Rabu, 30 Maret 2022

Apa Itu Bitcoin (BTC)?

 


BTC Data Harga Penawaran

Live Bitcoin harga ini hari ialah Rp 565,071,536 IDR dengan volume perdagangan 24 jam sejumlah Rp 359,221,536,563,234 IDR. Bitcoin naik 3.92 di dalam 24 jam paling akhir. Rangking CoinMarketCap sekarang ini ialah #1, dengan kap pasar sejumlah Rp 10,610,097,345,884,656 IDR. Terjadi peredaran supply sejumlah 18,776,556 BTC coin dan maks. supply 21,000,000 BTC coin.

Bursa paling atas untuk diperjualbelikan di Bitcoin sekarang ini ialah Binance, OKEx, Tokocrypto, Bybit, , dan. Anda bisa mendapati yang lain yang tercatat di.

Apa Itu Bitcoin (BTC)?

Bitcoin ialah mata uang kripto terdesentralisasi yang awalannya diterangkan dalam whitepaper (buku putih) oleh seorang, atau satu kelompok orang, yang memakai alias Satoshi Nakamoto. Bitcoin dikeluarkan tidak lama sesudahnya, pada Januari 2009.

Bitcoin ialah mata uang online rekanan ke rekanan, yang maknanya jika semua transaksi bisnis terjadi langsung di antara pastisipan jaringan yang sama dengan dan mandiri, tanpa perlu mediator untuk memberinya ijin atau memberikan fasilitas mereka. Bitcoin dibuat, menurut Nakamoto sendiri, buat memungkinkannya "pengangkutan pembayaran online langsung dari 1 faksi ke faksi lain tanpa lewat instansi keuangan".

Beberapa ide untuk tipe sama dari mata uang electronic terdesentralisasi menyusul BTC, tapi Bitcoin mempunyai kelebihan sebagai mata uang kripto pertama kali yang mulai dipakai secara aktual.

Siapa Penemu Bitcoin?

Penemu asli Bitcoin dikenali bernama rahasia, Satoshi Nakamoto. Di tahun 2020, identitas sebetulnya dari orang — atau organisasi — yang ada di balik nama alias tersebut mistis.

Di tanggal 31 Oktober 2008, Nakamoto mengeluarkan whitepaper Bitcoin, yang menerangkan dengan detil bagaimana mata uang online rekanan ke rekanan bisa diterapkan. Mereka menyarankan untuk memakai buku besar transaksi bisnis terdesentralisasi yang dibungkus dalam batch (disebutkan "block") dan ditangkap oleh algoritma kriptografi — semua mekanisme itu nanti disebutkan "blockchain."

Cuman 2 bulan selanjutnya, pada 3 Januari 2009, Nakamoto menambang block pertama di jaringan Bitcoin, yang dikenali sebagai genesis blok, hingga mengeluarkan mata uang kripto pertama di dunia.

Tetapi, walau Nakamoto ialah penemu asli Bitcoin, sekalian penulis implikasi pertama kalinya, sepanjang tahun satu kelompok besar orang sudah berperan untuk tingkatkan piranti lunak mata uang kripto dengan menambal liabilitas dan menambah feature baru.

Repositori code sumber Bitcoin di GitHub memberikan lebih dari 750 kontribusi, beberapa nama penting salah satunya ialah Wladimir J. van der Laan, Marco Falke, Pieter Wuille, Gavin Andresen, Jonas Schnelli, dan yang lain.

Apa yang Jadikan Bitcoin Unik?

Keuntungan paling unik Bitcoin datang dari bukti jika bahwa bitcoin ialah mata uang kripto pertama kali yang ada di pasar.

Bitcoin sudah sukses membuat komune global dan melahirkan industri baru dari juta-an fans yang membuat, melakukan investasi, memperdagangkan, dan memakai Bitcoin dan mata uang kripto yang lain di kehidupan setiap hari mereka. Munculnya mata uang kripto pertama ini sudah membuat dasar konseptual dan tehnologi yang lalu memberikan inspirasi peningkatan beberapa ribu project yang berkompetisi.

Keseluruhnya pasar mata uang kripto — sekarang berharga lebih dari $300 miliar — didasari pada ide yang direalisasikan dengan Bitcoin: uang yang bisa dikirimkan dan diterima oleh siapa, dimanapun di penjuru dunia tanpa tergantung pada mediator tepercaya, seperti bank dan perusahaan jasa keuangan.

