Senin, 04 Mei 2020

Stop Kontak Dan Instalasinya

Stop kontak merupakan sebuah komponen listrik yang biasa digunakan untuk tempat mengambil sumber listrik dengan perantaranya tusuk kontak atau stecker, apabila anda mempunyai peralatan elektronik seperti pompa air, kipas angin, mesin cuci, dan lain-lain, tentunya instalasi stop kontak harus ada karena peralatan elektronik tersebut membutuhkan sumber listrik jika digunakan.

Instalasi stop kontak sangatlah mudah bahkan anda sendiripun bisa menginstalasinya. Di dalam stop kontak ada 3 lubang untuk kabel, 2 lubang diantaranya yaitu 1 untuk fasa/bertegangan dan 1 lagi untuk netral/nol, kemudian 1 lubang yang jika di tes dengan avo lubang ini terhubung dengan kuningan yang biasanya ada di sisi lingkaran luar stop kontak, lubang ini untuk kabel ground.

Maksud ground ini adalah untuk pengaman apabila terjadi arus bocor pada body alat listrik yang digunakan, pemasangan ground ini terhubung langsung dengan body peralatan elektronik anda.

Seperti inilah instalasi stop kontak dengan ground
Dan dibawah ini contoh jalur kabel saat penggunaan stop kontak dengan ground.

Gambar diatas adalah instalasi stop kontak dengan ground, sebenarnya ada juga stop kontak biasa yang tidak disertai ground, cara instalasinya pun tak jauh berbeda, perbedaannya hanya terletak pada lubang untuk ground yang tidak ada sehingga hanya memiliki dua lubang saja.

Di pasaran terdapat banyak model stop kontak adapun stop kontak yang disertai tombol on/off namun semuanya itu sama saja, asalkan anda mengerti cara kerjanya maka akan sangat mudah untuk menginstalasinya.

Demikian untuk artikel ini semoga dapat bermanfaat. Silahkan meninggalkan pesan, masukan, koreksi maupun kritik pada kolom komentar di bawah.


 
close