Senin, 04 Mei 2020

Penyebab Body Mesin Pompa Air Nyetrum Dan Solusi Mengatasinya

Keberadaan mesin pompa air untuk rumah tangga memang sangat penting, hal ini mengingat manfaat yang diperoleh yaitu untuk kebutuhan sumber air bersih setiap hari, namun apa jadinya jika mesin pompa air yang biasa digunakan tiba-tiba nyetrum pada bagian body pompa airnya. Yah, tentunya masalah ini akan sangat menggangu sekali karena mesin pompa air yang nyetrum juga akan dapat berimbas pada saluran air sehingga apabila anda menyentuh air pada kran maka anda akan tersengat aliran listrik atau istilahnya kesetrum.
Source images : www.justdial.com
Kondisi mesin pompa air yang nyetrum tersebut tentunya tidak bisa dibiarkan begitu saja, karena hal ini sangatlah berbahaya bagi kita apabila sampai tersentuh dengan bocoran arus listrik yang terjadi pada body pompa air tersebut, bahkan kesalahan sedikit saja bisa berakibat fatal hingga kematian jika masalah ini tidak cepat-cepat diatasi.

Untuk itu, hal yang perlu anda lakukan ketika menemui masalah pompa air nyetrum tersebut ialah melakukan analisia pada penyebab utama dari mesin pompa air yang nyetrum tersebut terlebih dahulu sebelum melakukan perbaikan secara langsung. Nah, untuk lebih jelasnya dalam mengetahui penyebab dan cara mengatasi mesin pompa air nyetrum, anda bisa menyimak ulasan berikut ini.

Penyebab Body Mesin Pompa Air Nyetrum Dan Solusi Mengatasinya

1. Kebocoran Aliran Listrik Akibat Kabel Yang Terkelupas

Penyebab yang bisa dibilang cukup sering adalah mesin pompa air nyetrum akibat adanya kabel instalasi yang terkelupas dan menempel pada bagian body pompa air. Bukannya tanpa sebab, kabel yang terkelupas tersebut bisa diakibatkan oleh benda tajam atau bahkan karena digigit tikus. Kondisi ini sangatlah berbahaya bagi kita sebagai pengguna pompa air karena selain menimbulkan efek sengatan listrik atau kesetrum, kabel yang terkelupas ini juga bisa mengakibatkan konsleting listrik jika sewaktu-waktu kedua titik kabel saling bersentuhan.

Oleh karena itu, apabila terdapat kabel yang terkelupas maka segeralah lakukan perbaikan dengan cara memberi isolasi pada bagian kabel yang terkelupas tersebut.

2. Kebocoran Aliran Listrik Akibat Kapasitor Yang Rusak
Source images : virginbores.com.au
Penyebab lainnya yang bisa membuat pompa air nyetrum adalah karena kebocoran pada kapasitor, memang pada dasarnya sebuah kapasitor selalu menyimpan muatan aliran listrik sehingga kebocoran listrik bisa saja terjadi pada mesin pompa air. Umumnya kasus kapasitor yang telah bocor akan ditandai dengan tampilan bentuk fisik kapasitor yang mengembung, meleleh atau terdapat bau seperti terbakar pada kapasitor tersebut. Tanda kerusakan lainnya pada komponen ini bisa dikenali dengan adanya gejala mesin pompa air yang tidak mau berputar dan hanya terdengar suara dengungan saja.

Nah, jika kapasitor memang dipastikan sudah rusak maka segeralah anda lakukan perbaikan dengan cara mengganti komponen kapasitor ini dengan yang baru serta dengan ukuran yang sama atau sejenis.

3. Pembuatan Grounding Yang Salah

Tidak jarang juga timbulnya mesin pompa air yang nyetrum ternyata diakibatkan oleh pembuatan grounding yang salah. Fungsi dari grounding atau pentanahan memang biasa digunakan untuk mengamankan kebocoran arus listrik, namun dalam beberapa kasus seringkali terjadi kesalahan disaat pembuatan grounding sehingga bukannya mengamankan malah membuat kondisi mesin pompa air menjadi nyetrum dan hal ini biasa terjadi pada orang awam yang kurang mengerti masalah pembuatan grounding.

Untuk solusi masalah ini anda bisa mencoba membongkar sistem grounding tersebut dan melakukan perbaikan apabila memang penyebab pompa air nyetrum adalah karena kesalahan pada sistem grounding.

4. Terkelupasnya Lapisan Isolasi Pada Kumparan Dinamo
Source images : shopsmith.com
Kondisi dinamo atau motor listrik pada pompa air juga sangat menentukan dalam hal kebocoran aliran listrik, biasanya lapisan kawat email atau yang biasa disebut kumparan pada dinamo telah terkelupas sehingga membuat aliran listrik bocor sampai ke body dan akhirnya membuat kita tersengat apabila bagian body tersebut tersentuh oleh tangan.

Penyebab dari terkelupasnya lapisan pada kumparan dinamo ini sendiri biasa disebabkan oleh panas tinggi yang dihasilkan karena kerja pompa air yang terlalu berat dan membebani kumparan sehingga sampai membuat kawat email terkelupas akibat efek panas yang berlebihan tersebut.

Jika memang dinamo mesin pompa air telah mengalami kebocoran listrik maka solusi yang harus diambil adalah dengan cara mengganti dinamo atau motor mesin pompa air tersebut. Istilah yang umum dan berkembang di kalangan masyarakat pada umumnya adalah menggulung dinamo atau rewinding yang merupakan sebuah jasa untuk perbaikan dinamo termasuk juga dinamo pada mesin pompa air.

Nah, untuk masalah perbaikan dinamo mesin pompa air anda bisa langsung mempercayakannya pada jasa rewinding tersebut karena biasanya perbaikan dinamo atau menggulung ulang dinamo itu sendiri bukanlah pekerjaan yang dapat dilakukan oleh sembarang orang atau semua orang, hal ini mengingat prosesnya yang memang cukup sulit dan diperlukan pengalaman yang cukup untuk melakukan pekerjaan perbaikan dinamo atau menggulung dinamo tersebut.

Mungkin cukup sekian dulu untuk artikel saya kali ini semoga apa yang saya bagikan ini bisa bermanfaat untuk anda semua, dan apabila ada sesuatu yang ingin ditanyakan mengenai masalah diatas maka silahkan tuliskan di kotak komentar dibawah.