Karena karakter kepeloporannya, BTC masih tetap menempati posisi teratas pasar yang aktif ini bahkan juga sesudah lebih satu dasawarsa keberadaannya. Bahkan juga sesudah Bitcoin kehilangan dominasinya yang tidak terpungkiri, Bitcoin masih jadi mata uang kripto paling besar, dengan kapitalisasi pasar yang berfluktuasi di antara $100 - $200 miliar di tahun 2020, mayoritas karena jumlahnya basis yang sediakan kasus pemakaian untuk BTC: dompet, bursa, service pembayaran, games online, dan banyak yang lain.

Halaman Berkaitan:

  • Cari data pasar dan blockchain untuk BTC? Datangi pelacak block kami.
  • Ingin beli Bitcoin? Pakai tutorial CoinMarketCap.
  • Berapakah Banyak Bitcoin yang Tersebar?

Supply keseluruhan Bitcoin terbatasi oleh piranti lunaknya dan tidak pernah melewati 21.000.000 coin. Coin baru dibikin sepanjang proses yang dikenali sebagai "penambangan": saat transaksi bisnis dilanjutkan ke semua jaringan, transaksi bisnis diambil oleh penambang dan dibuntel ke block, yang pada gilirannya diproteksi oleh hitung kriptografi yang kompleks.

Sebagai ganti rugi karena habiskan sumber daya komputasi mereka, penambang terima imbalan untuk tiap block yang sukses mereka tambah ke blockchain. Di saat penyeluncuran Bitcoin, imbalannya ialah 50 bitcoin per block: jumlah ini menyusut separuhnya dengan tiap 210.000 block baru yang ditambang — yang memerlukan waktu jaringan sekitaran 4 tahun. Di tahun 2020, imbalan block sudah dipisah dua sepanjang 3x dan terbagi dalam 6,25 bitcoin.

Bitcoin belum dibikin awalnya, maknanya tidak ada coin yang ditambang dan/atau dialokasikan antara beberapa penemu saat sebelum bitcoin ada untuk umum. Tetapi, sepanjang beberapa tahun awal kehadiran BTC, kompetisi antara penambang relatif rendah, memungkinkannya simpatisan jaringan paling dahulu mengumpulkan coin dalma skala besar lewat penambangan reguler: Satoshi Nakamoto sendiri dipercaya mempunyai lebih satu juta Bitcoin.

Bagaimana Jaringan Bitcoin Ditangkap?

Bitcoin diatasi dengan algoritma SHA-256, yang terhitung dalam barisan algoritma hashing SHA-2, yang dipakai oleh fork Bitcoin Kontan (BCH), dan beberapa mata uang kripto yang lain.

Di Mana Anda Bisa Beli Bitcoin (BTC)?

Bitcoin, dalam beberapa hal, nyaris sama dengan mata uang kripto, yang memiliki arti Anda bisa beli atau menjualnya hampir di tiap bursa kripto — bagus untuk uang fiat dan mata uang kripto yang lain. Beberapa pasar khusus tempat terdapatnya perdagangan BTC ialah:

  • Binance
  • Coinbase Pro
  • OKEx
  • Kraken
  • Huobi Global
  • Bitfinex

Bila Anda baru mengenali kripto, pakai tutorial gampang punya CoinMarketCap untuk beli Bitcoin.

Langkah Memakai Dompet Bitcoin

Selainnya dari 3 type dasar ini, dompet Bitcoin bisa memakai tehnologi kunci tunggal atau multisig. Mereka selanjutnya diperbedakan sebagai wujud penyimpanan "panas" atau "dingin": dompet panas tersambung ke internet, sedang dompet dingin seutuhnya offline.

Dompet Piranti Lunak

Dompet piranti lunak meliputi dompet situs, desktop, dan mobile.

Dompet Situs

Dompet situs memungkinkannya pemakai untuk berhubungan dengan blockchain BTC lewat antar-muka browser situs dan simpan kunci individu mereka dan "kredensial" lain di server online. Untuk argumen ini, dompet situs sebagai dompet panas.

Banyak dompet situs disokong oleh faksi ke-3 , seperti bursa mata uang kripto, yang memungkinkannya pemakai untuk simpan dan memperdagangkan mata uang kripto mereka dengan mulus pada satu antar-muka.

Mempersiapkan account pemakai di bursa mata uang kripto umumnya akan secara automatis hasilkan dompet BTC untuk pemakai — dan dalam beberapa kasus, rangkaian dompet tambahan untuk tiap mata uang kripto yang bisa diperjualbelikan di bursa.

Kelebihan dompet yang disokong bursa ialah kenyamanan, keringanan pemakaian, dan integratif mereka dengan manfaat perdagangan di bursa.

Mempersiapkan sebuah account ini serupa dengan account apa saja untuk service online, walau pemakai umumnya harus menuntaskan pengecekan Know Your Konsumen (KYC) dengan mengupload formulir analisis sah.

