Selasa, 05 Mei 2020

Tanda-tanda Kerusakan Bearing (Laher) Pada Mesin Pompa Air

Tak dapat dipungkiri bahwa sewaktu-waktu mesin pompa air juga akan mengalami yang namanya kerusakan, hal ini memang akan selalu terjadi mengingat pompa air juga memiliki usia pakainya sendiri. Jadi, seiring dengan berjalannya waktu, pompa air yang selalu anda pakai sehari-hari pasti bisa mengalami masalah gangguan atau kerusakan pada beberapa komponennya, dan salah satunya adalah komponen bearing atau yang biasa disebut laher.
Source images : www.bearing-news.com
Bearing atau laher termasuk sebagai salah satu komponen yang aktif dalam mesin pompa air karena prinsip kerjanya yang terus menerus bergerak saat mesin pompa dinyalakan. Umumnya komponen bearing ini dipasang pada dua sisi di bagian motor listrik karena memang fungsi dari bearing sendiri adalah sebagai bantalan untuk menahan serta memudahkan pergerakan dari rotor mesin pompa air supaya dapat berputar secara maksimal atau ringan.

Nah, seperti yang sudah saya jelaskan sebelumnya diatas bahwa tentunya komponen seperti bearing juga memiliki usia pakainya sendiri sehingga sewaktu-waktu bisa rusak atau aus. Perlu juga anda diketahui bahwa disaat bearing mengalami kerusakan maka hal ini akan berdampak kurang baik bagi kinerja mesin pompa air bahkan bisa juga berakibat fatal pada dinamo mesin pompa air anda jika terjadi kelalaian.

Untuk itu, penting juga memperhatikan masalah bearing pada pompa air sehingga diperlukan langkah pencegahan dengan cara mengganti spare part atau komponen yang satu ini agar tidak terjadi sesuatu yang tidak diinginkan seperti terjadinya kerusakan dinamo atau semacamnya.

Akan tetapi yang menjadi pertanyaannya adalah bagaimanakah cara kita mendeteksi kerusakan pada komponen bearing atau laher pada mesin pompa air tersebut? Serta apakah tanda-tanda kerusakan yang umum terjadi pada komponen bearing pompa air tersebut?

Nah, untuk lebih jelasnya silahkan simak ulasannya dibawah ini.

Tanda-tanda Kerusakan Bearing (Laher) Pada Mesin Pompa Air

Tanda-tanda yang paling umum serta juga mudah kita sadari atau kita ketahui dengan cepat pada kerusakan komponen bearing pompa air adalah timbulnya suara berisik atau kasar saat rotor diputar, terutama ketika pompa air sedang bekerja maka suara berisik tersebut terasa sangat menggangu karena terdengar cukup nyaring untuk didengar telinga kita.

Selain suara yang berisik atau kasar, tanda kerusakan komponen bearing juga bisa diketahui dengan cara mengecek suhu kerja pompa air, biasanya akan bisa langsung diketahui dengan cara merasakan suhu panas pada body motor mesin pompa air dengan tangan, jika terasa sangat panas maka bisa dimungkinkan terdapat beberapa kerusakan pada komponen bearing pompa air anda yang sedikit macet.

Cara yang lebih efektif untuk mengetahui kondisi kerusakan pada komponen bearing adalah dengan cara memutar rotor mesin pompa air anda secara manual dengan bantuan tangan, jika terasa agak berat atau bahkan macet total maka bisa dipastikan bahwa terdapat kerusakan pada komponen bearing pompa air anda. Untuk lebih memastikan kerusakan anda bisa langsung mencoba membongkar dan mengecek langsung keadaan bearingnya, tanda kerusakannya bisa langsung diketahui dengan tampilan luar bearing yang berkarat, aus dan lain-lain.

Jika memang telah diketahui bahwa terdapat kerusakan pada komponen bearing seperti gejala atau tanda-tanda kerusakan diatas, maka segeralah anda lakukan penggantian ulang pada komponen bearing mesin pompa air anda tersebut, hal ini penting dan sangat diperlukan karena semua ini bertujuan untuk menghindari resiko kerusakan lainnya yang lebih parah semisal rotor aus atau cacat terutama kerusakan dinamo atau motor terbakar yang bahkan sangat mahal untuk biaya perbaikannya.

Baiklah mungkin cukup sekian dulu untuk artikel saya kali ini, semoga semua ulasan diatas bisa bermanfaat bagi anda semua.