Teks Berita: (Pengertian, Struktur, Pola, Kaidah, Ciri, Penjabaran Dan Teladan Teks Berita)

Teks info dipelajadi di kelas XII SMU/SMK dengan kurikulum 2013 di mata pelajaran bahasa indonesia, dengan mempelajari teks info siswa diperlukan bisa memahami dan menginterpretasi teks info baik secara verbal maupun tulisan.

Oh ya. di periode informasi ketika ini teks info tentunya bukanlah suatu hal yang asing, bahkan tks info sering kita dengar dan sering kita baca, contohnya ketika kita menonton info di televisi, secara tidak pribadi kita telah mendengar dan menyaksikan bagaimana info dibacakan dan bagaimana isi info yang disampaikan, begitu juga ketika kita membaca info di surat kabar menyerupai koran, secara tidak pribadi kita sudah membaca teks info bagaimana teks info tersebut disampaikan.

Teks info tidak dibentuk sembarangan namun penuh dengan unsur-unsur info yang menciptakan daya tarik kepada masyarakat, sehingga sanggup mempengaruhi masyarakat umum secara tidak langsung, pembuatan teks info ada hukum khusus yang harus diikuti alasannya teks info berbeda dengan teks non-berita kebanyakan.

 dengan mempelajari teks info siswa diperlukan bisa memahami dan menginterpretasi teks inf Teks Berita: (Pengertian, Struktur, Pola, Kaidah, Ciri, Penjabaran Dan Teladan Teks Berita)


Untuk mengetahui teks info secara lebih lengkap, di artikel kali ini saya akan sajikan mengenai pengertian, struktur, ciri, kaidah kebahasaan yang sering dipakai di dalam teks berita, sehingga anda akan lebih gampang memahaminya dan menciptakan teks info dengan baik dan benar.

Pengertian Teks Berita

Teks berita yaitu jenis teks narasi yang melaporkan kejadian, insiden atau informasi mengenai sesuatu yang telah atau sedang terjadi.

Sedangkan pengertian info berdasarkan KBBI – be·ri·ta n 1 cerita atau keterangan mengenai insiden atau insiden yg hangat; kabar: semalam ia mendengar -- bahwa kampungnya dilanda banjir; 2 laporan: ia bertugas menciptakan -- harian; 3 pemberitahuan; pengumuman: -- redaksi; 2

Ciri-ciri Teks Berita

Untuk mengenali jenis teks bahwa teks tersebut merupakan sebuah teks info maka kita harus mengetahui ciri-ciri dari teks info itu sendiri, ciri-ciri teks info ini selalu dilibatkan sebagai unsur pembuatan teks berita. jadi kalau anda ingin menciptakan sebuah teks info jangan lupa untuk melibatkan ciri-ciri teks berita.

Ciri-ciri dari teks info mencakup faktual, aktual, unik dan menarik, besar lengan berkuasa bagi masyarakat luas, melibatkan waktu dan kronologi kejadian, objektif dan memakai bahasa baku, untuk lebih jelasnya yaitu sebagai berikut:

1. Faktual 
Faktual yaitu suatu insiden yang bersifat nyata, benar-benar terjadi dan tidak terikat oleh waktu, baik insiden itu terjadi ketika ini, atau di masa lalu.

Dalam teks info harus engandung unsur terkini, terbaru, terhangat, gres saja atau sedang terjadi. Pengertian terbaru, bisa merupakan fakta terbaru yang ditemukan dari suatu insiden lama, atau insiden yang gres saja terjadi


2. Aktual 
Aktual yaitu suatu insiden yang bersifat nyata dan benar-benar terjadi dan sedang hangat-hangatnya menjadi pembicaraan orang banyak, bersifat ke kinian atau baru.

3. Unik atau menarik 
Teks info harus unik atau berbeda penyampaiannya dengan yang lain dan dikemas dengan kata-kata yang menarik yang sanggup menarik perhatian pendengar atau pembacanya.

Unsur menarik maksudany yaitu info harus menjadikan rasa ingin tahu, dan ketertarikan dari masyarakat untuk menyimak isi info tersebut. Peristiwa yang menarik dan diminati oleh masyarakat biasanya bersifat menghibur, aneh, mempunyai unsur kedekatan, mengandung nilai kemanusiaan, mengandung unsur seks, kriminalitas dan konflik

4. Berpengaruh bagi masyarakat luas
Teks info harus menunjukkan imbas terhadap masyarakat sebagai pendengar

5. Terdapat waktu dan daerah kronologi kejadian
Teks info biasanya selalu dilengakapi dengan runtutan waktu kapan terjadi dan juga kronologi insiden atau bagaimana insiden yang menjadi info terjadi.

6. Objektif
Objektif yaitu bahwa info yang disampaikan benar-benar info bahwasanya tanpa dipengaruhi oleh pandangan atau opini pribadi.