Tetapi, dompet situs yang disokong umumnya menunjukkan jika kunci dompet pemakai diatur oleh faksi ke-3 , membuat mereka rawan pada gempuran cyber — seperti peretasan bursa — atau penipuan.

Untuk argumen ini, penting untuk manfaatkan secara penuh semua piranti sekuriti yang disiapkan oleh bursa atau penyuplai dompet situs — terhitung autentikasi dua atau multi factor untuk masuk login, management akses penarikan, atau alat anti-phishing.

Untuk menangani kekuatiran atas pemakai yang perlu memberikan kendalian atas kunci mereka pada pihak ke-3 , beberapa dompet situs sudah berkembang jadi dompet multisig.

Dompet Multisig

Multisig ialah singkatan dari multisignature dan merujuk pada tipe tehnologi tanda-tangan digital yang memungkinkannya dua ataupun lebih pemakai untuk tanda-tangani transaksi bisnis secara digital.

Dompet Bitcoin standard — situs atau yang lain — memakai tehnologi satu kunci, yang memiliki arti jika satu kunci individu yang sama sesuai dibutuhkan untuk terhubung dana.

Dompet multisig, kebalikannya, dikonfigurasi untuk membutuhkan lebih satu faksi tepercaya untuk mengautentikasi transaksi bisnis atau untuk terhubung pemilikan dompet.

Multisig kurangi satu titik ketidakberhasilan yang berkaitan dengan 1 kunci. Multisig dapat menolong usaha untuk mengurus dompet perusahaan mereka atau dipakai untuk transaksi bisnis escrow.

Dompet Desktop

Dompet desktop berlainan dengan dompet situs karena tergantung pada piranti lunak yang didownload pemakai dan dioperasionalkan secara lokal di computer mereka. Dompet desktop memberikan pemakai kendalian penuh atas kunci mereka, yang diletakkan sebagai file wallet.dat.

Untuk argumen keamanan, dianjurkan membuat perlindungan akses dengan password ke file ini dan untuk pastikan computer kalian bebas dari virus atau malware saat sebelum memasang dan mempersiapkan dompet desktop.

Juga penting untuk menyimpan file wallet.dat atau mengekspor kunci atau seed frase yang sama sesuai, yang bakal dibutuhkan untuk ambil dana kalian bila alami permasalahan dengan computer kalian di periode kedepan.

Dompet Mobile

Dompet mobile, sama dengan namanya, dioperasionalkan memakai aplikasi handphone pintar dan bisa dikonfigurasi secara mudah untuk memberikan dukungan transaksi bisnis Bitcoin setiap hari memakai code QR. Beberapa dompet mobile ialah versus aplikasi dari account bursa online dan oleh karenanya berkaitan dengan login, dompet, dan account pemakai yang serupa.

Serupa dengan dompet situs dan desktop, pemakai dompet mobile perlu siaga pada resiko aplikasi beresiko atau infeksi malware, dan waspada untuk menyimpan kunci private atau seed frase bila mereka memakai dompet mobile yang memungkinkannya mereka mengurus kunci mereka sendiri.

Dompet Piranti Keras

Sama seperti yang sudah kita saksikan, dompet piranti lunak yang nyaman bisa jadi rawan pada resiko keamanan yang berkaitan dengan service online dan/atau penyuplai faksi ke-3 yang terkonsentrasi.

Untuk argumen ini, pemakai yang ingin simpan cryptocurrency mereka dengan aman untuk waktu lama (HODLer) kerap memakai dompet piranti keras — yang "dingin" karena tidak tersambung ke internet — sebagai alternative yang semakin aman.

Dompet piranti keras umumnya ialah piranti electronic fisik kecil yang memakai generator nomor random (RNG) untuk hasilkan kunci khalayak dan private yang sesuai dompet.

Dompet piranti keras kerap memungkinkannya pemakai atur code PIN keamanan membuat perlindungan akses ke piranti, dan frasa rekondisi — terkadang disebutkan mnemonic seed — untuk rekondisi.

Mnemonic seed ini umumnya berbentuk frasa rekondisi 24 kata yang berperan sebagai cadangan untuk kunci private dompet piranti keras.

Sementara dompet piranti keras sedikit susah dipakai dibanding rekanan piranti lunak mereka, mereka dipandang seperti langkah teraman untuk simpan pemilikan mata uang kripto, karena mereka tahan pada gempuran cyber dan malware computer. Banyak mode dompet piranti keras yang populer datang dengan aplikasi desktop yang mengikutinya, sediakan antar-muka yang gampang dipakai.

