Sabtu, 08 Januari 2022

Apa Itu Bitcoin? Ketahui Pengertian, Kelebihan, dan Kekurangannya di Sini



Mayoritas dari kamu tentu kenal dengan apakah itu Bitcoin. Bitcoin adalah alat transaksi bisnis yang berbentuk mata uang baru atau uang electronic.

Mata uang digital ini telah populer di seluruh dunia, tidak kecuali di Indonesia. Telah banyak juga yang melakukan investasi dengan Bitcoin, bahkan juga dari kelompok angkatan milenial sekalinya.

Banyak yang berasumsi jika keuntungan dari Bitcoin benar-benar menarik karena kenaikan valuasinya benar-benar mengagumkan dari hari ke hari.

Lalu sebetulnya apa sich Bitcoin itu? Apa perlu melakukan investasi dengan Bitcoin? Berikut Glints akan menerangkan serba-serbinya padamu.

Apa Itu Bitcoin?

Saat sebelum mengambil langkah jauh ke ulasan, sebaiknya kita ketahui lebih dulu apakah itu Bitcoin.

Dikutip dari Investopedia, Bitcoin ialah mata uang digital yang dibikin di bulan Januari 2009 lalu oleh salah satunya figur anomim dan misteri namanya Satoshi Nakamoto.

Bitcoin sering dikelompokkan sebagai salah satunya cryptocurrency atau mata uang kripto.

Karena ini ialah mata uang digital, beberapa orang bisa memakainya untuk beli produk atau service.

Nanti, semua transaksi bisnis yang sudah dilakukan dengan Bitcoin akan terdaftar dalam blockchain yang memiliki sifat khalayak.

Namun, dikutip dari BBC, tidak seluruhnya toko bisa diperoleh dengan Bitcoin. Bahkan juga, ada banyak negarayang larang kedatangan mata uang ini.

Bitcon sendiri tidak memiliki wujud fisik, cuman digital saja.

Walau begitu, Bitcoin mempunyai reputasi yang tinggi dan nilainya condong naik dari hari ke hari. Hingga tidaklah aneh jika beberapa orang berminat untuk melakukan investasi dengan Bitcoin.

Bagaimana Langkah Kerja Bitcoin?

Dikutip dari Nerd Wallet, tiap Bitcoin diletakkan ke dompet digital di computer atau smartphone. Bitcoin sendiri bisa juga dikatakan sebagai BTC, yakni ringkasan dari Bitcoin.

Nach, untuk pahami langkah kerja dari Bitcoin, kamu harus pahami beberapa istilah berikut ini:

1. Blockchain

Tiap transaksi bisnis dari Bitcoin akan terdaftar dalam blockchain yang memiliki sifat khalayak.

Blockchain sendiri terbagi dalam block yang memuat transaksi bisnis, di mana masing-masing block sama-sama berkaitan lewat kriptografi hingga membuat jaringan.

2. Privat and public keys

Public keys diperlukan saat seorang akan mengirim Bitcoin ke seseorang.

Sebagai contoh, kamu ingin mengirim bitcoin ke temanmu, karena itu kamu harus ketahui public keys atau wallet address dari temanmu.

Alamat dompet umumnya berisi nomor sulit. Tetapi, kamu tak perlu mengingatnya karena akan ada di internet.

Sisi antiknya ialah seluruh orang bisa menyaksikan transaksi bisnis yang terjadi di Bitcoin tanpa ketahui identitas pemiliknya.

Lalu, saat temanmu ingin terima pemberian dari Bitcoin-mu dan ingin lakukan transaksi bisnis, temanmu dapat memakai privat keys, yakni rahasia kunci yang hanya temanmu yang ketahuinya.

3. Bitcoin miners

Bitcoin miners atau penambang sempat jadi hal yang terkenal sepanjang tahun-tahun ini.

Saat jalankan kerjanya, Bitcoin miners akan dibayarkan dengan memakai Bitcoin dari usaha mereka menambang mata uang digital itu.

Kelebihan Memakai Bitcoin

Bila dibanding mata uang kripto lain, Bitcoin memang mempunyai keunggulan tertentu, salah satunya ialah:

1. Likuiditas semakin besar

Sebagai mata uang kripto dengan margin yang berarti, Bitcoin mempunyai likuiditas yang semakin besar dibanding dengan mata uang kripto yang lain.

Ini memungkinkannya pemakai untuk menjaga nilai substansialnya saat mengkonversikan Bitcoin ke mata uang fiat.

Mata uang fiat ialah uang yang nilainya datang dari peraturan atau hukum pemerintahan.

Ini berlainan dengan mata uang kripto yang lain. Mayoritas dari mata uang itu tidak bisa diganti langsung dengan mata uang fiat. Bahkan juga, ada yang kehilangan nilai signifikan saat diganti.

2. Banyak yang terima sebagai sistem pembayaran

Dikutip dari Money Crasher, beberapa ratus online shop sudah terima Bitcoin sebagai sistem pembayaran. Ini pasti benar-benar memberikan keuntungan untuk pemakai Bitcoin saat lakukan transaksi bisnis.

