Jumat, 11 Agustus 2017

Pengertian E-Library Atau Perpustakaan Digital

Pengertian e-library atau perpustakaan digital merupakan perpustakaan yang sebagian besar koleksinya atau justru keseluruhan koleksinya berbentuk digital yang bisa diakses menggunakan komputer. Koleksi tersebut bisa dikelompokkan dalam berbagai jenis seperti buku, gambar, majalah, surat kabar, bahkan suara. Pengelompokan ini tentu saja akan memudahkan Anda ketika sedang mencari di perpustakaan digital atau e-library ini. 
Pengertian e-library ini akhirnya memunculkan banyak tujuan ketika dibuat yakni untuk melancarkan pengembangan sistem perpustakaan konvensional ke perpustakaan digital karena akan memudahkan pendataan. Pengembangan dalam informasi ini cenderung lebih hemat dan efisien jika menggunakan format digital. Ini juga akan memunculkan upaya kerjasama dalam berbagai bidang penelitian. Serta yang terpenting adalah memperbesar kesempatan belajar seumur hidup. Tujuan lain dari e-library adalah mempersingkat waktu karena dengan sistem database yang komputer miliki akan sangat minim kesalahan berbeda dengan tenaga manusia yang terkadang terkendala kesalahan.

Tujuan dan Unsur E-Library

Pengertian e-library merupakan hal yang baru dimana hal baru ini dapat mendukung sebuah kegiatan komunitas di dalam sekolah atau dalam dunia kependidikan dalam memudahkan mengakses informasi dimana ini bertujuan untuk meningkatkan mutu pendidikan. Itu sebabnya e-library ini biasanya digunakan untuk kalangan pendidikan agar memudahkan banyak orang untuk mendapatkan data-data dari berbagai sumber dan mampu menghemat waktu tanpa perlu membuka data konvensional. 

Belum lagi penggunaan e-library ini akan membantu dalam pengembangan teknologi untuk semakin memajukan kesejahteraan masyarakat di dalam hal ini adalah para siswa atau mahasiswa atau siapa saja yang berkecimpung di dunia pendidikan atau semua orang yang dapat mengakses e-library ini. Di dalam pengertian e-library ini memiliki lima unsur dalam definisi perpustakaan yaitu seperti tempat, dapat menjadi bahan pustaka, dapat disusun menurut sistem tertentu yang digunakan, mendorong minat baca masyarakat serta memiliki guna untuk meningkatkan mutu dalam bidang pendidikan. 

Dari lima unsur perpustakaan itu tentu dapat memudahkan masyarakat agar mau meluangkan waktunya untuk datang ke perpustakaan. Perpustakaan secara konvensional kadang juga akan memberikan tantangan tersendiri karena terkadang akan banyak menyita waktu ketika datang ke perpustakaan dan jika terkendala macet akan membuat Anda semakin malas datang ke perpustakaan. Itulah sebabnya kenapa perpustakaan digital ini kemudian dimunculkan. Memudahkan Anda untuk mengakses sumber informasi dari berbagai sumber tanpa perlu datang ke perpustakaan. 

Pengertian e-library adalah sebuah perpustakaan yang menyediakan kemudahan dalam mengakses bagi penggunanya yang didalamnya memiliki sumber daya staf ahli yang berkompeten di bidangnya. Belum lagi koleksi dalam e-library ini memiliki berbagai macam model informasi sehingga akan sangat membantu mendapatkan informasi bahkan untuk mereka yang terkendala jarak dan menggunakan sistem e-library ini akan memudahkan mereka karena dapat menggunakan jaringan internet dalam pengaplikasiannya.