Sabtu, 02 Mei 2020

Tips Menonton TV Yang Benar Supaya Mata Tidak Rusak

Momod ads.id
Source images : techno.okezone.com
Di zaman modern seperti sekarang ini menonton televisi seperti sudah menjadi kebutuhan atau kebiasaan yang sulit dipisahkan dari kehidupan kita sehari-hari. Meski demikian, kita juga harus memperhatikan kesehatan mata kita, karena seperti yang kita tahu bahwa kebiasaan dalam menonton televisi yang terlalu lama juga kurang baik untuk kesehatan mata kita.

Saat menonton televisi terlalu lama seringkali kita merasakan efek kelelahan pada mata atau bahkan timbul rasa pedih pada bagian mata kita, efek ini juga tidak bisa dianggap remeh karena dengan efek ini bukan tak mungkin dapat merusak mata kita.

Selain terlalu lama menonton televisi dapat membuat mata sakit, kesalahan lainnya yang dapat membuat mata sakit atau bahkan rusak adalah karena kesalahan dalam menonton televisi seperti pengaturan pencahayaan pada televisi yang salah, jarak pandang terlalu dekat dan lain-lain.

Berikut ini adalah beberapa tips cara menonton televisi yang benar agar mata tidak rusak, yang bisa anda lakukan di rumah.

Tips Menonton TV Yang Benar Supaya Mata Tidak Rusak


1. Batasi Waktu Menonton TV

Seperti yang sudah saya jelaskan diatas, efek dari menonton televisi terlalu lama dapat membuat mata lelah dan sakit. Oleh karena itu, ada baiknya untuk anda mengurangi waktu menonton televisi, sempatkanlah untuk mengistirahatkan mata sejenak misalnya dengan berkedip atau dengan memejamkan mata, selain untuk menjaga kesehatan mata kita, hal ini juga dapat mengurangi rasa lelah atau sakit yang kita alami karena menonton televisi tersebut.

2. Perhatikan Penempatan posisi TV
Source images : news.detik.com
Penempatan posisi televisi juga perlu diperhatikan agar mata lebih nyaman saat menonton televisi, penempatan televisi yang salah bisa membuat mata kita menjadi mudah lelah, tentunya jika ini diteruskan maka bukan tidak mungkin akan membuat mata kita sakit.

Karena kebanyakan orang menonton televisi dengan posisi duduk, maka posisi penempatan televisi yang ideal untuk menjaga kenyamanan serta kesehatan mata adalah dengan meletakkan televisi sejajar dengan penglihatan mata saat duduk.

Hindarilah menempatkan posisi televisi yang terlalu tinggi, karena hal ini dapat membuat leher serta mata anda menjadi cepat lelah atau capek.

3. Hindarilah Menempatkan TV Sejajar Dengan Sudut Cahaya Lain

Mungkin anda pernah mengalami disaat menonton televisi, pada bagian layarnya silau karena terpapar sinar dari sudut lain misalnya dari jendela, tentu hal ini sangat menggangu kenyamanan ketika sedang menonton televisi.

Selain kurang nyaman, hal ini juga dapat mempengaruhi mata kita, cahaya dari pantulan layar tersebut akan menyilaukan mata, sehingga tidak baik untuk kesehatan mata kita. Maka dari itu, alangkah baiknya bila menempatkan televisi, posisikanlah televisi dengan sudut 90° dari sumber cahaya lain seperti sudut cahaya yang berasal dari jendela.

Dengan demikian, maka cahaya dari jendela tidak akan menggangu layar televisi anda.

4. Ketahui Jarak Aman Menonton TV
Source images : m.republika.co.id
Sebagian orang seringkali menonton televisi dengan jarak yang sangat dekat untuk kepuasannya, padahal hal ini kurang baik untuk dilakukan karena bisa menyebabkan kerusakan yang parah pada mata kita, menonton televisi dengan jarak yang sangat dekat juga dapat membuat mata cepat lelah.

Jika demikian, maka anda harus mengetahui jarak aman untuk menonton televisi agar kesehatan mata tetap terjaga. Jarak aman menonton televisi yang disarankan adalah 5x lebar diagonal layar televisi anda, misalnya diagonal layar televisi anda adalah 24 Inch, maka jarak menonton televisi yang disarankan agar aman adalah 120 Inch.

Jadi silahkan sesuaikan sendiri untuk jarak amannya dengan mengikuti perhitungan seperti diatas. Dengan jarak menonton televisi yang aman tersebut maka mata kita akan menjadi rileks, sehingga lensa mata tidak perlu bekerja keras untuk menangkap gambar. Dalam hal ini mata kita juga tidak akan mudah lelah serta lebih terhindar dari kemungkinan terjadinya kerusakan pada mata.

5. Atur Pencahayaan Pada TV Serta Ruangan Ketika Menonton
Source images : belitung.tribunnews.com
Mungkin sudah banyak diantara kita yang biasa menonton televisi dalam keadaan ruangan yang gelap, padahal hal ini sebenarnya kurang bagus untuk mata kita. Perlu diketahui bahwa disaat kita menonton televisi dengan keadaan ruangan yang gelap tersebut, mata kita akan bekerja ekstra keras untuk menangkap cahaya gambar pada televisi.

Untuk itu, pastikanlah ruangan anda memiliki pencahayaan yang cukup disiang hari, dan disaat malam hari anda bisa menggunakan lampu sebagai penyeimbang cahaya televisi pada ruangan. Selain memperhatikan pencahayaan ruangan, anda juga bisa mengatur cahaya televisi di menu pengaturan rasio kontras menggunakan remote control untuk menyeimbangkan cahayanya.

Demikian untuk artikel kali ini mengenai Tips Menonton TV Yang Benar Supaya Mata Tidak Rusak, semoga bermanfaat.


 
close