7. Bahasa baku, sederhana, dan komunikatif
Bahasa yang dipakai di dalam teks info pada umumnya memakai bahasa baku sederhana dan komunikatif. Bahasa baku yaitu ragam bahasa yang cara pengucapan dan penulisannya sesuai dengan kaidah-kaidah standar. Kaidah standar sanggup berupa pedoman ejaan (EYD), tata bahasa baku, dan kamus umum.

Struktur teks info (Piramida terbalik)

Struktur teks berita yaitu susunan mengenai cara teks tersebut dibangun. Struktur teks info yaitu sebagai berikut: 

a. Orientasi Berita, 
Orientasi info berisi mengenai pembuka dari suatu insiden yang diberitakan. Biasanya terdapat klarifikasi singkat mengenai info tersebut. 

b. Peristiwa, 
Peristiwa berisi mengenai jalannya insiden dari awal hingga tamat yang didasari pada insiden yang terjadi dan dijelaskan berdasarkan fakta dari lapangan. 

c. Sumber Berita
Berisi mengenai sumber didapatnya info tersebut. Biasanya info yang ditambahkan sumber dituliskan pada media cetak menyerupai koran, tapi tidak jarang media elektronik juga menyertakan sumber info terutama di Internet

Pola penulisan Berita (Piramida terbalik)

Piramida terbalik yaitu salah satu konsep, formula atau struktur penulisan info atau sebuah contoh baku yang sering dipakai oleh para wartawan untuk menyusun sebuah teks berita. 

Penggunaan metode piramida terbalik berkaitan dengan space atau ruang dalam halaman yang disediakan untuk memuat berita. Ketika info itu terlalu panjang dan tidak cukup untuk dimuat di halaman yang disediakan, maka editor bisa membuang bab info itu mulai dari paling bawah atau derajat informasi pentingnya yang paling rendah yang biasanya diletakan di bab bawah atau tamat berita.

Struktur teks info piramida terbalik bisa dilihat pada gambar di bawah ini:
 dengan mempelajari teks info siswa diperlukan bisa memahami dan menginterpretasi teks inf Teks Berita: (Pengertian, Struktur, Pola, Kaidah, Ciri, Penjabaran Dan Teladan Teks Berita)

1. Lead / Prioritas Utama Penting

Bagian paling ata yaitu Lead atau kepala info merupakan puncaknya. Pada urutan paling puncak yang menempati derajat prioritas utama pentingnya informasi ini, wartawan harus menuliskan informasi utama. Setidaknya, pada bab ini wartawan harus menjawab sebagian besar unsur 5 W + 1 H. Kenapa begitu? Jika pemotongan info yang dilakukan editor alasannya keterbatasan halaman, info ini masih mempunyai arti dan layak sebagai sebuah berita.

2. Neck / Sangat Penting

Bagian kedua dari atas yaitu Neck atau leher berita bagian ini yaitu urutan yang sangat penting. Bagian ini disebut neck atau leher alasannya umumnya merupakan peralihan alur atau penyambung alur wangsit info yang ada pada bab lead atau kepala info untuk dilanjutkan pada gagasan-gagasan yang tertuang pada bab berikutnya yang menempati derajat prioritas lebih rendah.

3. Body / Penting
Berikutnya yaitu bab body, umumnya merupakan pembagian terstruktur mengenai dari gagasan info yang termaktub dalam lead dan neck. Penjabaran itu bisa merupakan balasan why (mengapa) dan how).

4. Body Lanjutan / Kurang Penting
dan yang terakhir yaitu bab body lanjutan, bab ini mencantumkan banyak sekali data yang tidak terlalu penting ditempatkan. Misalnya daftar nama orang-orang yang mengalami kecelakaan atau hal-hal lain yang kalau dihilangkan oleh editor tidak terlalu besar lengan berkuasa terhadap substansi atau pokok bahasan info tersebut.


Kaidah kebahasaan teks berita

Sedangkan kaidah kebahasaan yang dipakai dalam teks info yaitu sebagai berikut:

1. Verba transitif 
Verba transitif merupakan verba yang sanggup diubah ke bentuk pasif. 

Contoh : Pejabat Kementerian Luar Negeri Tiongkok menuduh kapal-kapal asal Vietnam telah lebih dari 1.400 kali menabrak kapal-kapal Tiongkok di erat lokasi anjungan pengeboran minyak yang kontroversial di Laut Tiongkok Selatan. 

2. Verba pewarta
Verba pewarta yaitu verba yang mengindikasikan suatu percakapan. 

Contoh: Dalam tayangan televisi di Iran, Wakil Menteri Luar Negeri Iran Abbas Araqchi menyampaikan bahwa pertemuan di Geneva, Swiss, itu juga membahas hukuman yang telah merusak ekonomi negara yang sangat bergantung pada minyak tersebut. 