Beberapa dompet piranti keras dapat disambungkan ke bursa terdesentralisasi atau dompet situs, menolong pemakai menangani permasalahan aksesbilitas dan minimnya integratif dengan manfaat perdagangan.

Dompet Kertas

Dompet kertas ialah wujud lain dari penyimpanan dingin dan secara harfiah sebagai selembar kertas di mana alamat dompet Bitcoin dan kunci privatnya diciptakan, berbentuk code QR.

Walau aman pada resiko yang berkaitan dengan dompet panas, dompet kertas mempunyai kekurangan yang berarti. Selainnya kurang kuat secara fisik — pembaca bisa memakai khayalan mereka di sini — mereka batasi pemakai dari pengangkutan semua saldo dompet sekalian.

Agar bisa belanjakan cuma beberapa dari pemilikan dompet kertas, pemakai perlu mentransfer semua saldo mereka ke tipe dompet yang lain — situs, desktop, atau piranti keras — dan belanjakan beberapa dari saldo mereka disana.

Disamping itu, pemakai memikul resiko jika mereka berusaha untuk mentransfer cuma beberapa dari saldo dompet kertas mereka ke dompet lain, dana yang masih ada, secara bawaan, akan dikirimkan ke apa yang dikenali sebagai "alamat kembalian" pada prosedur Bitcoin. Mereka tidak masih tetap ada di dompet kertas asli — salah paham yang tempatkan pemakai pada resiko kehilangan dana mereka bila tidak pastikan jika mereka memutuskan dompet kertas yang baru untuk kembalian itu.

Langkah Membuat Alamat Bitcoin

Jadi: kalian sudah memilih untuk beli Bitcoin. Tetapi nantikan! Ada apakah semua percakapan ini mengenai alamat Bitcoin? Apa kalian perlu kunci private? Apa hubungan dompet Bitcoin dengan semuanya? Berikut tutorial khusus (dan simpel) kami untuk membikin alamat cryptocurrency.

Apa Itu Alamat Bitcoin?

Sama dengan alamat e-mail yang pastikan pesan kalian sampai pada orang yang pas, alamat Bitcoin penting untuk jamin kripto kalian melewati blockchain dengan aman.

Kunci khalayak ialah satu sisi kece dari code kriptografi yang memungkinkannya kalian mengirimi dan terima BTC — dan dalam beberapa kasus, ini tiba berbentuk code QR.

Untungnya, kalian tidak perlu gelar PhD dalam pengetahuan computer untuk memulai memakai jaringan Bitcoin. Mayoritas bursa dan dompet akan membikinkan alamat untuk kamu sesudah kalian beli beberapa Bitcoin.

Bagaimana Langkah Alamat Dibuat?

Hal yang paling mengerikan dari sebuah alamat baru ialah panjangnya — dimulai dari 26 sampai 35 watak alfanumerik. Sebuah alamat BTC diawali dengan "1," "3," atau "bc1."

Transaksi bisnis Bitcoin tidak bisa diurungkan atau dibalikkan, seperti transfer rekening bank, maknanya penting untuk mengecek ulangi sampai 3x lipat pola alamatnya saat sebelum dikirimkan.

Bila pembayaran Bitcoin dikirimkan ke dompet mata uang kripto yang keliru, kalian mungkin hadapi perjuangan berat untuk minta sang pemilik mengirim kembali dana itu ke kalian.

Di Mana Saya Bisa Simpan Alamat Bitcoin?

Jaga aman kunci private dan khalayak kalian penting — dan ada cara-cara kalian bisa membuat perlindungan Bitcoin dari beberapa orang yang punya niat jelek.

Bursa-bursa BTC : Basis seperti Coinbase dan Binance tawarkan pengalaman yang dekat seperti masuk ke account PayPal atau perbankan online. Dompet mobile ini ada di Android dan iOS, dan sediakan kisah transaksi bisnis yang komplet. Lebih bagus kembali, frasa kode dan autentikasi dua factor bisa menolong jaga keamanan account kalian.

Dompet Piranti Keras: Satu kekurangan dari dompet blockchain online ialah resiko jika BTC kalian bisa diculik bila diletakkan dalam apa yang disebutkan "dompet panas" yang tersambung ke internet. Dompet piranti keras maknanya coin kalian dienkripsi dan diletakkan di piranti fisik, offline, dan dalam penyimpanan dingin. Beberapa dari produk ini memberikan dukungan cryptocurrency lain, terhitung Ethereum.

Dompet Kertas: Bila kalian ingin betul-betul berpenampilan kuno, kalian bisa tuliskan alamat Bitcoin kalian di selembar kertas — atau mencetaknya. Pendekatan pada penyimpanan kunci private ini tidak berarti tanpa resiko. Bila kalian kehilangan dompet kertas, BTC kalian kemungkinan lenyap selama-lamanya.

