Jumat, 11 Agustus 2017

Mengenal Pengertian 4 Dimensi dan Ciri-Cirinya

Pengertian 4 Dimensi - Apakah Anda pernah mendengar istilah USG 4 dimensi? Jika belum pernah apa yang terlintas di kepala Anda ketika mendengar istilah 4 dimensi? Apakah sesuatu yang disebut memanipulasi mata dimana obyek tersebut seakan-akan dapat disentuh oleh tangan kita? Pengertian 4 dimensi ini hampir serupa dengan pengertian 3 dimensi pada umumnya. Pada 4 dimensi yang memiliki sifat yang serupa dengan 3 dimensi seperti memiliki panjang, lebar serta tinggi, di bagian 4 dimensi ini memiliki sifat yang dapat ditembus oleh indra penglihatan kita. Dapat dikatakan 3 dimensi serupa tak sama dengan 4 dimensi.

Ciri-Ciri Dari 4 Dimensi

Pengertian 4 dimensi ini tentu saja akan sedikit membingungkan masyarakat awam yang terkadang kurang paham jika benda tertentu adalah benda 4 dimensi. Dalam hal ini adalah gelas yang berisi air dimana kita dapat melihat dengan jelas bagaimana panjang, lebar dan tinggi dari gelas serta volume air yang ada di gelas tersebut. Karena menganggap hal itu sangat wajar jadi terkadang kita tidak pernah menyadari jika apa yang ada di hadapan kita terkadang memiliki nama sendiri untuk menyebutnya. Koordinat untuk 4 dimensi ini adalah sebuah garis yang dapat menembus antara sumbu x, y serta sumbu z. 

Di dalam dunia medis, penggunaan 4 dimensi ini terus diperbaharui agar dapat mengidentifikasi dengan semakin jelas terhadap penyakit atau keluhan dari pasiennya. Biasanya pengertian 4 dimensi di dalam dunia medis ini akan lebih membantu dalam memberikan solusi untuk kesehatan seseorang. Seperti halnya penggunaan USG 4 dimensi dimana penggunaan USG 4 dimensi ini sangat membantu untuk mendapatkan objek dari calon anak yang akan terlihat perkembangannya dan biasanya akan terlihat lebih jelas daripada menggunakan USG 3 dimensi. 

Di dalam karya seni, pengertian 4 dimensi ini akan sedikit berbeda dengan kegunaan untuk bidang medis. Di dalam dunia seni, khususnya seni rupa ini akan menggunakan istilah 4 dimensi dalam sebuah karya yang menggunakan cara manipulasi panca indera agar gambar tersebut akan seolah-olah keluar dari suatu tempat. Dan menciptakan karya berbentuk 4 dimensi ini akan membutuhkan ketelitian agar dapat menghasilkan karya yang benar-benar mendekati aslinya dan penggunaan efek bayangan ini tentu juga menjadikan tantangan tersendiri untuk menciptakan karya 4 dimensi.

Namun jika sudah selesai tentu akan menjadikan suatu karya seni yang sangat menawan dan akan membius orang-orang akan mencoba bereksperimen sendiri dan memainkan imajinasi mereka agar dapat menembus gambar 4 dimensi tersebut. 

Pengertian 4 dimensi ini tentu jika dilihat dari berbagai bidang akan menghasilkan perbedaan tersendiri. Namun menggunakan sistem 4 dimensi ini juga tidak ada salahnya karena akan membuat masyarakat awam akan semakin tahu dengan penemuan baru tersebut. Bahkan untuk beberapa orang menggunakan sistem 4 dimensi juga akan memberikan sensasi tersendiri untuk memuaskan imajinasi mereka.