Senin, 11 Mei 2020

Yuk Simak Beberapa Tips Memilih TV LED Yang Bagus Dan Berkualitas

Momod ads.id
Untuk saat ini, televisi LED telah populer di berbagai kalangan masyarakat pada umumnya, memang sudah selayaknya hal ini terjadi mengingat semua orang juga menginginkan sesuatu yang baru dari sekian banyaknya teknologi yang semakin lama akan terus menerus mengalami perkembangan, khususnya pada perangkat televisi ini. Dimasa lalu kita semua sudah mengenal yang namanya CRT TV atau televisi tabung yang merupakan jenis televisi pertama yang sangatlah populer dimasanya. Namun, tak terasa kini televisi tabung seakan-akan sudah menjadi barang antik karena tergerus oleh perkembangan zaman yang serba modern ini.

Televisi LED saat ini adalah generasi terbaru dari perangkat televisi yang juga sudah banyak menawarkan berbagai macam fitur dan keunggulannya, dan yang cukup menghebohkan ialah televisi LED ini sendiri sangatlah hemat energi bisa dibilang yang paling hemat diantara semua jenis televisi yang ada. Selain itu, kualitas tampilan gambarnya juga unggul karena televisi LED ini memiliki nilai rasio kontras yang tinggi. Dengan bentuk yang ramping serta bobot yang ringan televisi inipun mampu digantung pada dinding tanpa perlu kawatir akan jatuh.

Jika bicara soal televisi LED, di pasaran sendiri sudah banyak sekali berbagai macam pilihan baik dari segi harga, fitur-fitur yang ditawarkan dan lain-lain. Lalu, bagaimana dengan anda yang berminat ingin membeli televisi LED, mungkin dengan membaca artikel saya kali ini anda akan dapat sedikit informasi yang bisa bermanfaat sebelum melakukan pembelian perangkat televisi LED tersebut.

Tentu tidak ada salahnya untuk mencari informasi sebelum membeli sebuah televisi karena hal ini juga sangat penting agar televisi yang anda beli nantinya tidak mengecewakan baik dari segi kualitas barang maupun hal penting lainnya.

Oke, berikut ini adalah beberapa tips memilih televisi LED yang bagus serta juga berkualitas.

1. Carilah TV LED Yang Bergaransi Panjang
Source images : www.polytron.co.id
Disaat anda hendak membeli televisi LED pastikan produk yang anda beli tersebut merupakan produk yang bergaransi dan jika memungkinkan carilah merk televisi LED yang memberikan usia garansi yang panjang. Garansi pada sebuah televisi LED merupakan hal yang sangat penting untuk diperhatikan, itu karena biaya kerusakan pada televisi LED ini sangatlah mahal bahkan seumpana televisi LED anda mengalami kerusakan pada panel atau layarnya maka biaya perbaikannya sendiri bisa mencapai 90% dari harga televisi LED itu sendiri, ongkos reparasi tersebut bahkan bisa dikatakan hampir seperti membeli televisi baru.

Hal ini juga berlaku untuk sparepart atau suku cadang lainnya yang juga tidak kalah mahalnya, maka dari itu anda harus mengutamakan masalah garansi di dalam membeli televisi LED agar anda tidak terbebani oleh biaya perbaikannya yang mahal tersebut. Saya sarankan anda memilih brand yang memberikan garansi panjang semisal Polytron untuk perangkat televisi LED anda, sebagai salah satu dari brand atau merk produsen elektronik ternama di indonesia, Polytron sendiri menawarkan garansi yang panjang yakni selama lima tahun untuk produk televisi LED yang dipasarkannya, garansi itu sudah termasuk penggantian panel atau layar, garansi sparepart atau suku cadang, garansi remote serta garansi reparasinya. Garansi tersebut diberikan oleh Polytron untuk televisi LED mulai dari ukuran 20 inch sampai 50 inch.