Strategi Cepat untuk Jaga Cryptocurrency Aman

Bila kalian punyai $50.000, kalian tidak simpan semua di dompet kalian . Maka mengapa BTC kalian harus berlainan?

Memakai lebih satu alamat Bitcoin — maknanya cryptocurrency kalian tidak ada di satu tempat — menjadi cara yang pintar.

Dompet mobile baik untuk simpan sebagian kecil Bitcoin bila kalian sedang di luar dan lakukan pembelian ganjil, tapi memercayakan dompet piranti keras yang canggih dianjurkan untuk simpan dana dengan aman yang tak perlu kalian akses secara mudah sehari-harinya. Kami mempunyai tutorial singkat untuk jaga keamanan kripto kalian, lebih detil, di sini!

Langkah Mengirimi Bitcoin

Bitcoin (BTC) ialah mekanisme uang electronic peer-to-peer yang tidak membutuhkan mediator, memungkinkannya pemakai untuk berbisnis langsung lintasi batasan. Untuk mengirimi Bitcoin, pemakai harus berasa nyaman dengan infrastruktur dasar yang dibutuhkan untuk transaksi bisnis Bitcoin.

Dompet Bitcoin

Untuk mengirimi Bitcoin (BTC), pemakai membutuhkan dompet Bitcoin, alat untuk berhubungan dengan blockchain Bitcoin.

Walau umum untuk bicara secara metaforis mengenai dompet BTC yang "simpan" cryptocurrency pemakai, lebih tepat untuk pahami jika dompet Bitcoin dipakai untuk hasilkan info yang dibutuhkan untuk mengirimi dan terima cryptocurrency lewat transaksi bisnis blockchain.

Ada tiga tipe khusus dompet Bitcoin — piranti lunak, piranti keras, dan kertas — yang lain dalam peranan dan keamanannya. Bergantung pada apa dompet Bitcoin tersambung ke internet atau mungkin tidak, dompet ini digolongkan selanjutnya sebagai dompet "panas" atau "dingin".

Seorang pemakai kemungkinan ingin mengirimi Bitcoin ke pemakai lain sebagai wujud pembayaran atau perdagangan, atau mereka kemungkinan ingin mengirimi BTC antara dompet Bitcoin yang lain yang mereka pakai sendiri untuk beragam arah (untuk perdagangan mata uang kripto atau untuk HODLing).

Dompet apa saja bisa dipakai untuk mengirimi Bitcoin ke alamat dompet lain — piranti lunak, piranti keras, atau kertas — asal alamat itu secara eksklusif sebagai dompet Bitcoin dan bukan dompet yang direncanakan untuk mata uang kripto yang lain, misalkan. Ethereum (ETH), Bitcoin Kontan (BCH), atau XRP.

Mengirim Bitcoin: Beberapa Panduan Penting

Proses pengangkutan BTC tepatnya akan bervariatif sesuai tipe dompet dan penyuplai dompet yang kalian tentukan untuk pakai.

Dalam semua kasus, kalian perlu tentukan jumlah Bitcoin yang ingin kalian kirim, memakai antar-muka yang disiapkan — apa itu aplikasi mobile, aplikasi desktop, browser situs, atau ATM Bitcoin.

Kalian perlu ketahui atau mempunyai akses ke alamat dompet yang menerima, yang kalian masukan sebagai alamat arah untuk transfer.

Lihat jika satu pemakai bisa memakai dompet Bitcoin mereka untuk hasilkan beberapa alamat dompet baru, yang masing-masing terpasangkan dengan kunci private unik mereka. Kunci private ini masih tetap stabil dan harus dijaga kerahasiaannya, sedang alamat dompet yang berkaitan akan kelihatan secara khalayak oleh siapa saja di blockchain Bitcoin.

Untuk sederhanakan prosesnya, beberapa penyuplai dompet piranti lunak (dan kertas) memungkinkannya pemakai scan code QR untuk terhubung alamat yang menerima. Beberapa penyuplai dompet bahkan juga meluluskan pemakai untuk masukkan alamat e-mail yang berkaitan dengan alamat dompet yang menerima.

Bila code QR atau e-mail tidak disokong, kalian perlu mengecek dengan jeli watak alfanumerik yang terbagi dalam alamat Bitcoin yang menerima untuk pastikan infonya betul — sama seperti yang kalian kerjakan bila mengirimi ke rekening bank seseorang.

