Sabtu, 02 Mei 2020

Tips Memilih Rice Cooker Atau Penanak Nasi Yang Berkualitas Dan Sesuai Kebutuhan

Momod ads.id

Di setiap rumah pastinya memiliki sebuah alat penanak nasi. Kita sebut saja dengan istilah rice cooker, meski pada umumnya banyak yang menyebutnya dengan istilah lain seperti magic jar ataupun magic com.

Istilah-istilah ini memang sudah sering dipakai kebanyakan orang untuk menyebutkan sebuah alat penanak nasi, namun jangan salah paham dulu karena ketiga istilah tersebut berbeda.

Lalu apa bedanya antara rice cooker, magic jar dan magic com?

Rice cooker fungsinya khusus untuk menanak nasi saja dan tidak dapat menghangatkan nasi.

Magic jar fungsinya hanya sekedar dapat menghangatkan nasi dan tidak dapat menanak nasi.

Magic com merupakan gabungan dari rice cooker dan magic jar, sehingga dapat difungsikan untuk menanak nasi sekaligus menghangatkan nasi.

Perbandingan rice cooker dengan magic com

Pada awalnya rice cooker diciptakan, alat ini hanya mampu menanak nasi saja. Namun saat ini produk rice cooker telah dikembangkan lagi, sehingga dapat difungsikan juga untuk menghangatkan nasi.

Jika dibandingkan dengan magic com, produk rice cooker saat ini memiliki fungsi yang sama persis dengan magic com. Namun, meski fungsinya sama akan tetapi masih ada perbandingan lainnya, yang dimana produk magic com ini masih lebih unggul jika dibandingkan dengan rice cooker, yakni dengan adanya fitur-fitur tambahan yang canggih bahkan ada juga produk magic com tertentu yang dapat digunakan untuk membuat kue.

Setelah mengetahui perbedaan fungsi masing-masing dari ketiga produk diatas, maka anda bisa memulai menentukan pilihan alat masak mana yang sekiranya sesuai dengan kebutuhan anda, misalnya saja jika ingin alat untuk menghangatkan nasi maka anda bisa memilih magic jar atau jika ingin menanak nasi maka anda harus memilih antara rice cooker atau magic com.

Karena disini yang akan saya bahas adalah tips memilih rice cooker atau penanak nasi maka yang perlu dibahas adalah rice cooker dan magic com saja.

Seperti yang kita ketahui bersama bahwa banyak sekali macam-macam pilihan produk penanak nasi yang tersedia di pasaran, mulai dari merek, ukuran, harga atau bahkan model yang berbeda-beda. Dengan demikian, hal ini mengharuskan anda untuk lebih selektif dalam memilih sebuah penanak nasi atau rice cooker agar sesuai dengan kebutuhan.

Dalam memilih sebuah penanak nasi atau rice cooker, bukan hanya tampilan luarnya saja yang harus bagus, namun juga harus memperhatikan kualitas barangnya. Pastikan anda memilih produk penanak nasi atau rice cooker yang memenuhi standar SNI, hal ini bertujuan agar terhindar dari kemungkinan adanya produk abal-abal yang tidak mementingkan kualitas yang bisa saja berdampak buruk pada kesehatan penggunanya.

Berikut ini adalah beberapa tips dalam memilih penanak nasi atau rice cooker yang berkualitas dan sesuai kebutuhan :

1. Pilihlah Penanak Nasi Dengan Fitur Yang Anda Butuhkan

Mungkin sudah tidak asing lagi untuk saat ini, dimana pada setiap teknologi mengalami sebuah perkembangan. Seperti halnya pada produk penanak nasi ini yang selain bisa memasak, ada juga yang bisa digunakan untuk mengukus kue, membuat bubur, memasak sayur, membuat telor ceplok atau bahkan ada juga yang telah dilengkapi fitur quick cook (fitur untuk menanak nasi lebih cepat), timer system (fitur untuk mengatur waktu nyala atau hidup penanak nasi) dan masih banyak lagi fitur-fitur tambahan lainnya.

Jika memang anda membutuhkan sebuah alat penanak nasi yang dapat digunakan untuk keperluan lain seperti diatas, maka pilihlah produk penanak nasi yang memiliki fitur lebih canggih seperti magic com, Namun jika kebutuhan anda hanya sekedar untuk menanak nasi, maka pilih saja produk penanak nasi yang berkemampuan standar seperti rice cooker.

2. Pilihlah Penanak Nasi Dengan Ukuran/Kapasitas Yang Anda Butuhkan

Produsen telah menyediakan berbagai produk penanak nasi dengan ukuran atau kapasitas yang beragam, tentunya hal ini bertujuan untuk memenuhi kebutuhan para konsumennya. Produk penanak nasi memiliki beberapa variasi ukuran atau kapasitas mulai dari yang kecil dengan kapasitas pengisian sekitar 0.6 Liter, 1 Liter atau yang sedang dengan kapasitas pengisian sekitar 1.8 Liter, 2 Liter hingga ke yang lebih besar lagi sekitar 10 Liter lebih.

