Sabtu, 02 Mei 2020

Tips Memilih Ukuran TV Yang Ideal Untuk Setiap Ruangan

Momod ads.id
Source images : blog.modsy.com
Televisi merupakan salah satu media elektronik yang seakan-akan sudah tidak bisa terpisahkan dalam kehidupan kita sehari-hari. Seperti yang kita tahu bahwa televisi kini mudah sekali untuk dijumpai, benda ini sering kita temukan di berbagai tempat seperti di ruangan rumah, hotel, kantor atau bahkan di rumah sakit. 

Memang untuk saat ini televisi sangatlah penting bagi kita yang hidup di zaman yang serba modern seperti sekarang ini, tanpa kita menonton siaran di televisi maka kita akan ketinggalan baik berita maupun informasi yang terupdate setiap harinya.

Selain sebagai media untuk mendapatkan informasi, televisi juga berguna untuk sarana hiburan untuk sekedar melepas kebosanan dalam keseharian kita.

Namun jika kita ingin menikmati pengalaman menonton televisi yang memuaskan, maka dibutuhkan penyesuaian ukuran televisi yang ideal pada sebuah ruangan. Ukuran televisi yang terlalu besar ataupun terlalu kecil bisa membuat kita tidak nyaman saat menontonnya.

Apabila memang anda hendak ingin membeli sebuah televisi, maka pertimbangan dulu dua hal yaitu budget dan ukuran ruangan anda supaya ukuran televisi yang anda pilih tersebut sesuai dengan ruangan yang akan dipasangi televisi.

Setiap orang tak selalu memiliki budget yang sama dan untuk memudahkan menentukan pilihan ukuran televisi yang ideal pada sebuah ruangan, anda cukup memperhatikan luas ruangan, jarak pandang atau lebih jelasnya anda bisa langsung ikuti tips berikut ini :

1. Tentukan Jarak Pandang Ketika Menonton
Source images : www.avu.ca
Langkah yang mudah dalam menyesuaikan ukuran televisi adalah dengan menentukan jarak pandang ketika sedang menonton televisi, apabila anda sudah mengetahui atau menentukan jarak pandang (jarak tempat duduk menonton sampai ke televisi), maka kita bisa mengetahui ukuran televisi yang ideal untuk jarak pandang tersebut.

Ukuran televisi yang ideal atau yang disarankan adalah sepertiga dari jarak pandang atau jarak dari anda duduk menonton ke televisi.

Misalnya ruangan anda berukuran 4x3 meter dengan jarak antara tempat anda duduk menonton televisi sekitar 3 meter, maka ukuran televisi yang ideal adalah : 1/3 x 3 meter = 1 meter atau 39,3 inch kita dibulatkan menjadi 40 inch.

Maka, ukuran televisi yang ideal untuk jarak pandang tersebut adalah sekitar 40 inch.

2. Pertimbangkan Sudut Pandang Saat Menonton TV
Source images : www.crutchfield.com
Meski tak semua, umumnya televisi jenis LED memiliki sudut pandang yang kurang baik jika dilihat dari sisi samping, tingkat kontras dan akurasi warnanya akan sedikit hilang, idealnya televisi yang anda beli harus mampu menampilkan gambar dengan sempurna meski dilihat dari segala sudut, namun anda juga harus memperhatikan titik sudut pandang yang baik saat menonton, yaitu posisi tegak lurus dengan televisi.

3. Pertimbangkan Fungsi Ruangannya

Dalam hal memilih ukuran televisi yang ideal pada sebuah ruangan, fungsi dari ruangan itu sendiri juga termasuk hal yang penting untuk menjadi pertimbangan. Bagaimana tidak, jika anda salah dalam mempertimbangkan fungsi ruangan tersebut, maka tentunya anda akan kecewa nantinya karena ukuran televisi tidak sesuai dengan kebutuhan fungsi dari ruangan tersebut.

Jika memang fungsi ruangan tersebut menginginkan ukuran televisi yang besar maka anda tentu harus memilih ukuran televisi yang besar dan begitu juga sebaliknya.

Demikian untuk artikel kali ini mengenai Tips Memilih Ukuran TV Yang Ideal Untuk Setiap Ruangan, semoga bermanfaat.