Array 1 Dimensi Dan Aray Multidimensi: Pengertian Dan Teladan Kasus Lengkap

Untuk pemula yang gres mengenal dunia pemrograman, aku yakin akan sedikit binngung memahami array ini, biar anda lebih gampang dalam memahami array maka terlebih dahulu anda harus sudah mengerti perihal variable dan juga tipedata variable, jikalau anda memahami kedua istilah tersebut maka anda akan lebih gampang untuk memahami array.

Array atau sanggup disebut sebagai larik ialah koleksi data atau kumpulan data yang mempunyai nama variable dan jenis tipe data yang sama dan mempunyai index, index tersebut dipakai untuk mengakses (baca/tulis) elemen atau isi array tersebut.



Jika anda sulit memahami array, sebagai ilustrasi array sanggup anda bayangkan sebagai sebuah lemari pakaian yang didalamnya berisi laci-laci, dimana setiap laci diberi label angka 1, 2, 3, 4, dan seterusnya.

Dari ilustrasi tersebut Lemari sanggup disebut sebagai nama variable array, pakaian ialah tipe data array (jenis isinya), Label disetiap kotak yaitu  1, 2, 3 dan seterusnya sanggup di disebut sebagai index array, sedangkan isi yang terdapat di dalam setiap kotak yang terdapat di lemari tersebut sanggup disebut sebagai elemen array


Kaprikornus ciri dari variable array adalah:
  • memiliki nama, 
  • memiliki index
  • memiliki tipe data dan
  • memiliki elemen

Kenapa harus memakai variable array?

Di dalam dunia pemrograman array sangat diperlukan sekali dengan tujuan untuk mempersingkat dan mempermudah proses penulisan instruksi agenda yang melibatkan berbagai variable yang mempunyai tipe data yang sama, dengan adanya array variable sanggup ditulis lebih sederhana jikalau dibandingkan tanpa memakai array.

Misalnya anda diminta untuk menciptakan sebuah agenda yang sanggup menghitung angka yang diinput oleh pengguna sebanyak 100 buah, jikalau tanpa memakai array, maka terpaksa kita harus menyediakan variable sebanyak 100 buah dengan nama variable berbeda untuk menampung input pengguna, sanggup dibayangkan bukan bagaimana repotnya kita menulis instruksi agenda untuk kasus tersebut.

Sedangkan jikalau memakai array, penulisan variable tersebut sanggup dibentuk lebih singkat dan mudah hanya cukup satu baris saja dengan satu nama variable dan tipe data yang sama yang mempunyai index sebanyak 100, sehingga penulisan agenda lebih sederhana dan lebih mudah.

Deklarasi Array dalam algoritma

Contoh deklarasia atau penulisan variable array di dalam algoritma ialah sebagai berikut:

1. Array satu dimensi

Pengertian Array 1 dimensi ialah sekelompok data yang mempunyai nama variable dan tipe data yang sama yang sanggup diakses memakai 1 buah index saja. 
var nama_variable: array[range_index] of tipe_data

Sebagai contoh, buatlah deklarasi array dengan nama  variable deret yang mempunyai kapasitas 10 dengan tipe data integer, deklarasi variable array untuk tumpuan diatas adalah:

var deret:array[10] of integer
Deklarasi diantas sanggup didefinisikan, menciptakan variable array dengan nama deret yang sanggup menampung angka dalam bentuk integer (bilangan bulat) sebanyak 10 buah.

Mengisi elemen array 1 dimensi
Menulis atau mengisi elemen array satu dimensi formatnya adalah:
nama_aray[index_array]<- nilai

Misal: mengisi variale array dengan nilai 10 pada index ke 1 untuk nama array deret, maka penulisanya ialah sebagai berikut:
deret[1]<-10
Dengan penulisan diatas, index ke 1 array deret akan berisi nilai 10.

Membaca Array satu dimensi
Untuk membaca elemen array 1 dimensi formatnya adalah:
nama_aray[index_aray]
Misal membaca elemen array yang terdapat di index ke 3 pada array dengan nama deret maka pemulisannya adalah:
deret[3]





2. Array 2 dimensi

Pengertian Array dua dimensi ialah kumpulan data yang mempunyai nama dan tipe data yang sama dimana elemennya sanggup diakses memakai 2 buah index, sanggup juga disebut sebagai index baris dan index kolom.


Array 2 dimensi sanggup di gambarkan sebagai table, yang mempunyai index baris dan index kolom, index tersebut dipakai untuk mengakses elemen aray 2 dimensi.

Format Deklarasi variable array dua dimensi di dalam algoritma ialah seabgai berikut:
var nama_variable:array[index_baris][index_kolom] of tipe_data
Contoh:
Deklarasikan variable array yang mempunyai index baris 10 dan index kolom 5 dengan nama data yang mempunyai tipedata integer atau bilangan bulat, sebagai berikut:
var data:array[10][5] of integer

Membaca variable array 2 dimensi

Sama halnya menyerupai membaca variable array 1 dimensi namun harus melibatkan index baris dan kolim, misalnya, baca array data index kolom 1 dan baris 2
data[2][1]

Mengisi menyimpan nilai pada variable array 2 dimensi
Menyimpan ke dalam array itu artinya menyimpan data ke dalam memori komputer untuk diproses.

Penyimpanan data pada array multi dimensi dengan sebuah nilai harus melibatkan index baris dan juga index kolomnya, sebagai tumpuan contohnya mengisi array data pada index baris 3 dan index kolom 4 dengan nilai 10, maka perintahnya adalah:
data[3][4]<-10

Contoh Kasus Pemecahan Program dalam algoritma memakai array

1. Buatlah sebuah algoritma untuk menjumlahkan 3 buah bilangan bundar yang diinput oleh pengguna memakai variable array.

Jawab:
agenda penjumlahan
var
angka:array[3]of integer
hasil:integer 

algoritma:
read(x[0],x[1],x[2])
hasil<-x[0]+x[1]+x[2]
write(hasil)
Bandingkan jikalau tidak memakai variable array:
agenda penjumlahan
var
angka1:integer
angka2:integer
angka3:integer
hasil:integer

algoritma:
read(angka1,angka2,angka3)
hasil<- angka1+angka2+angka3
write(hasil)

Tanpa array ternyata penulisan agenda lebih panjang, itu gres hanya 3 variable saja, sanggup dibayangkan jikalau variable yang dilibatkan ada 100 buah, tentu akan menyilitkan programmer dalam menulis program.

Kesimpulan:

Ada 2 pilihan saat memproses sebuah kasus di dalam bahasa pemrograman atau algoritma, jikalau melibatkan banyak variable dengan tipe data yang sama maka tolong-menolong sanggup memakai array atau sanggup juga tanpa memakai array, namun cara paling mudah tentu saja lebih baik memakai array biar agenda tidak terlalu panjang, tidak membebani programmer. sebab tersedianya konsep array untuk membantu programmer biar sanggup menyederhanakan penulisan program.