Contoh Soal Informatika Kelas XI semester 1 Beserta Jawaban Kurikulum 2013 (Essay)

Diposting pada
Contoh Soal Informatika Kelas XI semester 1 Beserta Jawaban Kurikulum 2013 (Essay) – Soal-soal essai informatika kelas 11 semester ganjil k13 edisi revisi postingan ini, berisikan materi soal yang sama dengan soal pg informatika bagian ke-1 dan bagian ke-2, yaitu soal tentang teknik informatika (Bab 1). Dengan materi soal mengenai merakit dan memprogram piranti sederhana sampai dengan soal informatika aplikasi tepat guna piranti sederhana embedded system.

Baca juga: Contoh Soal TIK Kelas XI Semester 1 dan Jawabannnya Essay

Berikut di bawah ini, soal informatika kelas xi semester ganjil dilengkapi kunci jawbannya dengan pertanyaan dimulai dari soal nomor 1.

1. Uraikan tentang perangkat yang memiliki real time performance!
Jawaban: Beberapa jenis memiliki real-time performance seperti keamanan dan kegunaan yang lainnya tidak memiliki kinerja persyaratan dengan memberi peluang sistem perangkat keras yang harus disederhanakan untuk mengurangi biaya

2. Jabarkan manfaat microcontroller dalam merakit jam digital!
Jawaban: Bagi yang tidak mau direpotkan mempelajari cara memprogram microcontroller, bisa merakit jam digital dengan microcontroller yang sudah diisikan instruksi (program) di dalamnya. Juga pada sebuah kit disertakan petunjuk cara memasang posisi komponen pada papan perakitan

3. Uraikan yang Anda ketahui tentang implementasi piranti sederhana (embedded system)!
Jawaban: Embedded system dapat berjalan karena adanya microcontroller di dalamnya, secara mendasar microcontroller akan dipasangkan ke barang-barang elektronik yang artinya di dalam barang-barang elektronik tersebut terdapat embedded system. Contoh yang paling dekat dengan kita adalah barang-barang elektronik yang berhubungan dengan kebutuhan rumah tangga misalnya kompor listrik, lemari pendingin, mesin cuci otomatis, telepon, televise, dan lain-lain. Tidak hanya itu saja, radio, kamera DSLR, pocket wifi juga memakai embedded system. Sesuai artinya “embedded” yang berarti “mencocokkan”, maka bagian yang dicocokkan meliputi peranti keras dan bagian mekanis lain. Hal ini berlawanan dengan sistem umum seperti yang kita kenal pada Personal Computer (PC) yang bisa menjalankan banyak perintah sekaligus tergantung pada pemrogramannya. Embedded system didedikasikan untuk perintah spesifik seperti rancangan desain untuk mengoptimasi mesin, pengurangan ukuran, dan biaya produk, atau meningkatkan performa kerja. Sesungguhnya produk masal dapat dikategorikan sebagai hasil dari embedded system. Misalnya MP3 player hingga peranti instalasi skala besar seperti lampu lalu lintas dan sistem pengontrol pembangkit listrik nuklir.

4. Jabarkan yang Anda ketahui tentang sistem embedded dikategorikan sebagai soft real time!
Jawaban: Soft real time adalah sistem yang tidak memerlukan deadline dan jika diberikan suatu perintah dari remote control maka akan mengalami delay selama beberapa mili detik untuk mejalankan perintah tersebut, misalnya DVD player. Delay ini tidak akan berakibat sesuatu yang serius. Sistem soft real-time memiliki lebih sedikit batasan waktu, dan tidak mendukung deadline dengan menggunakan batas akhir.

5. Sebutkan penggunaan sistem tertanam dapat ditemui pada peralatan sehari-hari!
Jawaban: Penggunaan sistem tertanam dapat ditemui pada peralatan-peralatan berikut.
a. Alat –alat elektromedis (medical electronic devices) semisal peralatan Ultrasonography (USG), detektor denyut  jantung dan alat pengukur gula darah elektronis, maupun alat pencitraan medis (medical imaging)
b. Elektronika konsumen (consumer electronics) seperti telepon genggam, peralatan global positioning system (GPS), pemutar MP3 (MP3 player), serta alat rumah tangga semisal microwave dan rice cooker.
c. Jaringan komputer (computer networks) seperti pada routers, switches dan wireless access points. Sistem tertanam menggunakan perangkat lunak firmware yang bersifat real-time (real-time operating system-RTOS). Berbagi jenis RTOS telah dikembangkan secara proprietary atupun open surce seperti integrity, Velocity, u-velOSity QNX, VxWorks dan eCos.
d. Peralatan Industri (industrial electronic devices) menjadi komponen penting untuk tugas-tugas produksi dan otomasi fabrikasi produk yang kompleks. Misalnya aplikasi pada programmable logic controller(PLC) dan sensor cerdas.

6. Pemasangan yang benar pada soket baterai cukup 3 Volt dalam jam digital LED!
Jawaban: tidak terhubung langsung ke semua rangkaian

7. Sebutkan komponen yang dibutuhkan untuk merakit jam digital!
Jawaban: Beberapa komponen yang dibutuhkan untuk merakit radio FM stereo adalah box, kit power OCL stereo, kit stereo tuner FM, kit tone control stereo, dan trafo 5 ampere CT

8. Jelaskan hubungan antara microcontroller dengan operasi ON/OFF!
Jawaban: Meski terlihat sederhana dalam menampilkan angka, namun di dalam microcontroller terjadi operasi ON/OFF setiap detiknya dan ribuan transistor bekerja didalamnya. Mengatur laju dan LED arah mana yang akan hidup/mati agar dapat berwujud angka seperti yang terlihat. Inilah sebenarnya prinsip dari komputerisasi

9. Arti mendasar dari kata ‘’embedded’’ secara harfiah?
Jawaban: mencocokkan

10. Jelaskan hubungan mendasar antara embedded system dengan microcontroller!
Jawaban: Terdapat hubungan mendasar antara embedded system dengan microcontroller. Microcontroler adalah sebuah komputer kecil di dalam satu sirkuit yang berisi inti prosesor, memori, dan input/output peripheral yang dapat deprogram, dan didesain khusus untuk embedded system. Microcontroller berukuran kecil dan murah, sangat berbeda dengan apa yang ada di komputer. Oleh karena menyesuaikan kebutuhan, maka microcontroller didesain untuk satu tujuan khusus bukan untuk melakukan pekerjaan-pekerjaan rumit seperti pada komputer. Embedded system tidak membutuhkan kapasitas data dan address bus yang terlalu besar karena microcontroller berukuran lebih kecil, dan harga harus terjangkau karena akan dipasangkan ke barang-barang elektronik yang harganya juga terjangkau.

Lanjut ke soal nomor 11-25 ==> Contoh Soal Informatika Kelas XI semester 1 Beserta Jawaban Kurikulum 2013 (Essay) Part-2