Kamis, 07 Mei 2020

Spesifikasi Perbandingan Antara Pompa Air Shimizu Sanyo dan Panasonic (National)

Untuk bisa memenuhi kebutuhan air setiap hari dengan mudah dan praktis, maka tentunya anda akan lebih memilih menggunakan peralatan yang praktis dan mendukung yaitu mesin pompa air ketimbang menggunakan timba air yang dulu sering kali kita gunakan.

Kini menimba sumur dengan ember bukan lagi sebuah pilihan, karena di zaman modern seperti sekarang sudah banyak pilihan mesin pompa air dengan berbagai macam merk yang setiap merk tersebut juga memiliki keunggulannya masing-masing.

Pada kesempatan kali ini saya ingin membahas mengenai merk pompa air yang paling terkenal di masyarakat indonesia yaitu Shimizu, Sanyo dan Panasonic (National), saya akan mencoba melakukan perbandingan antara ketiga merk ini.

Sebenarnya masih banyak brand atau merk pompa air selain dari ketiga merk diatas, terdapat beberapa yang cukup terkenal seperti Wasser, Grunfos, Sanwa dan lain-lain. Namun, disini saya hanya akan membahas mengenai perbandingan ketiga merk diatas (Shimizu, Sanyo, Panasonic).

Oke, sebelum membandingkan speknya mari kita bahas terlebih dahulu satu per satu mengenai masing-masing merk pompa air ini.

Pompa Air Shimizu

Produk pompa air Shimizu untuk saat ini bisa dibilang telah menguasai pasar, hal ini bisa dibuktikan dengan banyaknya toko-toko yang menyediakan stok banyak untuk brand pompa air yang satu ini. Memang sampai saat ini penjualan produk pompa air Shimizu termasuk paling laris diantara merk pompa air lainnya.

Karena termasuk yang paling laris maka penggunanya pun juga paling banyak sehingga bisa dibilang kalau pompa air Shimizu telah sukses mendominasi pasaran untuk saat ini. Sampai saat ini produk Shimizu terhitung memiliki lebih dari 15 macam model atau type untuk unit pompa air yang diproduksinya.

Pompa Air Sanyo

Pompa air dengan merk Sanyo mungkin sudah tidak asing lagi didengar oleh telinga masyarakat pada umumnya, terhitung sudah berpuluh-puluh tahun lamanya pompa air ini melayani kehidupan masyarakat penggunanya. Bahkan nama Sanyo kini telah melegenda hingga kebanyakan masyarakat luas saat ini cenderung menyebutkan setiap jenis pompa air dengan sebutan Sanyo ketimbang menyebutnya pompa air.

Layaknya sebuah produk pompa air yang berkualitas, pompa air Sanyo mampu bertahan hingga lebih dari 25 tahun. Namun saat ini, dikabarkan bahwa 50% saham perusahaan Sanyo telah dimiliki oleh Panasonic. Jadi wajar saja jika pompa air Sanyo yang baru memiliki bentuk yang serupa dengan pompa air Panasonic.

Pompa Air Panasonic (National)

Bagi yang sudah berkeluarga mungkin anda sudah cukup familiar dengan nama National. Yup, National merupakan salah satu brand produk pompa air yang cukup berjaya di masanya sebelum berganti nama menjadi Panasonic. Sehingga wajar apabila terdapat kemiripan antara pompa air National dengan Panasonic.

Sama halnya dengan Sanyo, pompa air Panasonic juga mampu bertahan hingga usia 25 tahun lebih lamanya.

Perusahaan Panasonic sendiri merupakan perusahaan yang besar, sudah banyak produk elektronik yang dikeluarkannya. Untuk produk pompa airnya, Panasonic hanya memiliki dua macam jenis pompa air yakni untuk keperluan sumur dangkal dan sumur dalam (JET PUMP). Walaupun demikian brand ini masih mampu bersaing dengan yang lain.

