Cara Mengetahui Daftar Siswa Penerima PIP SD Tahun 2018

Cara Mengetahui Daftar Siswa Penerima PIP SD Tahun 2018 - Komitmen pemerintah untuk menjamin pendidikan anak usia sekolah di seluruh negeri bukan isapan jempol belaka. Hal ini dibuktikan dengan digelontorkannya dana pendidikan untuk siswa dalam yang dikemal dalam Program Indonesia Pintar. Sebenarnya, program ini merupakan kelanjautan dari Bantuan Siswa Miskin (BSM) yang kemudian diubah nama dan sistemnya.

Para siswa penerima dana PIP dibuktikan dengan memiliki kartu PIP. Setiap siswa pemegang kartu PIP ini kemudian akan menerima bantuan pendidikan yang disalurkan via bank dan bisa diambil langsung via ATM ataupun via teller.

Baca Juga : Sudah Lama Mengajukan NUPTK, Tapi Belum Juga Terbit, Ini Penjelasannya

Ya, baru-baru ini sekolah juga dibuat kaget karena tiba-tiba dari pihak bank datang dengan menyerahkan buku rekening beserta kartu ATM nya dimana didalamnya berisi dana PIP untuk para siswa pemegang kartu KIP. Sehingga ada sebagian guru dan kepala sekolah yang bertanya-tanya pengiriman buku rekening dan ATM tersebut berdasarkan apa atau daftar siswanya mana.

Nah, bagi seorang operator sekolah harusnya ini tidak menjadi sesuatu yang mengherankan. Sebab, data tersebut diambil dari data siswa yang ada didapodik. Masih ingat kan, kalau para operator sekolah harus menginput nomor seri KIP/KPS/PKH yang dimiliki siswa pada isian data siswa dapodik? Nah itulah yang menjadi dasar penerbitan buku rekeing dan ATP dana PIP.

Lalu bagaimana cara mengetahui secara keseluruhan daftar penerima PIP? Hmmm.... mungkin tidak semua operator sekolah tahu ya??? Apalagi guru dan kepala sekolah. Hehehe....

Cara Mengetahui Daftar Penerima PIP Tahun 2018

Untuk mengetahui daftar penerima PIP tahun 2018, operator sekolah bisa mengunduhnya langsug dari situs PIPSD Kemdikbud. Ingat!!! Operator sekolah lho ya yang mengunduh, karena untuk mengunduh ini dibutuhkan username dan pasword yang dimiliki oleh para operator sekolah. Jadi, tidak bisa diunduh disembarang tempat. Caranya :
1. Silakan buka alamat http://pipsd.kemdikbud.go.id/manajemen/
2. Tampil seperti gambar dibawah ini, pilih tipe login Operator sekolah, kemudian masukkan username dan pasword dapodik anda, masukan juga NPSN sekolah anda dan klik Login

Baca Juga : Dapodik 2019 : Cara Instal, Solusi Masalah dan Cara Pengerjaan

3. Pada menu sebelah kiri, silkan klik Download Data, sehingga akan muncul data penerima PIP semua tahap seperti gambar di bawah ini.

4. Klik download, ya untu menguduh daftar penerima siswa dari setiap tahap silakan anda klik Download pada setiap tahapnya. Daftar penerima PIP akan terunduh dalam format Excel.

Nah itulah cara mengetahui daftar penerima PIP SD tahun 2018, sangat mudah tapi jarang tersentuh oleh operator sekolah. Gemana, apakan anda sudah mengunduh daftar penerima PIP di sekolah anda, kalau belum silakan unduh sekarang dan gunakan sebagai dasar kerja anda menuntaskan program PIP.