Sabtu, 02 Mei 2020

Sejarah Nikola Tesla Penemu Arus Bolak-balik (AC)

Apakah kamu tahu jenis arus listrik yang dipakai di rumah-rumah ? Dan siapakah penemunya ?

Yah, Listrik yang banyak digunakan di rumah-rumah saat ini adalah arus bolak-balik yang tidak lepas dari penemu arus bolak-balik – Nikola Tesla. Arus bolak-balik dalam bahasa Inggris disebut dengan AC (Alternating Current) merupakan arus listrik yang besarannya bisa berubah-ubah ketika dalam proses bolak balik. Arus listrik bolak balik biasa digunakan untuk penyaluran listrik dari PLN ke tiap rumah namun bisa juga diaplikasikan menjadi sinyal radio.

Nikola Tesla dianggap sebagai seorang ilmuwan listrik paling hebat yang pernah ada namun tidak begitu dikenal, padahal penemuannya ini sangatlah berguna. Mungkin kebanyakan orang lebih mengenal Thomas Alfa Edison yang merupakan penemu arus searah. Jika kita membandingkan keduanya maka bisa terjadi perang arus dimana Nikola merupakan penemu arus listrik bolak-balik sedangkan Edison merupakan penemu arus searah.

Pria yang lahir pada tahun 1856 ini telah memenangkan perang arus antara Thomas Alfa Edison dan George Westinghouse untuk menetapkan apakah arus AC dan DC bisa digunakan untuk transmisi listrik.

Sekilas Sejarah Nikola Tesla Penemu Arus Bolak-Balik (Alternating Current)

Nikola Tesla
Nikola Tesla yang merupakan anak ke empat dari lima bersaudara ini memang sejak kecil sudah menyukai pelajaran hitung-hitungan seperti fisika, mekanika dan matematika. Lalu dia melanjutkan pendidikannya di Universitas Teknologi Graz di Austria. Dari sinilah ia belajar tentang ilmu kelistrikan sehingga mencoba membuat arus listrik bolak-balik yang bisa diterapkan pada motor listrik arus searah dengan tujuan agar lebih efisien.


Penemu arus bolak-balik Nikola Tesla ini pun mulai hijrah ke New York dengan hanya membawa uang sebesar 4 sen beserta koper yang berisi buku tentang teknik dan beberapa kumpulan puisi.  Penemu yang lahir di Smiljan ini dianggap sebagai salah satu penemu yang paling penting dalam sejarah dan juga dianggap sebagai ahli teknisi terbesar yang pernah ada pada masa abad 19 hingga 20.

Pada awalnya Nikola Tesla hijrah ke New York hanya untuk menjalin kerja sama dengan Thomas Alfa Edison. Di perusahaan milik Thomas setidaknya terdapat 24 rancangan jenis dinamo. Sayangnya selama Nikola bekerja dengan Thomas mereka berdua selalu tidak pernah cocok. Hingga pada akhirnya, dirinya memutuskan untuk bekerja sama dengan George Westinghouse yang merupakan seorang ilmuwan yang berhasil membangun alat pembangkit tenaga air pertama dengan memanfaatkan air terjun Niagara.
Generator Listrik Buatan Tesla
Pada tahun 1887, penemu arus bolak-balik – Nikola Tesla sudah mulai mendirikan laboratorium sendiri. Di laboratorium inilah dirinya berhasil membuktikan kepada dunia bahwa arus bolak-balik temuannya lebih bagus dibandingkan dengan arus searah yang diciptakan oleh Thomas Alfa Edison.

Hebatnya lagi, pria yang dijuluki sebagai ilmuwan gila ini berhasil mematenkan sekitar 300 temuannya hanya dalam kurun waktu kurang dari 1 tahun. Disusul 20 tahun kemudian, Nikola menciptakan penemuan hebat lainnya di bidang listrik dan radio.

Dikutip dari : https://www.penemu.co/penemu-arus-bolak-balik-nikola-tesla/