Spesifikasi Perbandingan Antara Pompa Air Shimizu Sanyo dan Panasonic (National)

Untuk perbandingan spesifikasinya kita ambil contoh spesifikasi dengan kelas yang sama dari setiap merk dibawah ini

Shimizu PS-121 BIT

Dengan harga Rp. 360.000
Daya listrik yang digunakan 125 Watt
Daya hisap maksimal 9 meter
Daya dorong maksimal 33 meter
Pompa air ini mampu menghisap 31 liter per menit










Sanyo PWH 137
Dengan harga Rp. 435.000
Daya listrik yang digunakan 125 Watt
Daya hisap maksimal 9 meter
Daya dorong maksimal 20 meter
Pompa air ini mampu menghisap 32 liter per menit









Panasonic  GL-75 JXK

Dengan harga Rp. 385.000
Daya listrik yang digunakan 75 Watt
Daya hisap maksimal 9 meter
Daya dorong maksimal 20 meter
Pompa air ini mampu menghisap 16 liter per menit








Jika kita perhatikan dengan seksama perbandingan spesifikasi diatas, maka bisa saya simpulkan bahwa pompa air Shimizu dengan Sanyo memiliki kekuatan yang hampir sama persis, sedangkan untuk pompa air Panasonic terdapat beberapa perbedaan yang mendasar yakni pada kekuatan semburan airnya yang lebih rendah begitu juga dengan daya listrik yang dipakainya. Untuk lebih jelas mengenai perbandingan spesifikasi antara ketiga merk ini, silahkan anda simak ulasan berikut.

Shimizu

Jika anda ingin pompa air yang debit semburannya tinggi maka tidak ada salahnya untuk anda mencoba memiliki Shimizu, karena tenaga pompa air ini sangatlah besar dengan juga disertai ukuran impellar dan asnya yang lebih besar dari merk pompa air lain sehingga anda akan puas dengan semburan airnya.

Kelebihan lain dari Shimizu pompa air ialah terdapat banyak sekali jenis model atau type pompa airnya, sehingga andapun bisa memilih yang sesuai dengan kebutuhan atau anggaran yang anda miliki.

Sedangkan untuk kelemahannya sendiri ada pada body rumah dinamonya yang terbuat dari besi tipis sehingga akan mudah rusak dan berkarat, tentu hal ini akan membuat pompa air anda cepat rusak apabila disimpan di tempat yang lembab. Umumnya tidak semua type pompa air Shimizu menggunakan body rumah dinamo yang tipis tersebut, ada juga beberapa type pompa air Shimizu yang menggunakan body rumah dinamo yang kokoh misalnya saja pada produk pompa air sumur dalam buatan Shimizu yang rata-rata memiliki body yang kokoh.

Sanyo

Sanyo pompa air memiliki keunggulan dalam hal kinerja mesin dinamonya yang sangat dingin dan tidak mudah rusak meski telah lama digunakan, akan tetapi sayangnya keunggulan tersebut hanya dimiliki oleh produk pompa air Sanyo yang keluaran lama sebelum dimiripkan dengan Panasonic. Keunggulan lainnya yang ditawarkan oleh pompa air Sanyo yaitu memiliki body dinamo dari bahan aluminium yang dapat mengurangi panas dan tidak mudah berkarat, sekaligus juga memiliki dua lubang pengoptimalan. Satu untuk pressure switch (otomatis) dan satunya lagi untuk tabung angin.
Bisa dibilang untuk kelemahannya sekarang adalah pada produk pompa air barunya. Meksi hal ini sangat disayangkan karena sekarang pompa air sanyo yang lama telah tergantikan dengan yang mirip panasonic, namun produk yang baru masih memiliki kedua kelebihan diatas.

Panasonic

Memiliki pemakaian daya listrik yang bisa dibilang sedikit merupakan keunggulan tersendiri untuk pompa air Panasonic, bayangkan saja pompa air ini mampu menekan pemakaian daya listrik hampir setengah dari pompa air jenis sumur dangkal lain pada umumnya, bukankah ini luar biasa. Selain itu, kelebihannya juga terdapat pada body dinamonya yang terbuat dari bahan aluminium yang kokoh sehingga menjadikan pompa air ini aman dari kerusakan akibat berkarat.

Untuk kelemahannya sendiri terletak pada kemampuan maksimal semburan airnya yang sedikit lebih lemah dari dua saingannya diatas. Namun hal ini bisa dikatakan wajar, karena mengingat daya listrik yang dipakai juga lebih kecil.

Setelah melakukan perbandingan antara ketiga produk diatas maka bisa disimpulkan bahwa setiap merk pompa air memiliki keunggulan dan kelemahannya masing-masing, untuk masalah memilih pompa air, tentu itu semua tergantung pada minat anda masing-masing. Namun, saran saya adalah lakukan pertimbangan terlebih dahulu untuk memilih pompa air yang sesuai dengan kebutuhan anda.

Mungkin cukup sekian dulu untuk artikel kali ini, semoga ulasannya bisa bermanfaat dan dapat membantu masalah anda.


 
close