Pengertian Gerhana Bulan Dan Matahari - Gambar Dan Jenis

Pengertian Gerhana
Gerhana adalah tragedi tertutupnya sebuah objek disebabkan adanya benda/objek yang melintas di depannya. Kedua objek yang terlibat dalam gerhana ini mempunyai ukuran yang hampir sama kalau diamati dari Bumi. Contohnya gerhana Matahari dan gerhana Bulan.

Gerhana Matahari terjadi ketika posisi bulan terletak di antara Bumi & Matahari sehingga menutup sebagian atau seluruh cahaya Matahari. Meskipun Bulan berukuran lebih kecil, bayangan Bulan bisa melindungi cahaya Matahari sepenuhnya lantaran Bulan yang berjarak rata-rata jarak 384.400 kilometer dari Bumi lebih bersahabat dibandingkan Matahari yang mempunyai jarak rata-rata 149.680.000 kilometer.


  • Gerhana total terjadi kalau ketika puncak gerhana, bulatan Matahari ditutup seutuhnya oleh bulatan Bulan. Ketika itu, bulatan Bulan sama besar atau bahkan lebih besar dari bulatan Matahari. Ukuran bulatan Matahari & bulatan Bulan sendiri berubah-ubah tergantung pada masing-masing jarak Bumi-Bulan & Bumi-Matahari.
  • Gerhana sebagian terjadi kalau bulatan Bulan (saat puncak gerhana) hanya menutup sebagian dari bulatan Matahari. Pada gerhana ini, selalu ada kepingan dari bulatan Matahari yang tidak tertutup oleh piringan Bulan.
  • Gerhana cincin terjadi jika bulatan Bulan (saat puncak gerhana) hanya menghalangi sebagian dari bulatan Matahari. Gerhana jenis ini terjadi ketika ukuran bulatan Bulan lebih kecil dari bulatan Matahari. Sehingga ketika bulatan Bulan berada di depan bulatan Matahari, tidak seluruh bulatan Matahari akan tertutup oleh bulatan Bulan. Bagian bulatan Matahari yang tidak tertutup oleh bulatan Bulan, berada di sekeliling bulatan Bulan dan terlihat menyerupai cincin yang bercahaya.
  • Gerhana bibit unggul bergeser antara gerhana total dan cincin. Pada titik tertentu di permukaan bumi, gerhana ini muncul sebagai gerhana total, sedangkan pada titik-titik lain muncul sebagai gerhana cincin. Gerhana bibit unggul relatif jarang.

Gambar Gerhana Matahari


Gerhana Bulan
Gerhana bulan terjadi ketika sebagian/keseluruhan penampang bulan tertutup oleh bayangan bumi. Itu terjadi kalau bumi berada di antara matahari & bulan pada satu garis lurus yang sama, sehingga sinar Matahari tidak sanggup mencapai bulan alasannya ialah terhalangi oleh bumi.

Jenis Gerhana Bulan

  • Gerhana bulan total - Pada gerhana ini, bulan akan sempurna berada pada tempat umbra.
  • Gerhana bulan sebagian - Pada gerhana ini, tidak seluruh kepingan bulan terhalangi dari Matahari oleh bumi. Sedangkan sebagian permukaan bulan yang lain berada di tempat penumbra. Sehingga masih ada sebagian sinar Matahari yang hingga ke permukaan bulan.
  • Gerhana bulan penumbra - Pada gerhana ini, seluruh kepingan bulan berada di kepingan penumbra. Sehingga bulan masih sanggup terlihat dengan warna yang suram.
Sistem Ekonomi Indonesia
Gambar Gerhana Bulan