Jumat, 08 Mei 2020

9 Tips Memilih Televisi Yang Berkualitas Dan Sesuai Dengan Kebutuhan

Momod ads.id

Source images : pixabay.com
Di zaman yang sekarang ini, sebuah TV sudah dianggap sebagai kebutuhan yang  sangat penting menurut sebagian orang, pada umumnya peralatan elektronik yang satu ini sering digunakan untuk keperluan sarana hiburan, informasi atau bahkan pendidikan dan berbagai keperluan lainnya.

Memang tidak dapat dipungkiri bahwa TV merupakan sebuah media elektronik yang menunjang kehidupan sehari-hari dalam hal memberikan informasi, hiburan ataupun wawasan untuk kita. Jika kita bicara soal perkembangan teknologi TV dari dulu hingga sekarang, media elektronik yang satu ini telah mengalami perkembangan yang pesat, sehingga tak heran jika banyak produk-produk TV yang beredar dipasaran memiliki berbagai model serta fitur-fitur yang canggih seperti televisi layar datar, tipis, ringan, tampilan gambar lebih cerah dan nyata, hemat energi listrik, suara lebih jernih, sampai fitur televisi yang dapat dihubungkan ke internet, touch screen (layar sentuh), smart TV, sambungan nirkabel dengan ponsel dan sebagainya.

Lalu bagaimanakah dengan anda yang berencana membeli sebuah TV, untuk dipasang di rumah dan yang sekiranya sesuai dengan kebutuhan anda?

Mungkin dengan membaca artikel saya kali ini, akan memberikan sedikit informasi atau referensi untuk anda yang berencana ingin membeli sebuah TV.

Tips Memilih Televisi Yang Berkualitas Dan Sesuai Dengan Kebutuhan

1. Kenali Dulu Berbagai Macam Jenis TV Beserta Kelebihan Dan Kekurangannya

Dalam memilih sebuah TV, langkah pertama yang perlu dilakukan adalah mengenali terlebih dahulu berbagai macam jenis TV yang beredar di pasaran. Pada umumnya jenis TV terbagi menjadi 4 macam, yaitu TV Tabung, TV Plasma, TV LCD dan TV LED. Berbagai jenis TV tersebut memiliki kelebihan serta kekurangannya masing-masing, antara lain sebagai berikut :

Kelebihan TV Tabung Dan TV Plasma :
  • Harganya relatif lebih murah jika dibandingkan dengan TV LCD dan LED.
  • Relatif lebih awet (rata-rata berumur panjang) karena lebih tahan banting jika dibandingkan dengan TV jenis lainnya.
Kekurangan TV Tabung Dan TV Plasma :
  • Lebih boros terhadap energi listrik jika dibandingkan dengan TV LCD dan LED.
  • Bentuknya tebal dan berat, sehingga memakan banyak tempat.
  • Kualitas gambar serta warna masih kalah jika dibandingkan dengan TV LCD dan LED.
  • Karena teknologinya sedikit ketinggalan, sehingga fitur-fiturnya tidak selengkap TV jenis lainnya.
Kelebihan TV LCD Dan TV LED :
  • Lebih hemat energi listrik jika dibandingkan dengan TV Tabung dan TV Plasma.
  • Bentuknya tipis serta ringan, sehingga tidak makan tempat dan lebih fleksibel dibanding jenis TV lain.
  • Kualitas gambar serta warna lebih baik ketimbang jenis TV lainnya.
  • Terdapat fitur baru yang tersedia pada beberapa model tertentu.
Kekurangan TV LCD Dan TV LED :
  • Harganya relatif lebih mahal jika dibandingkan dengan TV Tabung dan TV Plasma.
  • Lebih mudah rusak jika dibandingkan dengan TV Tabung dan TV Plasma.
Setelah mengetahui berbagai jenis TV serta kelebihan dan kekurangannya, maka selanjutnya anda dapat menentukan pilihan jenis televisi yang sekiranya sesuai dengan kebutuhan anda.

Untuk lebih lengkapnya bisa baca artikel berikut ini untuk mengetahui lebih lanjut tentang jenis-jenis TV.

