Minggu, 10 Mei 2020

Penyebab Lilitan Dinamo Mesin Pompa Air Terbakar

Dari sekian banyaknya macam kerusakan pada mesin pompa air, salah satu kerusakan yang tergolong paling parah dan juga paling dikawatirkan oleh pengguna pompa air adalah kerusakan pada bagian dinamo. Bagaimana tidak, lilitan dinamo itu sendiri memang merupakan komponen yang paling vital dan utama di dalam sebuah unit pompa air, jika sampai komponen yang satu ini rusak atau sering kita istilahkan dengan "terbakar" maka tentunya aktivitas menyuplai air setiap hari akan terhenti seketika dan dalam hal ini anda diharuskan segera melakukan perbaikan dinamo dengan terpaksa mau tidak mau agar pompa air bisa dipakai lagi.
Source images : www.lionprotects.com
Dan satu hal lagi masalah yang mungkin cukup memberatkan bagi para pengguna mesin pompa air di saat lilitan dinamo pompa air terbakar yaitu biaya perbaikan dinamo itu sendiri yang relatif lebih mahal. Jadi, bisa disimpulkan bahwa masalah kerusakan terbakarnya dinamo pada unit pompa air merupakan sesuatu hal yang perlu kita hindari karena mengingat biaya perbaikannya sendiri yang mahal tersebut, setidaknya kita harus berupaya untuk menjaga pompa air agar mampu bertahan cukup lama agar kita tidak selalu terbebani dengan masalah biaya pengeluaran untuk perbaikan.

Lilitan dinamo pompa air yang terbakar umumnya sangat mudah untuk dikenali semisal dengan terciumnya bau terbakar atau gosong pada bagian dinamo, tanda lainnya yang serupa yaitu keluarnya asap serta adanya kondisi dimana kumparan kawatnya yang berubah warna kehitam-hitaman (agak gosong), dan biasanya ketika pompa air coba dihidupkan listrik akan langsung mati (MCB trip).

Lalu apakah penyebab utama dari terbakarnya lilitan dinamo pada mesin pompa air tersebut?

Lilitan dinamo pompa air bisa terbakar bukanlah tanpa sebab, dan penyebabnya sendiri bisa dibilang cukup banyak salah satunya adalah karena pompa air terendam air yang umumnya terjadi ketika hujan deras atau banjir. Nah, untuk lebih lengkapnya lagi mengenai penyebab dinamo pompa air terbakar, langsung saja anda simak ulasan berikut ini.

Penyebab Lilitan Dinamo Mesin Pompa Air Terbakar

1. Membiarkan Mesin Hidup Dalam Keadaan Macet

Jika anda pernah mendapati pompa air dalam keadaan macet total maka segeralah matikan dan jangan dihidupkan lagi sebelum pompa air tersebut benar-benar mampu berputar kembali hal ini tentunya untuk menjaga agar dinamo tidak terbakar. Fakta di lapangan kebanyakan dinamo pompa air terbakar banyak disebabkan oleh masalah yang satu ini, umumnya pengguna pompa air tidak tahu bahwa mesin pompa air hidup dalam keadaan macet yang dianggapnya sudah mati padahal disaat itulah momen krusial itu terjadi yakni pompa air mengalami panas berlebihan sampai terbakar akibat menahan besarnya aliran listrik saat macet.

Keadaan macet total pada mesin pompa air biasanya disebabkan oleh kerusakan pada bearing atau laher, namun tidak menutup kemungkinan bahwa terdapat kemacetan pada bagian kepala pompa akibat pasir yang mengganjal laju impeller. 

Untuk itu, jika anda merasa bearing pompa air mulai agak kasar suaranya maka segera lakukan perbaikan dengan mengganti bearing tersebut sebelum terjadi kemacetan, begitu juga dengan bagian impeller apabila terjadi kemacetan maka segera periksa dan bongkar bagian kepala pompanya pastikan tidak macet lagi apabila ada pasir yang mengganjal maka segera bersihkan. 

2. Motor Dinamo Terendam Air

Seperti yang sudah saya singgung diatas, salah satu penyebab dinamo pompa air dapat terbakar ialah karena akibat terendam air. Selain karena disebabkan oleh air hujan, genangan air dari kebocoran pipa maupun bagian seal juga bisa membuat dinamo mesin pompa air anda terbakar.

Keadaan basah akibat terkena air maupun kelembaban memang sangatlah beresiko membuat kawat email atau lilitan pada dinamo menjadi cepat rapuh dan rusak terutama jika pompa air terus dipaksakan untuk hidup meski sedang dalam keadaan basah terkena tetesan air. Jika sudah demikian maka tindakan yang tepat adalah memastikan bahwa pompa air tidak terendam air baik itu dari tetesan air hujan maupun dari kebocoran pipa atau seal pompa air.

3. Pompa Air Sering Overheating

Penyebab lainnya yang membuat dinamo mesin pompa air mudah terbakar ialah karena terlalu seringnya terjadi overheating atau panas lebih. Overheating atau panas lebih pada mesin pompa air sangatlah umum terjadi, hal ini biasanya dialami unit pompa air ketika sedang digunakan dalam waktu yang sangat lama atau bahkan nonstop baik sengaja maupun tidak sengaja seperti ketika saklar otomatis rusak dan membuat pompa air tidak bisa dimatikan.

Atau bisa juga pompa air mengalami overheating karena diakibatkan oleh putaran mesin yang sedikit terhambat karena bearing yang seret sehingga meningkatkan kinerja beban pompa air tersebut. Kasus yang lainnya panas lebih atau overheating ini bisa juga disebabkan oleh kesalahan penggunaan kapasitor yang terlalu besar nilai farad-nya.

4. Karena Short Circuit (Korslet)

Hubungan arus pendek atau konsleting listrik juga bisa membuat dinamo mesin pompa air terbakar, untuk itu pastikan kabel listrik yang terpasang tidak lecet atau terkelupas demi meminimalisir terjadinya konsleting pada dinamo pompa air.

Jika ditemukan kabel yang terkelupas maka segeralah lapisi dengan isolasi atau lakban yang rapat agar aliran listrik tidak bocor kemana-mana sehingga tidak beresiko membuat konsleting.

Baiklah itu tadi beberapa ulasan mengenai penyebab-penyebab lilitan dinamo mesin pompa air terbakar. Mungkin cukup sekian dulu untuk artikel kali ini semoga bisa bermanfaat dan membantu masalah anda. Apabila ada yang ingin disampaikan silahkan gunakan kotak komentar dibawah.