Lihat jika saat pemakai yang serupa mengirimi Bitcoin di antara dua dompet piranti lunak yang disokong pada bursa mata uang kripto — misalkan di antara dompet Bitcoin Coinbase dan Coinbase Pro mereka — peranan kirim Bitcoin kemungkinan dikatakan sebagai peranan deposit/terima Bitcoin.

Dalam soal pengangkutan BTC dari dompet piranti keras — misalkan Ledger Nano S — pemakai umumnya akan disuruh untuk memakai aplikasi desktop yang memungkinkannya mereka untuk berhubungan dengan piranti keras itu.

Satu faktor yang penting jadi perhatian saat mengirimi BTC ialah jika pemakai kadang bisa pilih berapa tinggi ongkos transaksi bisnis untuk transfer itu. Umumnya, makin rendah ongkos transaksi bisnis, makin lamanya waktu yang diperlukan untuk transaksi bisnis Bitcoin diverifikasi di blockchain Bitcoin.

Apa Itu Mempool?

Saat menyelidik langkah kerja transaksi bisnis Bitcoin, kalian kemungkinan mendapati istilah "mempool", yang disebut ringkasan dari "memory" dan "kelompok".

Mempool ialah catatan semua transaksi bisnis BTC yang belum divalidasi oleh penambang dan dipertambah ke block selanjutnya di blockchain. Mempool diletakkan sementara setiap node pribadi dalam jaringan, dan, secara metaforis, berperan sebagai seperti zone penyangga atau ruangan tunggu untuk transaksi bisnis Bitcoin yang terlambat.

Transaksi bisnis Mempool dibikin bersih secara periodik setiap block baru dipertambah ke blockchain. Transaksi bisnis terlambat yang menanti di mempool cuman akan dihapus (diolah) sesudah penuhi tingkat batasan ongkos transaksi bisnis minimal.

Transaksi bisnis dengan fokus lebih rendah — yakni dengan ongkos rendah — di mempool, karena itu kerap harus "menanti" lebih satu block sampai bisa diolah dan diverifikasi.

Langkah Menambang Bitcoin

Penambangan BTC sudah jadi lebih susah sepanjang tahun. Pada beberapa hari awalnya cryptocurrency, nyaris seluruh orang yang mempunyai netbook bisa menambang coin baru — terima hadiah 50 BTC saat mereka mengonfirmasi block transaksi bisnis baru dengan menuntaskan permasalahan matematika yang kompleks. ( Hadiah block ini kemungkinan cuma berharga $50 di saat itu, dan tidak ada yang mengetahui berapakah nilai mata uang digital ini pada akhirannya.)

Sekarang, hidup tidak segampang itu untuk penambang Bitcoin. Hadiah block sudah dikurangkan 1/2 tiap sekian tahun — jumlah Bitcoin yang masuk ke peredaran sudah menyusut jadi cuman 6,25 BTC per block. Meskipun begitu, transaksi bisnis Bitcoin masih perlu divalidasi, yang memiliki arti ongkos transaksi bisnis sudah jadi sumber penting penghasilan mereka.

Di sini, kami akan menerangkan langkah kerja penambangan Bitcoin, mengeksploitasi seberapa banyak daya komputasi yang dibutuhkan untuk jaga blockchain-nya masih tetap jalan dan menyaksikan beberapa mekanisme proof-of-work lain di mana piranti keras penambangan bisa dipakai secara baik.

Bagaimana Langkah Kerja Transaksi bisnis di Jaringan Bitcoin

Saat sebelum kita terbenam dalam tehnologinya yang berkaitan dengan produksi Bitcoin baru, silahkan kita cari info bagaimana block Bitcoin ditambang secara benar-benar simpel.

Sama seperti yang (mudah-mudahan) kalian kenali, blockchain ialah rumah untuk catatan transaksi bisnis penuh Bitcoin, semenjak block pertama ditambang di tahun 2009. Sepanjang tahun, rantaian block sudah dibikin, yang memiliki arti transaksi bisnis awalnya benar-benar susah untuk di-edit. Untuk ubah data transaksi bisnis, tiap block yang tiba sesudahnya perlu dihitung ulangi — dan itu akan makan jumlah data komputasi yang menggila.

Salah satunya faedah paling besar dari buku besar khalayak ialah bagaimana hal tersebut menolong menahan pengeluaran double — hentikan pemakaian Bitcoin yang serupa 2x pada saat yang sama. Uang kertas menahan pengeluaran double karena kalian secara fisik harus memberikan $50 saat sebelum kalian memperoleh satu video games, yang memiliki arti kalian tidak bisa ke toko samping dan memakai uang kertas yang serupa untuk memperoleh sepatu juga.

Bagaimana juga, kembali pada proses penambangan BTC. Sebuah block baru dibikin tiap 10 menit. Ini memiliki arti jika, sekitaran 6x pada sebuah jam, penambang Bitcoin turut serta dalam persaingan besar untuk terima hadiah block.

