Sabtu, 07 Maret 2020

Paragraf Argumentatif: Pengertian, Ciri, Jenis Dan Referensi Paragraf Argumentatif

Momod ads.id
Untuk lebih memahami apa itu paragraf argumentasi, terlebih dahulu aku akan berikan citra mengenai apa itu argumentasi?, aku yakin anda niscaya sering kan mendengar istilah argumentasi, di kehidupan sehari hari, ibarat di sekolah, di tempat rapat kita mungkin pernah melihat orang berargumentasi menjelaskan pendapatnya yang dilengkapi dengan alasan dan ilham untuk meyakinkan lawan bicaranya, dan biasanya seseorang tarpancaning untuk berargumentasi jikalau alasan dan klarifikasi lawan bicaranya tidak sesuai dengan pendapatnya, sehingga beliau berusaha untuk meyakinkan lawan bicaranya biar oke dengan pendapatnya, ya kurang lebih ibarat itulah karakteristik dari paragraf argumentasi.


Materi wacana paragraf bahu-membahu pernah dipelajari di sekolah menengah pertama dan sekolah menengah umum untuk mata pelajaran bahasa indonesia, tapi mungkin saja anda belum paham secara detail atau mungkin lupa lagi, oleh lantaran itu di artikel kali ini aku akan coba jelaskan secara panjang lebar mengenai pengertian dari paragraf argumentasi, karakteristik, penggunaan kata penghubung dan contohnya sekaligus.

Pengertian Paragraf argumentatif

Sebelum menjelaskan pengertian dari  paragraf argumentasi, aku akan ulas sedikit apa itu paragraf, paragraf adalah kumpulan dari lebih dari satu kalimat yang mempunyai ilham pokok pikiran dan warta untuk mendukung isi karangan secara utuh.

Sedangkan pengertian dari paragraf argumentasi ialah suatu paragraf yang berisi suatu pemaparan menurut bukti, alasan serta suatu pola dari insiden kasatmata yang dimaksudkan untuk menghipnotis pembaca sehingga yakin dengan permasalahan tersebut.

Untuk menciptakan paragraf argumentasi bahu-membahu gampang jikalau sipenulis sudah paham dan sudah mempunyai banyak pengalaman dalam menciptakan karangan atau karya tulis, namun untuk anda yang masih mencar ilmu kemungkinan akan menemukan kesulitan saat diminta untuk menciptakan paragraf argumentasi, oleh lantaran itu untuk memudahkan menulis paragraf argumentasi salah satu caranya ialah anda harus paham definisinya dan anda harus tau ciri-cirinya. dengan begitu anda akan mempunyai petunjuk untuk menciptakan paragraf argumetasi.

Ciri-Ciri Paragraf Argumentasi

Agar anda bisa membedakan antara paragraf argumentasi dengan jenis paragraf lainnya ialah anda harus tau ciri-ciri atau karakteristik dari paragraf argumentasi itu sendiri, ciri-ciri dari paragraf argumentasi ialah sebagai berikut:
  1. Mengemukakan ilham atau pendapat dari penulisnya.
  2. Mengemukakan alasan yang didukung oleh data atau fakta yang diperoleh dari hasil wawancara, angket penelitian lapangan, penelitian kepustakaan dan observasi.
  3. Pendapat yang disampaikan harus logis.


Jenis-jenis paragraf argumentatif

Paragraf argumentatif dibagi menjadi beberapa jenis sebagai berikut:

1. Paragraf argumentatif rincian

Paragraf argumentatif rincian ialah paragraf yang berisi pendapat dan alasan penulis yang disertai beberapa rincian. 

