Jumat, 06 Maret 2020

Pengertian Lan, Wan, Man, Internet, Bandwith, Data Dan Paket

Mata pelajaran yang mempelajari jaringan komputer bahwasanya banyak dipelajari di Sekolah Menengah kejuruan jurusan Teknik komputer jaringan (TKJ), hampir semua hal yang berkaitan dengan jaringan baik perangkat keras jaringan, administrasi, konfigurasi hingga perangkat keras jaringan dipelajari secara detail.

Sebenarnya Ada banyak sekali istilah yang berkaitan dengan jaringan komputer, namun dari sekian banyak istilah di artikel kali ini saya akan menguraikan mengenai istilah LAN, WAN, MAN, Internet, bandwith data dan paket.

Mata pelajaran yang mempelajari jaringan komputer bahwasanya banyak dipelajari di Sekolah  Pengertian Lan, Wan, Man, Internet, Bandwith, Data Dan Paket


Untuk jurusan TKJ yang memakai kurikulum KTSP 2016, istilah tersebut dipelajari di kelas XI Semester 3, khusus untuk anda yang ingin mendapatkan tumpuan mengenai istilah jaringan tersebut, di artikel kali ini saya akan uraikan kembali mengenai apa itu LAN, WAN, MAN, Internet dan bandwith.


Pengertian LAN, WAN, MAN, Internet, bandwith data dan paket

Berikut yakni pengertian LAN, WAN, MAN, Internet, bandwith data dan Paket:

1. LAN (Local Area Network)

LAN atau Local area network atau jaringan wilayah lokal Umumnya berkaitan dengan jenis jaringan menurut luas wilayah yang meliputi wilayah lokal. 

Jaringan jenis ini  biasanya memakai banyak sekali perangkat jaringan yang cukup sederhana dan populer, menyerupai memakai kabel UTP (Unshielded Twisted-Pair), Hub, Switch, Router, dan lain sebagainya.

Contoh dari jaringan LAN diantaranya yakni jaringan komputer kampus, gedung, kantor, dalam rumah, sekolah atau yang lebih kecil. 

Saat ini, kebanyakan LAN berbasis pada teknologi IEEE 802.3 Ethernet memakai perangkat switch, yang mempunyai kecepatan transfer data 10, 100, atau 1000 Mbit/s. Selain teknologi Ethernet, ketika ini teknologi 802.11b (atau biasa disebut Wi-fi) juga sering digunakan untuk membentuk LAN. Tempat-tempat yang menyediakan koneksi LAN dengan teknologi Wi-fi biasa disebut hotspot.

Jaringan LAN memang sangat Berbeda dengan Jaringan Area Luas atau Wide Area Network (WAN),  LAN sendiri mempunyai karakteristik sebagai berikut :

  • Memiliki  pesat data yang lebih tinggi
  • Meliputi wilayah geografi yang lebih sempit
  • Tidak membutuhkan jalur telekomunikasi yang disewa dari operator telekomunikasi

Keuntungan dari penggunaan Jenis Jaringan Komputer LAN yakni lebih ekonomis dalam pengeluaran biaya operasional, lebih ekonomis dalam penggunaan kabel, transfer data antar node dan komputer labih cepat alasannya meliputi wilayah yang sempit atau lokal, dan tidak memerlukan operator telekomunikasi untuk menciptakan sebuah jaringan LAN.


Kerugian dari penggunaan Jenis Jaringan LAN yakni cakupan wilayah jaringan lebih sempit sehingga untuk berkomunikasi ke luar jaringan menjadi lebih sulit dan area cakupan transfer data tidak begitu luas.

2. WAN (Wide Area Network)

Sama halnya dengan LAN, WAN juga merupakan jenis jaringan yang masih berkaitan dengan luas tidaknya wilayah yang digunakan, sedikit berbeda dengan LAN, jikalau LAN hanya meliputi ara lokal yang kecil, Namun WAN cakupan areanya lebih luas dari WAN.