Penambangan memerlukan banyak daya komputasi, dan orang yang untung yang bisa memverifikasi block akan menuntaskan permasalahan matematika saat sebelum tersisa jaringan yang lain. (Ini ialah dasar keseluruhnya dari proof-of-work, karena tingginya jumlah kemampuan pemrosesan yang turut serta menolong menahan gempuran denial-of-service.)

Pecahkan teka-teki ini maknanya sebuah block baru tercipta, sama ukuran 1MB. Transaksi bisnis Bitcoin yang menanti untuk diverifikasi selanjutnya dihimpun dari mempool. Penambang Bitcoin peluang akan mengutamakan pemakai Bitcoin yang siap bayar ongkos tinggi dalam block transaksi bisnis mereka.

Block baru ini meliputi suatu hal yang dikenali sebagai "transaksi bisnis coinbase." Seperti inilah langkah penambang Bitcoin kumpulkan hadiah 6,25 BTC atas usaha mereka, dan ongkos transaksi bisnis dari tiap pembayaran yang terhitung dalam block mereka.

Wah. Banyak yang terjadi di dalam 10 menit. Saat ini kita mempunyai deskripsi kasar mengenai langkah kerja penambangan BTC, silahkan kita masuk ke seluk beluknya. Kalian kemungkinan ingin didampingi satu cangkir kopi pada bagian seterusnya ini.

Apa Itu Hash Rate?

Hash rate ialah acuan penting mengenai berapa sehat blockchain Bitcoin sekarang ini. Pendeknya, ini ialah deskripsi keseluruhnya mengenai seberapa banyak kemampuan pemrosesan yang berada di jaringan Bitcoin sekarang ini.

Singkat kata, hash rate memberitahu kita seberapa banyak daya komputasi yang siap diberikan oleh penambang Bitcoin untuk mengolah block transaksi bisnis. Makin tinggi tingkat daya hashing, makin aman blockchain itu.

Untuk pastikan jika penambangan cryptocurrency terjadi secara stabil, dengan block baru yang ada tiap 10 menit ataupun lebih, kesusahan penambangan pada blockchain disamakan dengan teratur — kurang lebih tiap dua minggu. Bila hash rate-nya ada pada tingkat tinggi, tapi permasalahan matematika yang dibutuhkan untuk memperoleh hadiah block terlampau gampang, BTC akan masuk ke peredaran terlampau cepat. (Penghitungan yang terlampau tinggi akan memunculkan permasalahan sama.)

Sisi seterusnya dalam tutorial cantik kami ini menyaksikan kit yang dibutuhkan untuk menambang Bitcoin dengan sukses.

Apa Itu Peralatan Penambangan Bitcoin?

Secara singkat, peralatan penambangan ialah formasi alat kelas tinggi yang sudah direncanakan khusus untuk cetak Bitcoin baru.

Unit pemrosesan hebat mempunyai tujuan untuk tawarkan hash rate dengan tinggi kemungkinan, karena ini memberikan penambang kesempatan semakin besar menjadi yang pertama pecahkan permasalahan matematika.

Beberapa perusahaan menghasilkan piranti keras penambangan Bitcoin, dan sebagai alternative, kalian dapat membuat sendiri. Ongkos listrik ialah pemikiran besar, karena bila tidak, ongkos konsumsi energi kalian bisa melewati hadiah block apa saja yang kalian terima.

Komponen khusus dalam peralatan penambangan Bitcoin ialah motherboard, kartu grafis yang handal (Nvidia dan AMD ialah dua penyuplai utama), catu daya yang kuat, jalan keluar pendinginan untuk menahan prasarana kalian dari panas berlebihan, processor yang handal, dan rangka kuat yang bakal jaga peralatan penambangan ini masih tetap utuh dan melindunginya dari debu.

Tipe Khusus Peralatan Penambangan

Silahkan kita mengulas beberapa peralatan penambangan umum di luaran sana. Tiap tipe piranti keras penambangan Bitcoin datang dengan kontra dan pro.

Penambangan ASIC. Ini ialah ringkasan dari application-specific integrated sirkuit. Piranti ini sudah dibikin dengan arah tunggal untuk menambang Bitcoin dan mata uang kripto lain. Piranti keras ini datang dalam bermacam-macam, dan beberapa kit lebih mahal dibanding lainnya. Mereka terutamanya benar-benar berguna karena langkah mereka memberinya tingkat daya komputasi yang mengagumkan sekalian meminimalisir ongkos listrik.

