Jumat, 08 Mei 2020

Simbol-simbol Instalasi Penerangan

Jika membahas tentang simbol-simbol instalasi penerangan mungkin masih banyak dari anda yang belum mengerti terutama bagi yang masih awam sekali di bidang kelistrikan. Bahkan tak sedikit juga dari mereka yang walaupun mampu memasang instalasi namun ketika disuruh membaca simbol-simbol instalasi listrik mereka pun sama sekali tak tahu atau mengerti simbol-simbol tersebut.

Hal ini memang wajar karena sebenarnya simbol-simbol tersebut hanya diajarkan di sekolah. Lalu apakah anda tahu bahwa dengan memahami simbol-simbol ini kita bisa melakukan sesuatu pekerjaan instalasi dengan mudah dan cepat.

Bagi para teknisi listrik yang profesional, simbol seperti ini sangat penting bagi mereka karena pada umumnya mereka akan melakukan perencanaan terlebih dahulu sebelum menginstalasi, jadi mereka akan menggambar simbol-simbol instalasi listrik untuk perencanaan instalasi mereka sehingga pekerjaan instalasi yang mereka lakukan akan menjadi lebih mudah dan cepat.

Di lain sisi, fungsi dari simbol-simbol ini adalah untuk mengetahui komponen-komponen listrik serta jalur-jalur pengkabelan apa saja yang telah terpasang pada instalasi rumah kita dan semuanya itu bisa dibaca denah instalasinya dengan gambar perencanaan yang sudah dibuat sebelumnya. Dan umumnya pembuatan denah instalasi tersebut dilakukan pada rumah bertingkat yang memang bisa dibilang memerlukan perencanaan instalasi yang matang.

Maka dari itu bagi anda yang mau belajar mengenai gambar teknik listrik segera pahami terlebih dulu simbol-simbol listrik di bawah ini.

Simbol-simbol Instalasi Penerangan
Itulah beberapa simbol instalasi listrik penerangan yang biasa digunakan untuk perencanaan instalasi listrik.


Oke mungkin cukup sekian dulu untuk artikel singkat kali ini, semoga ini bisa menambah wawasan anda tentang gambar simbol kelistrikan. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk anda semua.


 
close