Sabtu, 09 Mei 2020

Penyebab Mesin Pompa Air Suaranya Berisik Serta Cara Memperbaikinya

Masalah mesin pompa air yang suaranya berisik atau kasar seringkali dialami oleh sebagian besar pengguna pompa air, mungkin hal ini juga pernah anda alami terutama bagi anda yang memiliki pompa air dengan usia pakainya yang sudah cukup lama. Suara pompa air yang begitu berisik atau kasar ini tentunya akan membuat pendengaran kita terasa terganggu.

Pompa air yang bersuara berisik atau kasar tersebut tidak bisa anda biarkan terus menerus begitu saja, karena selain akan mengganggu pendengaran hal ini juga merupakan gejala atau tanda bahwa pompa air anda sedang mengalami masalah sehingga diperlukan langkah perbaikan segera sebelum terjadi kerusakan yang lebih parah.

Untuk itu, jika anda mengalami masalah pompa air dirumah berbunyi berisik, maka sebaiknya segeralah lakukan analisa terhadap sumber penyebabnya baru kemudian lakukan juga perbaikan setelahnya.

Nah, berikut ini adalah beberapa ulasan mengenai beberapa penyebab mesin pompa air bersuara kasar atau berisik dengan disertai cara perbaikannya.

Penyebab Mesin Pompa Air Suaranya Berisik Serta Cara Memperbaikinya

Bearing Aus Atau Rusak
Source images : shop.advanceautoparts.com
Salah satu penyebab yang paling umum atau yang biasa terjadi pada mesin pompa air bersuara berisik atau kasar adalah karena kerusakan pada komponen bearing atau yang biasa disebut laher pada pompa air. Kerusakan bearing atau laher ini biasanya ditandai dengan adanya keausan serta juga berkaratnya bagian tampilan luar bearing tersebut ketika mesin pompa air dibongkar.

Selain itu anda juga bisa mengetahui kerusakan bearing dengan cara memutar rotor atau as secara manual dengan bantuan tangan untuk memastikannya, jika setelah diputar terasa agak berat atau timbul suara berisik dari bearing tersebut maka tentunya sudah bisa dipastikan bahwa bearing telah rusak sehingga diperlukan penggantian ulang dengan bearing yang baru agak suara mesin pompa air tidak berisik lagi. Untuk mengganti bearing atau laher mesin pompa air anda bisa melakukannya sendiri atau bisa juga langsung mempercayakannya pada jasa perbaikan atau reparasi.

Sebagai tambahan saja, jika bearing pompa air anda telah mengalami tanda-tanda atau gejala-gejala kerusakan seperti suaranya tidak halus lagi (kasar) atau bahkan sedikit macet maka segeralah lakukan perbaikan dengan cara mengganti bearing yang rusak tersebut, hal ini sangat penting untuk anda lakukan karena ini semua bertujuan agar tidak terjadi kerusakan yang lebih parah pada komponen lain dari mesin pompa air anda.

Impeller Terganggu Oleh Pasir
Gambar impeller pompa air
Source images : m.aliexpress.com
Tak jarang juga timbulnya suara berisik pada mesin pompa air ternyata disebabkan oleh komponen impeller atau baling-baling hisap. Biasanya impeller terganggu oleh adanya kotoran seperti material pasir maupun kerikil ketika sedang berputar atau proses mesin bekerja menghisap sehingga hal inilah yang menyebabkan suara berisik pada mesin pompa air. Untuk mengatasi masalah ini anda bisa mencoba membuka bagian kepala pompa lalu membersihkan kotoran-kotoran tersebut, dan jika diperlukan lakukan pula pengangkatan pipa hisap menjadi sedikit lebih tinggi apabila dirasa mesin pompa air menghisap banyak kotoran akibat dari pemasangan pipa yang terlalu dalam.

Pressure Switch Hidup Mati Sendiri
Source images : www.surajit.co.th
Penyebab lainnya yang membuat suara mesin pompa air menjadi berisik adalah karena sistem kerja dari pressure switch yang hidup mati sendiri. Disaat pressure switch bekerja hidup mati sendiri maka pompa air juga akan mengalami hal demikian sehingga hal ini tentu akan membuat suara berisik akibat mesin pompa air yang terus-menerus hidup mati sendiri. Bagi anda yang belum tahu apa itu pressure switch, sebenarnya pressure switch ini adalah saklar otomatis yang sistem pengoperasiannya memanfaatkan tekanan air, sehingga pengendalian kondisi mati dan hidup mesin pompa air bisa dilakukan dengan membuka atau menutup kran air.

Sistem otomatis ini sebenarnya cukup menguntungkan karena anda tidak akan kerepotan disaat ingin memakai mesin pompa air, namun karena sistem kerjanya sangat sensitif terhadap tekanan air sehingga apabila terdapat kebocoran meski sekecil apapun maka hal ini akan membuat mesin pompa air hidup mati sendiri dengan disertai suara yang berisik pula.

Untuk memperbaiki kondisi ini maka tentu anda harus mencari letak kebocorannya dan segera memperbaikinya supaya saklar otomatis tidak bekerja terus menerus akibat dari penurunan tekanan air yang disebabkan kebocoran tersebut.

Mungkin cukup sekian dulu untuk artikel saya kali ini, semoga semua ulasan pada artikel ini bisa bermanfaat bagi anda semua.