Contoh paragraf argumentatif rincian adalah.
Penggalian pasir yang terjadi di area dataran tinggi yang terdapat di aliran hulu sungai seharusnya mendpatkan perhatian dari pemerintah, lantaran jikalau dibiarkan berlarut-larut akan terjadi kerusakan alam yang bisa mengakibatkan peristiwa yang sanggup merugikan masyarakat setempat. bukti musibah akhir penggalian pasir di area perbukitan terbukti sebagai penyebab musibah antara lain:
  • Banjir bandang, salah satu pola terbaru ialah banjir bandang di tempat garut yang teridentifikasi disebabkan oleh rusaknya area dataran tinggi di tempat hulu sungai cimanuk
  • Kerusakan alam, kerusakan alam yang terjadi ialah rusaknya lingkungan dan gundulnya hutan.
  • Pencemaran lingkungan, asap kendaraan proyek penggalian pasir dan pengolahan kerikil mengakibatkan penyakit ispa yang dialami oleh warga terdekat.
  • dll


2. Paragraf argumentatif contoh

Paragraf argumentasi pola ialah paragraf yang berisi pendapat dan alasan penulis yang disertai beberapa pola sebagai bukti bahwa pendapat penulis benar dan tidak sanggup disangkal lagi oleh pembaca.

Contoh dari Paragraf argumentatif contoh.

Facebook memang dibentuk khusus untuk media pertemanan secara online namun pada kenyatannya media umum yang satu ini tidak selamanya memperlihatkan efek positif, ini dibuktikan dengan adanya beberapa tindakan kriminal yang bersumber dari media umum ini contohnya, misalnya, penculikan, penipuan dan efek negatif lainnya yang berhasil diungkap oleh kepolisian, oleh lantaran itu bijak dan selalu berhati-hatilah saat memakai aplikasi ini.

3. Paragraf argumentatif sebab-akibat

Paragraf argumentatif sebab-akibat ialah paragraf yang dikembangkan dengan memberikan terlebih dahulu sebab-sebabnya dan diakhiri dengan pernyataan sebagai akhir dari lantaran tersebut

Misalkan paragraf argumentatif  tentang peristiwa banjir bandang di garut.

Penyebab:
Disebabkan oleh gunung dan perbukitan yang gundul, di tempat hulu sungai.

Akibat yang ditimbulkan
Banjir bandang, rumah rusak dan korban jiwa.

Contoh Paragraf argumentatif lantaran akibat:
Karena banyaknya perkebunan di area dataran tinggi perbukitan dan pegunungan di tempat hulu aliran sungai cimanuk, menciptakan gunung-gungun dan perbukitan gundul dan tidak bisa menyerap air dengan baik, sehingga hujan besar yang terjadi di tempat garut selama 5 jam menjadikan banjir bandang yang memporakporandakan rumah-rumah yang berdekatan dengan pinggiran sungai di 5 kecamatan yang memakan korban jiwa sebanyak 25 orang dan 16 lainnya hilang.

4. Paragraf argumentatif akhir sebab

Paragraf argumentatif akibat-sebab ialah paragraf yang dikembangkan dengan memberikan terlebih dahulu akibatnya, kemudian dicari penyebabnya.

Misalkan paragraf argumentatif wacana peristiwa banjir bandang garut

Akibat yang ditimbulkan
Banjir bandang, rumah rusak dan korban jiwa.

Penyebab:
Disebabkan oleh gunung dan perbukitan yang gundul, di tempat hulu sungai.

Contoh Pragraf argumentatif akhir sebab:

Setelah hujan tak henti-hentinya selama 5 jam di tempat garut, mengakibatkan banjir bandang yang porakporandakan rumah-rumah yang berdekatan dengan aliran sungai cimanuk di 5 kecamatan dan juga menimbulkan korban jiwa, peristiwa ini terjadi akhir banyaknya area perbukitan dan dataran tinggi di hulu dijadikan perkebunan dan penambangan pasir sehingga peresapan air kurang.

Kesimpulan

Dengan mengetahui ciri-ciri dan jenis dari paragraf argumentatif dibutuhkan anda bisa untuk menciptakan sendiri paragraf argumentatif, walaupun awalnya memang akan merasa kesulitan, dengan membaca banyak pola dan mencobanya aku yakin anda akan gampang membuatnya. 

Inti utama untuk menciptakan pragraf argumentasi ialah harus mengemukaan ide, gagasan atau pendapat yang disertai dengan bukti-bukti dan fakta.




 
close