Jumat, 01 Mei 2020

Yuk, Simak 7 Tips Memilih Kipas Angin Yang Bagus Dan Sesuai Kebutuhan

Momod ads.id
Kipas angin merupakan salah satu peralatan listrik rumah tangga yang paling sering digunakan oleh kebanyakan orang pada umumnya, khususnya di daerah beriklim tropis seperti di Indonesia ini yang disaat kemarau cuacanya akan panas dan gerah. Jika dibandingkan dengan AC (Air Conditioner), kipas angin lebih baik dalam hal menghemat energi listrik dan hal ini sangat berbanding terbalik dengan AC yang selalu mengkonsumsi daya listrik yang besar, rata-rata penggunaan AC juga digunakan di perkantoran dan beberapa rumah tangga yang berkecukupan.

Oleh sebab itu juga, kipas angin kerap kali menjadi alternatif atau pilihan terbaik bagi masyarakat untuk menyejukkan ruangan tanpa mengkonsumsi energi listrik yang besar. Lalu, bagaimana dengan anda yang berencana ingin membeli kipas angin? Apakah kira-kira anda sudah mengerti model kipas angin yang cocok untuk ruangan anda?

Bukankah, seperti yang kita tahu bahwa terdapat banyak sekali pilihan model atau jenis kipas angin yang beredar di pasaran, Bagaimana jika anda salah dalam memilih? Tentunya hal itu akan membuat anda kecewa bukan karena kipas angin yang dibeli tersebut kurang sesuai dengan kebutuhan kita dan akibatnya penggunaannya pun menjadi kurang maksimal.

Untuk itu, disini saya akan memberikan sedikit informasi tentang tips atau cara memilih kipas angin yang sesuai dengan kebutuhan anda masing-masing, yang ulasannya tidak ada salahnya untuk anda simak dibawah ini.

Berikut Ini 7 Tips Memilih Kipas Angin Yang Bagus Dan Sesuai Dengan Kebutuhan Anda

1. Sesuaikan Model Kipas Angin Dengan Tempat Pemasangannya
Source images : www.bajajelectricals.com
Agar kipas angin yang ingin anda beli sesuai dengan kebutuhan, maka anda juga harus memperhatikan ruangan atau setidaknya tempat kipas angin tersebut akan dipasang. Misalnya apabila anda mau memasang kipas angin untuk ruangan yang luas maka pilihan yang tepat adalah kipas angin model langit-langit atau Ceiling Fan karena kipas angin ini memiliki jangkauan hembusan angin yang luas dan umumnya mampu menyejukkan ruangan yang luas. Namun apabila ruangan anda sempit dan terbatas untuk ditaruh barang-barang, maka pilihan terbaik adalah kipas angin model dinding atau Wall Fan, kipas angin model ini dapat anda pasang pada dinding ruangan sehingga tidak akan memakan banyak tempat untuk ruangan anda.

Sedangkan bagi anda yang membutuhkan kipas angin yang portabel atau dapat dipindahkan maka janganlah memilih jenis kipas angin yang diatas, untuk kipas angin yang bersifat portabel, model kipas angin yang diperlukan adalah kipas angin berdiri (Standing Fan), kipas angin duduk (Floor Fan) atau kipas angin model Air Cooler. Sebenarnya ada juga model kipas angin 3 in 1 yang multifungsi dapat dijadikan 3 jenis kipas angin sekaligus misalnya dapat dijadikan kipas angin duduk (Floor Fan), kipas angin berdiri (Standing Fan) atau kipas angin dinding (Wall Fan).

2. Pertimbangkan Fitur Yang Anda Butuhkan
Source images : www.ebay.com
Terhitung untuk saat ini kipas angin telah cukup baik untuk perkembangannya, hal ini terbukti dengan adanya produsen yang semakin hari semakin kreatif membuat inovasi baru pada kipas angin, sebut saja dengan penambahan fitur seperti kipas angin dengan remote control, fitur mati otomatis menggunakan sleep timer, penambahan variasi kecepatan, kipas angin 3 in 1 yang multifungsi dan masih banyak lagi.

Dengan bermunculannya fitur-fitur tambahan yang menarik tersebut tentunya akan menjadikan nilai tersendiri bagi kita para konsumennya, karena hal ini secara langsung akan menguntungkan bagi kita. Akan tetapi, perlu diperhatikan juga khususnya bagi anda yang berencana ingin membeli kipas angin baru, pastikanlah anda memilih kipas angin dengan fitur yang memang anda butuhkan, jangan sampai anda memilih fitur tersebut namun pada akhirnya anda jarang menggunakan atau bahkan tidak menggunakannya sama sekali.

