Sabtu, 02 Mei 2020

Memasang Instalasi Penerangan Untuk Lorong atau Koridor

Pada artikel sebelumnya yang menjelaskan mengenai memasang instalasi untuk kamar hotel satu lampu di kendalikan dari dua tempat dan untuk kali ini saya akan bagikan lagi artikel mengenai memasang instalasi untuk lorong atau koridor dengan pengendalian lampu dari tiga tempat. Apabila anda sudah paham tentang artikel yang sebelumnya diatas maka untuk instalasi kali ini tak begitu sulit karena ada kesamaan dan sedikit penambahan saja.

Pemasangan instalasi lorong atau koridor harus diperhitungkan dengan baik.
Bagaimana tidak sebuah lorong yang panjang dapat membuat kesulitan apabila instalasi yang digunakan kurang tepat atau salah dalam penempatannya, karena biasanya sebuah lorong memiliki jarak yang jauh dan akan lebih mempersulit lagi apabila keadaan lorong yang gelap. Coba bayangkan saja apabila anda melewati sebuah lorong dan baru pertama kali, masih belum hafal betul letak saklar untuk menghidupkan lampunya maka tentunya akan sangat merepotkan. Akan tetapi anda tak perlu kawatir akan hal seperti ini apabila instalasi yang anda gunakan sangat stategis dan praktis.

Memasang instalasi untuk lorong atau koridor yang baik ialah menempatkan saklar di dekat pintu pada masing masing ujung tempat ini dan jangan lupa untuk menambahkan lagi saklar ditengah dimana biasanya ada jalur untuk mengakses ruangan lain.

Jadi kesimpulannya adalah anda akan mendapati tiga buah saklar yang bisa anda gunakan untuk menghidupkan atau mematikan lampu lorong atau koridor dan saklarnya ditempatkan terpisah yang masing-masing ada di dekat pintu pada ujung lorong atau koridor dan yang satunya lagi di tengah-tengah tempat ini.

Untuk memasang instalasi seperti ini anda tak memerlukan komponen yang banyak, cukup menggunakan dua buah saklar tukar dan satu buah saklar silang.

Seperti inilah cara memasang instalasi penerangan untuk lorong atau koridor
Selain gambar diatas saya juga menyertakan gambar kontak arus antara saklar dengan lampunya dibawah ini sehingga anda dapat memahami dengan mudah instalasi ini.
Demikian untuk artikel ini semoga dapat bermanfaat. Silahkan meninggalkan pesan, masukan, koreksi maupun kritik pada kolom komentar di bawah.