Penambangan Scrypt. Pendekatan penambangan ini benar-benar terkenal terutamanya di blockchain Litecoin. Ini direncanakan untuk berperan sebagai kenaikan pada algoritma hashing SHA-256. Lewat Scrypt, penambang perlu hasilkan angka random secepat-cepatnya dan menyimpan di lokasi RAM. Pendekatan ini terutamanya benar-benar ramah untuk penambang dengan GPU, dan bisa membuat lapangan bermain yang sama dengan karena kurangi keuntungan yang dipunyai penambang ASIC.

Penambangan GPU. Ini terlihat jadi pendekatan yang terpopuler antara kebun pertambangan. Di sini, kartu grafis dipakai untuk menambang data dari blockchain. Walau efisien, kartu grafis dapat benar-benar mahal — dan bisa dengan cepat jadi kedaluwarsa saat standard berbeda. Mereka perlu perawatan yang tinggi, yang memiliki arti jika pendinginan dan akses yang handal ke listrik ialah kuncinya.

Penambangan CPU. Dalam istilah pemula, ini mengikutsertakan penambangan kripto dari computer kalian. Ini ialah pendekatan yang simpel dan murah untuk dilaksanakan, tapi sayang, ini benar-benar tidak ringkas dalam soal menambang BTC. Sistem ini terbaik dipakai untuk altcoin — dan dalam beberapa kasus, kalian bisa mendapati piranti lunak penambangan yang bakal berjalan pada belakang monitor dan memakai daya komputasi cadangan untuk cetak kripto.

Alternative-nya:

Penambangan Bergabung dan Penambangan Cloud

Ada alternative dari boroskan uang kesemua perlengkapan berteknologi tinggi ini. Sama dengan namanya, penambangan bergabung mengikutsertakan penyatuan kemampuan komputasi kalian dengan lainnya — semuanya dengan keinginan tingkatkan kesempatan kalian akan mengonfirmasi block baru. Bila sukses, hadiah block selanjutnya dipisah antara seluruh orang dalam group.

Alternative lain ialah penambangan cloud. Dibanding memperoleh semua piranti keras penambangan Bitcoin kalian sendiri, disini kalian secara efisien membeli kemampuan pemrosesan dari kebun penambangan jarak jauh. Ini sesuai dengan jadi investor dalam operasi yang hebat, di mana kalian terima sisi dari tiap hasil yang didapat. Walau ada usaha syah yang jual kemampuan penambangan dengan langkah ini, kalian harus siaga pada penipuan. Dan walau perawatannya rendah pada pihak kalian, ingat-ingatlah jika kalian kemungkinan perlu masuk ke kontrak yang panjang dengan ongkos bulanan tinggi. Ini dapat usai makan keuntungan kalian — dan mungkin kalian akan tidak untung.

Haruskah Kalian Mengawali Penambangan Bitcoin?

Sayang, penambangan Bitcoin jauh dari gampang. Ini memakai jumlah listrik yang menggila. (Untuk tempatkan ini ke kerangka, blockchain menyantap 68,13 Terurust jam listrik tiap tahun — itu sama dengan Republik Ceko, sebuah negara dengan 10,tujuh juta orang. Satu transaksi bisnis sama dengan listrik yang umum dipakai rumah tangga AS di dalam 20 hari. Itu menurut riset oleh Digiconomist.)

Penambangan Bitcoin dapat memberikan keuntungan — khususnya di wilayah di mana listrik lumayan murah. Tingkat keuntungan ditetapkan oleh harga Bitcoin sekarang ini. Lakukan semua usaha ini kemungkinan tidak begitu sebanding bila BTC cuman berharga $4.000. Turut turut serta saat kesusahan menambang rendah memberinya kesempatan semakin besar untuk kamu memperoleh kripto yang manis dan lezat.

Ada Kesempatan Penambangan Altcoin Apa Saja?

Sudah pasti, kalian bisa memakai piranti keras penambangan kalian secara baik di blockchain yang lebih kecil. (Meskipun begitu, harus diingat jika blockchain Ethereum dengan bertahap hapus proses kesepakatan proof-of-work, dan ini memiliki arti jika ETH tidak kembali ditambang dalam beberapa waktu.)

Dogecoin ialah contoh altcoin yang memakai pendekatan Scrypt, maknanya ini tidak cocok dengan piranti keras penambangan Bitcoin SHA-256. Sayang, cryptocurrency "gurauan" ini sudah jadi melawan untuk ditambang memakai CPU, maknanya kalian kemungkinan perlu melakukan investasi ASIC. (Mungkin saja tidak ada beberapa ruangan untuk perkembangan harga di sini, ingat bagaimana DOGE diperjualbelikan pada harga sepersekian sen.)