3. Perhatikan Daya Listriknya

Disaat anda memilih kipas angin, jangan lupa untuk memeriksa daya listrik yang terpakai pada kipas angin tersebut, semakin besar nilai daya pada kipas angin umumnya angin yang dihasilkan relatif lebih kencang, namun untuk lebih memastikannya anda bisa mencoba menyalakannya terlebih dahulu sebelum membeli, hal ini untuk memastikan apakah angin yang di hasilkan oleh kipas angin yang ingin dibeli tersebut sudah sesuai dengan kebutuhan.

Memang dalam hal ini cara tersebut adalah yang terbaik untuk dilakukan karena setiap orang memiliki kebutuhan hembusan angin yang berbeda-beda.

4. Pilih Ukuran Kipas Angin Yang Sesuai Dengan Kebutuhan
Source images : www.fanshoppe.com
Selain daya, anda juga harus memperhatikan ukuran kipas angin. Tentu di pasaran sudah tersedia beberapa macam pilihan ukuran dari kecil hingga besar, tentunya beda ukuran kipas angin maka berbeda pula hasil angin yang mampu dihembuskannya nanti. Semakin besar ukuran kipas angin maka akan semakin besar dan luas jangkauan hembusan angin yang dihasilkan oleh kipas angin tersebut.

Maka bisa disimpulkan, bahwa disini anda harus memilih kipas angin yang ukurannya sesuai dengan kebutuhan anda masing-masing, yang perlu diingat adalah semakin besar ukuran kipas angin yang anda pilih, maka daya listrik yang terpakai juga akan semakin besar, begitu juga dengan harganya yang juga akan lebih mahal lagi jika dibandingkan dengan yang ukuran lebih kecil.

5. Harga

Bicara soal kualitas produk, maka akan sangat berhubungan erat dengan harga. Begitu juga dengan kipas angin, kebanyakan orang akan memilih harga produk yang terjangkau. Namun, tetap perlu anda ingat bahwa setiap produk ada harga maka ada kualitas, biasanya semakin mahal harga jual produk maka kualitasnya juga akan lebih terjamin.

Untuk memilih produk kipas angin, usahakan anda jangan sampai tergiur dengan harga jual yang murah jika menginginkan kipas angin yang berkualitas, bisa anda bandingkan harga produk dengan komponen kipas angin secara keseluruhan biasanya kipas angin yang mahal memiliki bobot yang lebih berat serta komponen atau suku cadang yang kokoh, namun berbeda dengan kipas angin yang harganya lebih murah rata-rata memiliki bobot yang ringan serta suku cadang yang agak ringkih.

6. Periksa Komponen Kipas Angin

Meski barang masih dalam kondisi baru, tidak ada salahnya sebelum membeli anda memeriksa komponen kipas anginnya terlebih dulu, tentu saja yang diperiksa disini bukannya harus melakukan pembongkaran keseluruhan bagian produk, namun hanya memeriksa secara fisik saja. Umumnya kipas angin yang berkualitas baik adalah yang ketika dihidupkan mampu bergerak tanpa membuat getaran yang berisik, dalam hal ini anda harus memeriksa komponen penyangga kipas angin tersebut apakah cukup kokoh, begitu juga dengan daun kipas angin atau baling-balingnya pastikan agak lebar dan lebih kaku supaya hasil angin yang dihasilkan lebih bagus.

7. Pastikan Anda Memilih Merk Kipas Angin Yang Ternama
Source images : murah.netpriceupdate.com
Hal lainnya yang perlu dipertimbangkan sebelum membeli kipas angin adalah memilih merk kipas angin yang ternama, tentu anda sudah tahu bahwa merk produk juga sangat menentukan dalam hal kualitas barang, merk yang terbaik biasanya akan memiliki penilaian yang baik pula dari pelanggannya dan dalam pasar merk tersebut juga akan lebih dikenal oleh banyak orang.

Jadi anda harus tahu terlebih dahulu merk kipas angin yang terbaik sebelum melakukan pembelian.

Artikel Terkait : Rekomendasi 7 Merk Kipas Angin Berkualitas, Awet Dan Tahan Lama

Mungkin cukup sekian dulu untuk artikel saya kali ini semoga bisa bermanfaat bagi anda yang berencana ingin membeli kipas angin baru.