dan segera memperbaikinya agar tekanan air tidak turun dan mengaktifkan saklar otomatis terus menerus. Kebocorannya bisa terjadi dimana saja, baik pada instalasi pipa, kepala pompa bahkan pada foot klepnya.

Selain itu, ada juga penyebab lain untuk masalah mesin pompa air hidup mati secara tiba-tiba ini. Yakni karena kerja thermal protector pada motor atau dinamo, perlu juga anda tahu bahwa thermal protector akan bekerja memutus arus listrik apabila terjadi panas yang berlebihan pada mesin pompa air dan juga akan menghidupkan kembali mesin apabila suhunya sudah dingin.

Maka dengan demikian, masalah ada pada panas lebih tersebut. Panas yang berlebihan pada mesin pompa air biasa diakibatkan oleh beban yang terlalu berat atau memang karena dinamo pompa air yang sudah soak.

Inilah kerusakan yang biasa terjadi pada pompa air yang telah saya berikan dari hasil pengalaman saya di lapangan.

Saya rasa cukup sekian untuk postingan kali ini semoga semua postingan ini bermanfaat bagi semuanya dan apabila ada pertanyaan silahkan gunakan kotak komentar.


 
close