Menurut wikipedia pengertian dari jaringan wan yakni Jaringan area luas (bahasa Inggris: Wide Area Network; WAN ) merupakan jaringan komputer yang meliputi area yang besar sebagai teladan yaitu jaringan komputer antar wilayah, kota atau bahkan negara, atau sanggup didefinisikan juga sebagai jaringan komputer yang membutuhkan router dan saluran komunikasi publik.

WAN digunakan untuk menghubungkan jaringan area lokal yang satu dengan jaringan lokal yang lain, sehingga pengguna atau komputer di lokasi yang satu sanggup berkomunikasi dengan pengguna dan komputer di lokasi yang lain.

Atau

Wide Area Network (WAN) yakni sebuah jaringan yang mempunyai jarak yang sangat luas, alasannya radiusnya meliputi sebuah negara dan benua. WAN memakai sarana kemudahan transmisi menyerupai telepon, kabel bawah bahari ataupun satelit.

Kecepatan transmisinya bermacam-macam dari 2Mbps, 34 Mbps, 45 Mbps, 155 Mbps, hingga 625 Mbps (atau adakala lebih). Faktor khusus yang mensugesti desain dan performance-nya terletak pada siklus komunikasi, menyerupai jaringan telepon, satelit atau komunikasi pembawa lainnya.

Atau ada juga yang mendefinisikan
Wide Area Network (WAN) yakni jaringan yang  jangkauannya meliputi tempat geografis yang luas, seringkali meliputi sebuah negara bahkan benua. WAN memungkinkan terjadinya komunikasi diantara dua perangkat yang terpisah jarak yang sangat jauh.  WAN menginterkoneksikan beberapa LAN yang kemudian menyediakan saluran ke komputer–komputer atau file server pada lokasi lain.  Beberapa teknologi WAN antara lain yakni Modem, ISDN, DSL, Frame Relay, T1, E1, T3, E3 dan SONET.

3. MAN (Metropolitan Area Network)

Metropolitan Area Network atau MAN, merupakan Jenis Jaringan Komputer yang cakupannya lebih luas dan lebih canggih dari Jenis Jaringan Komputer LAN.

Disebut Metropolitan Area Network alasannya Jenis Jaringan Komputer MAN ini biasa digunakan untuk menghubungkan jaringan komputer dari suatu kota ke kota lainnya.

Untuk sanggup menciptakan suatu jaringan MAN, biasanya dibutuhkan adanya operator telekomunikasi untuk menghubungkan antar jaringan komputer. Contohnya menyerupai jaringan Depdiknas antar kota atau wilayah dan juga jaringan mall-mall moderen yang saling berafiliasi antar kota.

Keuntungan dari Jenis Jaringan Komputer MAN ini diantaranya yakni cakupan wilayah jaringan lebih luas sehingga untuk berkomunikasi menjadi lebih efisien, mempermudah dalam hal berbisnis, dan juga keamanan dalam jaringan menjadi lebih baik.

Kerugian dari Jenis Jaringan Komputer MAN menyerupai lebih banyak memakai biaya operasional, sanggup menjadi sasaran operasi oleh para Crackeruntuk mengambil laba pribadi, dan untuk memperbaiki jaringan MAN dibutuhkan waktu yang cukup lama.

4. Internet

Internet (kependekan dari interconnection-networking) yakni seluruh jaringan komputer yang saling terhubung memakai standar sistem global Transmission Control Protocol/Internet Protocol Suite (TCP/IP) sebagai protokol pertukaran paket (packet switching communication protocol) untuk melayani miliaran pengguna di seluruh dunia.

Secara sederhana, pengertian Internet yakni kumpulan dari jutaan komputer di seluruh dunia yang terkoneksi antara yang satu dengan yang lain. Media koneksi yang digunakan sanggup melalui sambungan telpon, serat optik (fiber optic), kabel koaksial (coaxial cable), satelit atau dengan koneksi wireless.

Ketika kita logon (dalam hal ini terhubung) dengan internet, kita diberikan hak saluran ke komputer-komputer lain di seluruh dunia yang terhubung juga dengan internet. Dengan kemajuan teknologi yang semakin pesat, ketika ini internet sanggup dihubungi dengan koneksi wireless dari handheld PC atau dari sebuah komputer notebook.