3. Adverbia atau kata keterangan 
Adveria yaitu kelas kata yang menunjukkan keterangan kepada kata lain. 

4. Konjungsi temporal 
Konjungsi temporal yaitu kata hubung yang berafiliasi dengan waktu. 

Contoh : kemudian, setelah, akhirnya. 

5. Kalimat langsung 
Kalimat langsung yaitu sebuah kalimat yang merupakan hasil kutipan pribadi dari pembicaraan seseorang yang sama persis menyerupai apa yang dikatakannya. 

6. Kalimat tidak langsung 
Kalimat tidak pribadi yaitu kalimat yang melaporkan atau memberitahukan perkataan orang lain dalam bentuk kalimat berita. 

7. Bahasa yang digunakan: 
  • Baku dan sederhana 
  • Menarik 
  • Singkat, padat dan lugas 
  • Komunikatif 
  • Netral atau objektif

Perbedaan Teks berida dan teks non berita

Teks info dari susunan dan strukturnya sangat berbeda dengan teks non berita, untuk mengetahui lebih terang mengenai perbedaan teks info dan teks non-berita yaitu sebagai berikut:

Teks Berita 

  • Faktual dan aktual 
  • Dibuat oleh wartawan 
  • Susunan piramida terbalik (menjelaskan hal pokok di awal) 
  • Bahasa komunikatif 
  • Tidak mencantumkan opini pribadi

Teks Non-Berita

  • Faktual 
  • Dibuat oleh hebat dalam bidangnya 
  • Induktif (hal pokok di akhir) 
  • Bahasa sesuai jenis teks
  • Mencantumkan opini pribadi

Unsur Peristiwa dalam teks berita

Teks info selelu melibatkan waktu dan kronologi insiden atau peristiwa, unsur insiden yang dipakai dalam teks info dikenal dengan 5H sebagai berkut:

1)What Suatu info dikatakan baik kalau memenuhi unsur what, yaitu berisi pernyataan yang sanggup menjawab pertanyaan apa. 

2) Who Suatu info dikatakan baik kalau memenuhi unsur who, yaitu disertai keterangan wacana orang-orang yang terlibat dalam peristiwa. 

3) When Suatu info dikatakan baik kalau memenuhi unsur when, yaitu menyebutkan waktu insiden peristiwa. 10

4) Where Suatu info dikatakan baik kalau memenuhi unsur where, yaitu berisi deskripsi lengkap wacana daerah kejadian. 

5) Why Suatu info dikatakan baik kalau memenuhi unsur why, yaitu disertai alasan atau latar belakang terjadinya peristiwa. 6) How Suatu info dikatakan baik kalau memenuhi unsur how, yaitu sanggup dijelaskan proses insiden suatu insiden dan akhir yang ditimbulkan.

Teknik Membacakan Berita

Teks info harus didukung oleh penyampaian atau cara membacakan info yang sanggup mendukung unsur-unsur daya tarik info tersebut, Teknik membacakan info yaitu sebagai berikut:

1. Lafal 
Lafal yaitu suatu cara seseorang atau sekelompok orang dalam mengucapkan bunyi bahasa. Bunyi bahasa Indonesia mencakup Vokal, konsonan, diftone, adonan konsonan. 

2. Tekanan/Nada 
Tekanan atau nada yaitu tinggi rendahnya pengucapan suatu kata. Dalam hal ini nada berfungsi untuk member tekanan khusus pada kata-kata tertentu 

3. Intonasi 
Intonasi adalah naik turunnya lagu kalimat. Intonasi berfungsi sebagai pembentuk makna kalimat 

4. Jeda 
  • Jeda yaitu perhentian lagu kalimat. Jeda terbagi ke dalam 3 jenis yaitu : 
  • Jeda panjang ( . ) titik 
  • Jeda sedang ( , ) koma 
  • Jeda pendek ( _ ) spasi 

5. Volume 
Volume suara yaitu dosis perlahan atau kerasnya bunyi yang dikeluarkan 6. Tempo Tempo yaitu lambat atau cepatnya pembacaan sebuah berita

Contoh teks berita

Selamat pagi pendengar,/ “Dunia Pagi Ini” BBC Siaran Indonesia, Sabtu 22 September 2017, masih bersama saya Ashari Usman dan Muhammad Susilo dengan ringkasan berita. Chile mengekstradisi mantan Presiden Peru, Alberto Fujimori yang dituduh melaksanakan korupsi dan melaksanakan pelanggaran hak asasi manusia. Bocoran sebuah laporan mengecam keras besarnya korupsi di dalam pemerintahan Irak. Dan perusahaan mainan anak-anak, Mattel, meminta maaf kepada China sehubungan dengan penarikan jutaan boneka buatan negara itu beberapa waktu lalu. Inilah info dan laporan selengkapnya dari BBC Siaran Indonesia.