Artikel Terkait : Mengenal Perbedaan TV Tabung, TV Plasma, TV LCD Dan TV LED

2. Pilih Televisi Dengan Ukuran Yang Anda Butuhkan
Source images : m.wikihow.com
Hal yang cukup penting sebelum membeli TV adalah menentukan ukuran yang sesuai dengan kebutuhan, karena jika kita salah memilih ukuran TV, maka akan menyebabkan ketidaknyamanan saat menonton TV, misalnya jika ukuran TV yang anda beli terlalu kecil, sedangkan ruangan yang ada cukup luas, hal ini akan membuat mata kita tidak nyaman atau jika ukuran TV terlalu besar untuk ukuran ruangan yang sempit, maka akan membuat mata kita juga tidak nyaman.

Jadi, ukuran televisi yang akan kita pilih harus sesuai dengan luas ruangan dan jarak dari tempat kita menonton televisi tersebut.

Ukuran TV yang disarankan adalah sepertiga (1/3) dari jarak anda duduk menonton, misalnya jika anda meletakkan televisi tersebut di ruangan utama berukuran 5x5 meter dengan jarak antara tempat duduk ke TV sekitar 3 meter, maka ukuran TV yang ideal adalah : 1/3 x 3 meter = 1 meter atau sekitar 40 inch.

Jadi, ukuran TV yang ideal adalah 40 inch.

Maka anda dapat memilih TV dengan ukuran 40 Inch untuk dipasang pada ruang tersebut.

3. Pilih Televisi Dengan Pertimbangan Antara Harga Dengan Kualitas

Salah satu tips memilih sebuah TV adalah mempertimbangkan antara harga dengan kualitas.

Pada umumnya, TV dengan kualitas terbaik akan berbanding lurus dengan harganya yang juga akan lebih mahal, Jika memang budget anda terbatas, mungkin memilih membeli TV bekas adalah solusi yang tepat, namun ingat, bekas tapi berkualitas atau kondisinya masih bagus.

Namun, jika anda bimbang dengan barang bekas maka membeli barang baru adalah pilihan terbaik, carilah TV baru yang harganya terjangkau oleh budget anda, usahakan saat memilih barang jangan mudah tergoda dengan berbagai promo harga termurah, diskon dan berbagai penawaran lainnya, cermati terlebih dahulu penyesuaian harga dengan fitur-fitur yang ada pada TV tersebut, karena terkadang barang dengan harga miring berimbas pada kualitasnya yang buruk. Usahakan memilih barang yang harganya lebih masuk akal.

4. Pilih Televisi Dengan Merk Yang Populer
Source images : www.youtube.com
Sebuah merk pasti memiliki nilai tersendiri di mata para konsumennya, dan tentunya nilai tersebut dapat menentukan seberapa baik kualitas sebuah produk. Merk televisi yang terbaik, tentunya memiliki penilaian yang baik pula di mata para konsumennya dan tidak jarang bagi konsumen yang puas, akan merekomendasikan merk televisi tersebut kepada orang lain.

Kita juga bisa mengetahui kualitas sebuah merk TV dari seberapa banyak orang yang menggunakan merk TV tersebut serta menayakan bagaimana pengalaman dan pendapatnya mengenai merk TV yang dipergunakannya tersebut.

Jika kita memilih sebuah TV yang memiliki merk yang sama dengan yang digunakan kebanyakan orang, hal ini akan sangat berguna bagi kita, karena kita dapat mengatasi beberapa kesulitan yang mungkin akan kita alami dengan meminta bantuan, seperti halnya cara pengoperasian atau bahkan saat terjadi kerusakan atau masalah lainnya.

5. Pilih Televisi Yang Hemat Energi Listrik
Source images : www.funai.eu
Hal yang tak kalah penting adalah mempertimbangkan masalah konsumsi daya listriknya, terutama bagi anda yang  nantinya berencana akan memakai televisi dalam jangka waktu yang lama, jadi kita harus memperhatikan juga daya listrik yang terpakai pada TV yang akan kita beli tersebut.

Perlu anda ketahui bahwa, dari keempat jenis TV yang ada, TV Tabung dan TV Plasma termasuk jenis TV yang paling boros energi listrik. Jika diumpamakan, TV Tabung akan membutuhkan konsumsi energi listrik 80% lebih besar dari kebutuhan TV LCD, sedangkan untuk TV Plasma membutuhkan konsumsi energi listrik 50% lebih besar dari TV LCD.