Setelah terhubung dengan internet kita sanggup melaksanakan beberapa hal, contohnya : mengirim dan mendapatkan email, chating dengan media text atau suara, berselancar (surfing) di World Wide Web, atau hal-hal lain dengan suatu software aplikasi tertentu.

5. Bandwith

Anda mungkin pernah bertanya apa itu bandwith?, untuk orang yang sering berinteraksi dengan dunia online terutama yang berkaitan dengan kegiatan download atau upload saya yakin anda tidak akan abnormal dengan istilah bandwith.

Bandwidth yakni suatu nilai konsumsi / kecepatan yang digunakan pada ketika transfer data antara client dan server yang dihitung dalam bit/detik atau yang biasanya di sebut dengan bit per second (bps). Atau definisi bandwidth dalam artian lebih luas atau lebar yakni cakupan frekwensi yang digunakan oleh sinyal dalam medium transmisi.

Kaprikornus sanggup disimpulkan bandwidth yaitu kapasitas maksimum dari suatu jalur komunikasi yang digunakan untuk mentransfer data dalam hitungan detik. Fungsi bandwidth yakni untuk menghitung transaksi data.

Bandwidth komputer dalam jaringan komputer, bandwidth ini sering digunakan sebagai suatu sinonim untuk data transfer rate, ialah jumlah data yang sanggup dibawa dari sebuah titik ke titik lain dalam jangka waktu tertentu (biasanya dalam hitungan detik). Bandwitdh pada jaringan komputer ini umumnya diukur dalam bits per second (bps).

6. Data

Ada banyak hal yang memakai istilah data, namun data yang bersahabat kaitannya dengan komputer Data yakni fakta berupa angka, karakter, symbol, gambar, tanda-tanda, isyarat, tulisan, suara, bunyi yang merepresentasikan keadaan bahwasanya yang selanjutnya digunakan sebagai masukan suatu Sistem Informasi.

Atau secara rinci pengertian data yakni kumpulan insiden yang diangkat dari suatu kenyataan (fakta), sanggup berupa angka-angka, huruf, simbol-simbol khusus, atau adonan dari ketiganya.

Data masih belum sanggup 'bercerita' banyak sehingga perlu diolah lebih lanjut. Pengertian data juga sanggup berarti kumpulan file atau warta dengan tipe tertentu, baik suara, gambar atau yang lainnya.

Menurut kamus oxford definis data yakni "facts or information used in deciding or discussing something". Terjemahan bebasnya: "fakta atau warta yang digunakan dalam memilih atau mendiskusikan sesuatu". Juga sanggup berarti "information prepared for or stored by a computer" dalam bahasa Indonesia berarti "informasi yang disiapkan untuk atau disimpan oleh komputer". Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia pengertian data yakni keterangan yang benar dan nyata. Atau keterangan atau materi faktual yang sanggup dijadikan materi kajian (analisis atau kesimpulan).

7. Paket (Paket Jaringan)

Pengertian Paket jaringan atau network packet yakni satuan warta dasar yang sanggup ditransmisikan di atas jaringan atau melalui saluran komunikasi digital.

Sebuah paket berisi packet header yang berisi warta mengenai protokol tersebut (informasi mengenai jenis, sumber, tujuan, atau warta lainnya), data yang hendak ditransmisikan yang disebut dengan data payload, dan packet trailer yang bersifat opsional.

Sebuah paket mempunyai struktur logis yang dibuat oleh protokol yang digunakannya. Ukuran setiap paket juga sanggup bervariasi, tergantung struktur yang dibuat oleh arsitektur jaringan yang digunakan. Paket jaringan juga sanggup disebut datagram, frame, atau cell.


Demikian artikel tentang Pengertian LAN, WAN, MAN, Internet, bandwith, data dan paket, biar uraian artikel di atas sanggup menjadi materi tumpuan bermanfaat baik untuk siswa maupun guru. biar bermanfaat.


 
close