3. Ongkos transaksi bisnis lebih rendah

Ongkos transaksi bisnis dari Bitcoin termasuk lebih rendah bila dibanding dengan sistem pembayaran digital yang lain seperti kartu credit atau PayPal.

Umumnya, ongkos transaksi bisnis dari Bitcoin tidak kurang 1 % dari nilainya. Ini berlainan dengan pembayaran digital yang lain yang keluarkan dana 2-3 %.

4. Transaksi bisnis internasional lebih gampang

Keuntungan yang lain saat memakai mata uang digital ini ialah transaksi bisnis internasional menjadi lebih gampang. Sama seperti yang telah diterangkan di atas, Bitcoin adalah mata uang kripto yang terkenal di dunia.

Dengan demikian, pemakainya bisa lakukan transaksi bisnis internasional secara mudah. Bahkan juga, dengan memakai Bitcoin tidak dibutuhkan birokrasi khusus.

Lakukan transaksi bisnis internasional dengan memakai Bitcoin condong sama dengan transaksi bisnis dalam negeri.

Kekurangan Memakai Bitcoin

1. Rawan penipuan

Dikutip dari Money Crasher, mata uang kripto yang terpopuler di bumi ini rawan pada penipuan. Telah banyak bencana penipuan yang menerpa pemakainya.

Karena memiliki bentuk digital, bahkan juga seringkali ada beberapa serangan dari hacker pada dompet Bitcoin pemakainya.

Dengan begitu, kamu harus waspada dalam memakai dan melindungi account Bitcoin-mu.

2. Tidak ada pengembalian uang

Salah satunya kekurangan dari Bitcoin ialah minimnya peraturan untuk pengembalian uang sama seperti yang dipunyai semua perusahaan kartu credit dan sistem pembayaran yang lain.

Ini pasti menyebabkan pemakai yang terkena penipuan saat lakukan transaksi bisnis dengan Bitcoin, tidak bisa ajukan pengembalian uang alias kembalikan.

Resiko ini harus dimengerti secara baik oleh pemakai saat akan memakai Bitcoin untuk alat transaksi bisnis.

Dikutip dari Money Crasher, beberapa mata uang kripto yang lain seperti Ripple telah mempunyai peraturan pengembalian uang meskipun belum prima.

Apa Perlu Melakukan investasi Bitcoin?

Tidak dapat disangkal, harga Bitcoin sempat memang alami peningkatan lumayan tinggi.

Dikutip dari Kontan, nilai dari Bitcoin semakin meningkat secara cepat, bahkan juga capai pucuk paling tinggi pada tahun akhir 2017, di mana valuasinya capai Rp 275 juta untuk 1 Bitcoin.

Dengan kondisi semacam itu, tidak dapat disangkal jika melakukan investasi Bitcoin cukup menarik, tidak kecuali untuk golongan milenial yang ingin melakukan investasi.

Ada banyak argumen investasi Bitcoin dipandang mempunyai kelebihan, salah satunya ialah:

1. Pasar mata uang kripto berkembang baik

Saat ini perdagangan mata uang kripto sudah dibarengi dan pemantauan kontrol peraturan oleh lembaga keuangan dan pemerintahan.

Dengan peraturan ketat itu, keamanan investasi bitcoin makin terjaga.

2. Harga capai titik konstan

Harga Bitcoin mulai capai titik konstan dan dipandang terus akan bertambah.

Selama ini, transaksi bisnis mata uang kripto dipakai untuk gantikan sistem transfer uang konservatif ke luar negeri.

Walau mempunyai beragam keuntungan, kamu harus pelajari beberapa kekurangan dari investasi Bitcoin.

Satu diantaranya ialah Bitcoin sebagai asset dengan kelompok resiko tinggi. Disamping itu, pasar perdagangan cryptocurrency juga masih naik-turun.

Dikutip dari CNBC, investor terkenal Warren Buffet bahkan juga dengan tegas memandang jika Bitcoin bukan investasi. Menurut dia, nilai Bitcoin cuman bertambah dengan dipasarkan dan dibeli.

Ini berlainan dengan instrument yang lain mempunyai nilai tertentu. Oleh karenanya, menurut dia Bitcoin ialah pertaruhan dan bukan investasi.

Dengan demikian, pikir lebih dulu apa investasi Bitcoin ialah hal yang pantas atau mungkin tidak.

Itu ia keterangan berkenaan serba-serbi Bitcoin. Mudah-mudahan kamu dapat pahami lebih terang apakah itu Bitcoin serta lebih arif dalam memakai mata uang digital yang ini.

Nach, kamu dapat lho memperoleh beberapa informasi menarik sekitar keuangan, investasi atau hal yang lain di Glints.

Triknya bagaimana? Kamu tinggal daftarkan diri dengan gratis ke newsletter website. Yok daftar saat ini !