Perlu diketahui, jika anda berencana menggunakan alat penanak nasi untuk kebutuhan satu orang saja, maka memilih penanak nasi dengan kapasitas 0.6 Liter adalah pilihan yang tepat.

Namun jika yang anda butuhkan untuk keperluan rumah tangga dengan beranggota keluarga ayah, ibu dengan dua anak, maka memilih yang sedang saja sudah lebih dari cukup. Jadi, yang anda perlukan adalah penanak nasi dengan kapasitas pengisian 1.8 Liter atau 2 Liter.

Sedangkan bagi anda yang memerlukan sebuah penanak nasi untuk kebutuhan banyak orang dalam sehari-hari, maka pilihlah produk penanak nasi dengan kapasitas pengisian yang besar misalnya dengan kapasitas 10 Liter atau lebih.

Jadi, ketahui terlebih dulu kapasitas penanak nasi yang anda butuhkan sebelum melakukan pembelian.

3. Pilihlah Produk Penanak Nasi Yang Aman Untuk Kesehatan

Mungkin anda pernah mendengar isu yang beredar di TV misalnya tentang produk penanak nasi yang kurang aman untuk kesehatan penggunanya, hal ini bisa saja terjadi karena adanya produsen-produsen nakal yang tidak mementingkan kualitas barang, bahkan tega menggunakan bahan atau material yang berbahaya seperti melapisi panci dengan zat kimia tertentu agar panci tidak lengket, meski zat kimia tersebut sangatlah berbahaya.

Jika demikian, maka anda diharus lebih selektif dalam memilih sebuah produk penanak nasi, jangan mudah tergiur dengan harga murah atau hal yang tak wajar lainnya. Pastikanlah bahwa anda membeli produk penanak nasi yang berstandar SNI

4. Pilihlah Produk Penanak Nasi Yang Mudah Saat Dioperasikan

Tentunya kita para konsumen selalu menginginkan sebuah kemudahan dalam penggunaan sebuah barang yang telah dibeli, seperti halnya produk penanak nasi ini.

Usahakan untuk memilih produk penanak nasi yang paling mudah dioperasikan, karena dengan alat penanak nasi yang memiliki tombol terlalu banyak, bisa membuat kita kesulitan atau bahkan bingung. Carilah produk penanak nasi yang memiliki satu tombol serbaguna yang dapat digunakan untuk menanak nasi dan menghangatkan nasi.

5. Pilihlah Produk Penanak Nasi Yang Berkualitas

Pada umumnya, semakin tinggi kualitas barang maka akan semakin tinggi pula harga jualnya dan semakin murah harga barang, kualitasnya juga akan berkurang. Namun, harga juga bisa dipengaruhi oleh faktor lainnya seperti spesifikasi pada barang tersebut.

Jika anda ingin produk penanak nasi yang berkualitas namun dengan harga yang terjangkau, maka pilihlah penanak nasi yang memiliki spesifikasi yang sesuai kebutuhan, jangan memilih barang dengan fitur-fitur tambahan namun anda tidak begitu menggunakan fitur tersebut.

Pilihan terbaik adalah memilih penanak nasi yang berkualitas meskipun harganya terbilang lebih mahal, daripada membeli yang harganya murah namun kurang awet. Bayangkan saja jika barang berkualitas yang anda beli mampu bertahan selama bertahun-tahun lamanya, maka anda tidak perlu kerepotan mengeluarkan biaya pembelian barang baru berkali-kali.

6. Pilihlah Merk Produk Penanak Nasi Yang Populer

Seperti yang kita ketahui, di pasaran banyak sekali merk penanak nasi yang beredar, namun anda juga harus lebih selektif dalam memilih sebuah merk, carilah merk yang populer dan banyak digunakan oleh kebanyakan orang.

Carilah informasi pada orang terdekat anda, tentang pengalamannya dalam hal menggunakan sebuah merk penanak nasi tertentu. Dengan demikian anda bisa memulai mempertimbangkan terlebih dahulu sebelum memutuskan membeli produk penanak nasi dengan merek tertentu.

Contoh beberapa produk penanak nasi yang populer dan banyak digunakan di dalam negri misalnya Maspion, Panasonic, Cosmos, Miyako, Yong Ma, Philips, Sharp dan beberapa merk lainnya.

7. Melakukan Pembelian Di Toko Yang Terpercaya

Alangkah baiknya bagi anda yang sudah berencana mau membeli alat penanak nasi untuk memilih toko yang terpercaya, hal ini dilakukan agar barang yang anda beli tersebut terjamin kualitas dan keasliannya.

Khususnya bagi anda yang biasanya melakukan pembelian secara online melalui toko online, Mungkin dengan memilih mendatangi toko secara langsung adalah pilihan yang tepat apabila tidak ada layanan COD, tentunya melihat kondisi barang secara langsung akan lebih berkesan nyaman, dibanding harus membeli barang yang tidak kita ketahui kondisi secara rincinya.

Demikian untuk artikel kali ini mengenai Tips Memilih Rice Cooker Atau Penanak Nasi Yang Berkualitas Dan Sesuai Kebutuhan, semoga bermanfaat.


 
close