Sabtu, 09 Mei 2020

Tips Merawat Rice Cooker Agar Tidak Mudah Rusak

Momod ads.id

Source images : Thinkstockphotos.com
Dalam setiap harinya para ibu-ibu rumah tangga selalu menyajikan makanan dengan menanak nasi, rice cooker yang merupakan alat penanak nasi seakan-akan menjadi sahabat dekat yang sulit dipisahkan.

Memang bisa dikatakan alat perabotan rumah tangga yang satu ini sangat penting untuk menunjang kebutuhan dalam kehidupan sehari-hari, sebab dengan adanya rice cooker maka pekerjaan menanak nasi akan menjadi lebih mudah dan praktis.

Seiring dengan lamanya penggunaan, rice cooker juga sewaktu-waktu bisa mengalami kerusakan, kita juga tidak bisa memakai rice cooker secara sembarangan, karena meskipun dengan kesalahan yang terbilang sepele saja bisa berdampak sangat buruk pada rice cooker.

Rice cooker akan cepat rusak jika kita terlalu sering melakukan kesalahan-kesalahan tersebut.

Maka dari itulah diperlukan yang namanya perawatan pada rice cooker, sebab dengan perawatan tersebut akan membuat umur rice cooker akan lebih terjaga sehingga rice cooker tidak mudah rusak.

Ada beberapa tips dalam melakukan perawatan rice cooker antara lain sebagai berikut :

1. Biasakan Mencabut Colokan Rice Cooker Ketika Sedang Tidak Digunakan

Setiap kali anda selesai menggunakan rice cooker baik itu setelah memasak ataupun menghangatkan nasi, biasakanlah untuk mencabut colokan rice cooker.

Usahakan juga untuk mengurangi pemakaian rice cooker dalam hal menghangatkan nasi, meskipun rice cooker modern saat ini mampu menghangatkan nasi selama 24 jam, namun tetap saja kurang disarankan karena selain membuat nasi menjadi keras, hal ini juga dapat memboroskan tagihan listrik kita.

Memberi kesempatan rice cooker untuk beristirahat juga diperlukan untuk menjaga rice cooker agar tetap awet atau tidak mudah rusak.

2. Sesuaikan Kapasitas Atau Takaran Saat Memasak Nasi
Source images : id.m.wikihow.com
Ketika menanak nasi anda juga harus memperhatikan kapasitas atau takarannya, hindari memasak nasi yang terlalu berlebihan karena dapat menyebabkan nasi susah matang atau nasi meluber keluar, tentunya hal ini bisa membuat nasi yang kita masak akan terbuang percuma.

Perlu juga diketahui bahwa kebiasaan semacam ini juga dapat merusak rice cooker kita. Oleh karena itu, sesuaikanlah takaran nasi ketika ingin memasak.

3. Jangan Mencuci Beras Menggunakan Wadah Panci Rice Cooker
Source images : youtube.com
Mungkin sudah banyak diantara kita yang sering mencuci atau membersihkan beras yang ingin dimasak dengan menggunakan wadah panci rice cooker, meskipun saat ini produk rice cooker sudah lebih canggih, namun tetap saja tidak disarankan untuk mencuci beras di dalam wadah panci rice cooker tersebut.

Banyak orang yang tidak tahu bahwa dengan mencuci atau membersihkan beras yang akan dimasak menggunakan wadah panci rice cooker dapat merusak lapisan yang ada pada panci rice cooker tersebut.

Jika hal demikian sering berulang atau telah menjadi kebiasaan, maka bukan tidak mungkin lapisan anti lengket yang ada pada panci rice cooker tersebut terkikis, sehingga membuat nasi yang dimasak akan menjadi lengket.

4. Selalu Lakukan Pengecekan Pada Penampung Uap Air

Perlu juga diperhatikan untuk selalu memastikan keadaan penampung uap air pada rice cooker. Jika terdapat air pada penampung uap air tersebut, maka lakukan pembersihan atau buang air tersebut dengan segera, karena jika kita membiarkannya terus menerus selama berhari-hari, hal ini dapat menyebabkan bau yang tidak sedap dan nasi yang kita masak pun juga akan berkurang kelezatannya.

5. Bersihkan Rice Cooker Dengan Cara Yang Benar
Source images : m.wikihow.com
Dalam mencuci sebuah rice cooker, diperlukan langkah yang tepat agar tidak terjadi kerusakan, misalnya saat mencuci wadah panci kita harus berhati-hati agar lapisan anti lengket pada panci tidak rusak atau terkelupas.

Jika ingin membersihkan nasi sisa yang masih menempel di bagian wadah panci, cara yang benar adalah dengan merendam wadah panci dengan air hangat, lalu diamkan beberapa saat sampai sisa nasi yang menempel dalam wadah panci tersebut melunak. 

Dan setelah itu, bersihkan sisa nasi tersebut menggunakan spon yang halus. Jangan menggunakan benda yang keras atas kasar seperti sendok makan dan lainnya, agar lapisan panci tidak rusak.

Dan juga jangan lupa untuk membersihkan bagian dalam rice cooker dengan melepas baut terlebih dahulu, biasanya di bagian dalam rice cooker akan ada debu atau sisa nasi kering yang jatuh di dalamnya.

6. Pastikan Bagian Luar Wadah Panci Dalam Keadaan Kering
Source images : kalteng.tribunnews.com
Saat hendak ingin memasak nasi, pastikan wadah panci bagian luar dalam keadaan kering sebelum dimasukkan ke dalam rice cooker, jika keadaannya masih basah lap terlebih dulu bagian luarnya ini sampai kering baru taruh kedalam.

Kesalahan yang sering terjadi saat hendak memasak nasi adalah menempatkan wadah dalam keadaan basah bagian luarnya ke dalam rice cooker. Padahal kebiasaan ini merupakan salah satu penyebab mudah rusaknya rice cooker.

Demikian untuk artikel kali ini mengenai Tips Merawat Rice Cooker Agar Tidak Mudah Rusak, semoga bermanfaat.


 
close