Rabu, 19 Agustus 2020

#6 Tips Merawat Mobil Yang Benar Agar Awet

Momod ads.id
Setiap orang menginginkan mobil yang dimiliki selalu dalam keadaan prima dan awet, apalagi mobil tersebut baru saja dibelinya dari dealer mobil yang resmi.

Tentu saja hal yang berkaitan dengan perawatan mobil menjadi poin penting yang wajib diketahui oleh setiap pemilik agar mobilnya tetap awet dan nyaman selama digunakan.

Ya, selain dengan cara penggunaan mobil yang benar, perawatan rutin mutlak harus dilakukan per periode waktu tertentu.

Guncangan selama perjalanan, hingga perilaku berkendara yang cukup ekstrem terkadang sering memaksa performa mobil hingga melampaui batasnya.

Dengan melakukan perawatan secara rutin, akan meminimalisir kerusakan-kerusakan lanjutan yang lebih besar sehingga banyak memakan biaya perbaikan.

Nah, apa saja tips merawat mobil yang benar agar awet dan nyaman digunakan ? Berikut adalah #6 Tips cara merawat mobil yang benar agar awet yang sudah kami rangkum dari berbagai sumber.

Setiap orang menginginkan mobil yang dimiliki selalu dalam keadaan prima dan awet #6 Tips Merawat Mobil Yang Benar Agar Awet


#1. Service mobil pada bengkel resmi


Khusus untuk mobil baru, sebaiknya selalu berusaha untuk melakukan perawatan berkala di bengkel-bengkel resmi.

Selain karena jaminan garansi kendaraan dan garansi perbaikan, teknisi dan mekanik bengkel resmi umumnya sudah dilatih secara profesional dalam hal perawatan dan perbaikan kendaraan.

Meskipun begitu, bukan berarti bengkel non resmi berkualitas tidak baik. Banyak bengkel-bengkel non resmi yang juga memiliki mekanik terampil layaknya teknisi di bengkel resmi.

Namun, carilah bengkel yang memang benar-benar anda percaya.
Yang terpenting adalah jangan pernah menunda waktu service rutin yang harus dilakukan.


#2. Ganti secara berkala semua cairan yang ada di mobil


Setiap cairan yang ada di mobil seperti oli mesin, oli transmisi, cairan coolant radiator, minyak rem, minyak power steering wajib dilakukan penggantian secara berkala.

Untuk interval waktunya, sebaiknya tetap berpatokan pada buku petunjuk service manual kendaraan yang sesuai model kendaraan Anda.

Selain itu, pilih cairan yang memang sudah menjadi rekomendasi pabrikan untuk kendaraan tersebut. Hindari menggunakan cairan yang berbeda apalagi imitasi karena dampaknya akan merusak komponen mobil anda lebih cepat.


#3. Periksa kondisi aki mobil secara rutin


Aki mobil sangat berperan penting bagi kelistrikan mobil. Untuk menghidupkan lampu, starter mesin, hingga untuk menyalakan radio dan AC. Bahkan mobil bisa mogok karena akinya tekor dan soak.

Oleh karena itu lakukan tips dan cara merawat aki mobil yang benar seperti contohnya
  • Pemeriksaan ketinggian level Air aki
  • Kebersihan kepala terminal aki
  • Melepas kabel aki jika mobil tidak digunakan
  • dll


#4. Lakukan rotasi ban secara rutin


Ban yang kondisinya selalu terawat, menjadi pondasi agar mobil bisa melaju dengan sempurna. Ban memberikan keseimbangan dan pergerakan mobil yang halus kapanpun dibutuhkan.

Melakukan pemeriksaan dan rotasi ban secara berkala adalah hal penting yang wajib dilakukan.

Tujuannya jelas agar keausan yang terjadi pada semua ban mobil bisa merata, selain itu juga rotasi ban yang benar dan teratur juga akan menambah umur dari wheel alignment.


#5. Lakukan penggantian Karet wiper secara rutin


Pentingnya fungsi karet wiper akan anda rasakan terutama saat musim penghujan seperti saat ini.

Pandangan yang sangat terbatas, bisa memaksa anda untuk menghentikan laju kendaraan dan menunggu hingga hujan reda apabila karet wiper tidak berfungsi dengan baik.

Oleh karena itu, lakukanlah penggantian karet wiper minimal 6 bulan sekali agar pandangan anda ke jalan tidak terganggu. Terlebih bagi mobil yang sering parkir di tempat-tempat yang panas di bawah terik matahari.


#6. Cuci mobil secara berkala


Jangan pernah mengangap remeh perihal cuci mobil ini. Selain mobil jadi enak dipandang karena bersih, kotoran-kotoran yang terbawa air hujan dan menempel pada bodi kendaraan dalam waktu lama bisa mengakibatkan korosi dan karatan apabila tidak segera dibersihkan.

Usahakan untuk selalu mencuci mobil setelah melewati hujan atau lakukanlah pencucian bodi mobil secara berkala. Pasalnya akan lebih sulit lagi bagi Anda jika karat sudah menghinggapi sisi badan mobil.


 
close