Namun, untuk TV LED konsumsi energi listriknya jauh berbeda dengan jenis TV lainnya, dimana nilai konsumsi listrik yang dibutuhkan hanya sekitar 40% dari total konsumsi energi listrik yang dibutuhkan oleh TV LCD.

Jika kita membanding-bandingkan dari berbagai jenis TV tersebut, yang paling hemat dan efisien adalah jenis TV LED.

6. Pilih Televisi Yang Memiliki Rasio Kontras Tinggi
Source images : www.amazine.co
Perlu anda ketahui jika ingin memilih sebuah TV, pilihlah TV dengan kontras tinggi, karena semakin tinggi tingkat rasio kontras yang dimiliki sebuah TV, maka akan semakin bagus pula tampilan gambar serta warna yang dihasilkan oleh TV tersebut.

Maka dari itu, anda harus mempertimbangkan hal ini ketika memilih sebuah TV, agar nantinya anda tidak menyesal.

7. Pilih Televisi Dengan Refresh Rate Yang Tinggi
Source images : 4k.com
Selain rasio kontras yang tinggi, jika anda ingin tampilan gambar yang dihasilkan lebih baik lagi, maka perhatikanlah juga tingkat refresh rate ketika membeli TV. Semakin tinggi refresh rate pada TV, maka akan semakin bagus pula gambar yang dihasilkan. Refresh rate adalah berapa kali gambar di "refresh" (dipulihkan) dalam satu detik. Misalnya refresh rate sebuah TV sebesar 60Hz yang artinya gambar di layar akan "refresh" (dipulihkan) sebanyak 60x dalam satu detik.

Untuk standar refresh rate biasanya sekitar 60Hz, jika kurang dari 60Hz, maka gambar seakan-akan berkedip. Oleh karena itu, pilihlah TV dengan refresh rate yang tinggi, semakin tinggi akan semakin baik. Untuk saat ini refresh rate paling tinggi adalah 240Hz.

8. Pilih Televisi Dengan Fitur Yang Sesuai Kebutuhan Anda
Source images : www.indiamart.com
Untuk saat ini produk TV sudah dikembangkan menjadi semakin canggih, TV baru-baru ini telah dilengkapi dengan fitur-fitur tambahan yang tidak dimiliki oleh produk TV keluaran lama, fitur tersebut dapat difungsikan dengan perangkat tambahan lainnya seperti konektifitas USB port untuk memutar video, atau musik dengan menggunakan flashdisk, lubang slot HDMI yang dapat digunakan laptop/komputer untuk menjadikan TV sebagai monitor, adanya speaker tambahan, smart TV yang dapat dihubungkan dengan internet dan berbagai fitur canggih lainnya.

Memang produk TV saat ini bukan hanya sekedar untuk menampilkan siaran televisi saja seperti yang ada pada produk TV keluaran lama, Namun kita bisa memanfaatkan berbagai macam fitur yang telah ditawarkan oleh TV saat ini.

Dengan fitur-fitur tambahan yang canggih ini, tentunya membuat harga jualnya juga semakin mahal, namun semua itu tergantung kebutuhan. Jika kita ingin menggunakan fitur tambahan tersebut maka kita harus bersedia membeli dengan harga yang telah ditentukan.

9. Perhatikan Masalah Garansi Serta Lokasi Service Center

Masalah garansi dan lokasi kantor service saat membeli sebuah merk TV adalah hal yang perlu diperhatikan, hal ini bertujuan agar dokumen kartu garansi yang diberikan oleh pihak penjual tersebut dapat digunakan, hal yang perlu diperhatikan adalah pastikan bahwa kartu garansi tersebut resmi dan alamat lokasi kantor service yang jelas, karena dokumen kartu garansi hanya berlaku di lokasi service center (kantor service).

Maka dari itulah, hal ini harus diperhatikan dengan baik, sehingga jika sewaktu-waktu televisi anda mengalami kerusakan atau masalah lainnya, anda masih bisa menggunakan garansi tersebut.

Demikian untuk artikel kali ini mengenai 9 Tips Memilih Televisi Yang Berkualitas Dan Sesuai Dengan Kebutuhan, semoga bermanfaat.


 
close