Jumat, 11 Agustus 2017

Pengertian W.T.O dan Fungsinya

Pengertian W.T.O - World Trade Organization atau organisasi perdagangan dunia ini merupakan salah satu lembaga yang berada dibawah naungan PBB. Pengertian W.T.O sendiri adalah organisasi internasional yang mengawasi berbagai persetujuan yang memiliki definisi aturan perdagangan diantara negara-negara yang sudah menjadi anggota dari W.T.O ini. W.T.O ini sudah memiliki banyak anggota yang tergabung di dalamnya salah satunya adalah Indonesia.
Pengertian W.T.O yang dimana memiliki tujuan untuk mengawasi dan menjadikan organisasi internasional ini sebagai salah satu organisasi dunia yang memiliki pengaruh yang cukup tinggi pula untuk menjadikan perdagangan dunia ini lebih teratur karena salah satu tujuan dari W.T.O juga mengatur perdagangan dunia jika terjadi perselisihan antar negara anggotanya. Peranan W.T.O ini juga terkadang memiliki pro dan kontra karena jika sudah bergabung dengan W.T.O, maka kebijakan negara tentang perdagangan juga akan disesuaikan dengan aturan-aturan yang sudah disepakati ketika melakukan penandatanganan bergabung dengan W.T.O.

Fungsi-Fungsi W.T.O

Pengertian W.T.O ini tentu memiliki fungsi-fungsi serta peran yang sudah disepakati oleh para anggota dan pendiri dari organisasi internasional ini. Beberapa fungsi dan perannya tentu sudah ditentukan pada awal organisasi ini berdiri. Dimana peran dan fungsi ini terkadang masih menimbulkan pro dan kontra karena terkadang masih menguntungkan banyak negara yang dapat dikatakan memiliki prioritas yang cukup besar. Dan negara anggotanya masih mengikuti aturan lama yang dibuat oleh negara-negara yang berkuasa yang lebih dulu bergabung dengan World Trade Organization ini. 

World Trade Organization atau W.T.O ini memiliki beberapa fungsi seperti mendukung pengaturan, pelaksanaan serta penyelenggaraan persetujuan yang sudah dicapai untuk mewujudkan sasaran dari kerjasama tersebut. W.T.O sebagai tempat perundingan negara-negara anggota tentang perjanjian yang sudah dicapai, mengatur pelaksanaan perjanjian ketika mengalami perselisihan sengketa perdagangan dan yang terakhir adalah menciptakan kerangka kebijakan ekonomi global bersama dengan IMF dan World Bank. 

Pengertian W.T.O melalui fungsinya ini memang dapat dikatakan cukup jelas karena memiliki fungsi untuk mengatur kebijakan perdagangan dunia. Hal ini bertujuan untuk memajukan negara-negara yang berkembang dalam perdagangan agar menjadikan perekonomian di negara tersebut menjadi lebih baik dan lebih berkembang. Keuntungan ketika bergabung bersama W.T.O ini memang akan menjamin perekonomian negara-negara anggota. Tetapi kerugiannya adalah terkadang kebijakan suatu negara tidak bisa dibuat tanpa mempertimbangkan organisasi tersebut. 

Organisasi yang baik tentunya akan membuat kebijakan yang akan menguntungkan semua anggota tetapi terkadang dengan kemampuan negara yang berbeda-beda ini tentu saja akan menimbulkan masalah baru lagi. Apalagi jika perekonomian negara tertentu sedang terpuruk dan membutuhkan bantuan dari negara lain. Biasanya karena masih satu organisasi akan membantu negara yang sedang kesulitan ekonomi. Pengertian W.T.O ini tentu menjadikan organisasi ini diharapkan untuk mengayomi negara-negara anggotanya.