2. Pilihlah Brand Produk TV LED Yang Ternama
Source images : www.which.co.uk
Seperti yang kita tahu bahwa terdapat berbagai macam brand atau merek pada perangkat televisi LED, memang tidak ada salahnya untuk memilih salah satu dari brand tersebut, karena secara umum teknologi dari televisi LED pada semua brand atau merk itu hampir sama satu sama lain hanya saja semua brand tersebut memiliki perbedaannya sendiri-sendiri dari segi kualitas produknya serta beberapa komponen lain.

Namun setidaknya anda juga harus tahu brand atau merk televisi LED yang ternama dan sudah terjamin untuk kualitasnya, bisa dengan cara mereview terlebih dahulu brand atau merk yang bersangkutan ke penggunanya secara langsung perihal kualitas produk televisi tersebut. Dengan mengetahui merk atau brand produk televisi yang ternama, maka anda akan semakin yakin akan jaminan kualitas pada produk televisi tersebut.

3. Perhatikan Tingkat Kualitas Tampilan Gambarnya
Source images : www.coolblue.be
Yang tidak kalah pentingnya di dalam memilih sebuah televisi LED yang bagus dan berkualitas adalah memperhatikan nilai rasio kontras serta nilai refresh rate pada produk televisi yang akan dibeli. Jika ditanya kenapa demikian? Hal ini karena nilai pada rasio kontras dan refresh rate tersebut memengaruhi kinerja televisi anda, yang perlu diperhatikan ialah semakin tinggi nilai rasio kontras dan refresh rate pada televisi maka akan semakin baik kualitas gambar yang ditampilkan pada layar televisi.

Dengan nilai rasio kontras maka kita dapat mengetahui seberapa bagus kualitas gambar yaitu ketajaman warna yang ditampilkan pada layar televisi, sedangkan nilai refresh rate sendiri mewakili seberapa baik gerak putar video yang sedang berlangsung, jika sebuah televisi memiliki nilai refresh rate yang tinggi maka hasilnya tampilan video yang diputar akan lebih halus dan nyaman ketika ditonton karena tidak mengalami tersendat-sendat atau patah-patah disaat menonton.

Untuk itu, pastikan bahwa anda membeli televisi dengan nilai refresh rate yang tingginya minimal sekitar 60Hz atau lebih, agar anda lebih nyaman dan aman saat menonton, lalu untuk masalah nilai rasio kontras, pada umumnya televisi LED sudah mempunyai nilai yang tinggi, itu karena teknologi televisi LED yang sudah canggih berbeda dengan televisi jenis lainnya yang rata-rata nilai rasio kontrasnya lebih kecil dibanding televisi jenis LED.

4. Pertimbangkan Resolusi Layarnya
Source images : www.epiphan.com
Resolusi layar pada perangkat televisi juga salah satu poin terpenting untuk dipertimbangkan di dalam memilih televisi LED yang bagus serta berkualitas, untuk saat ini minimal resolusi layar televisi LED yang telah umum beredar di pasaran adalah resolusi layar HD atau High Definition ( 1280 x 720 ), sedangkan masih ada lagi resolusi layar yang lebih tinggi lagi diatasnya yaitu FHD atau Full High Definition ( 1920 x 1080 ), QHD atau Quad High Definition ( 2560 x 1440 ) dan UHD atau Ultra High Definition ( 3840 x 2160 ).

Dari beberapa pilihan resolusi layar tersebut, saya lebih menyarankan agar memilih resolusi layar minimal FHD, hal ini untuk memastikan bahwa televisi yang anda beli mempunyai tingkat ketajaman yang tinggi pada tampilan gambarnya sehingga mampu memberikan pengalaman menonton televisi yang memuaskan untuk anda.

5. Pilih TV Dengan Fitur Konektivitas Yang Lengkap
Source images : samsungsimulator.com
Teknologi televisi kini sudah semakin canggih seiring dengan kemajuan berbagai macam teknologi di era digital ini, tak hanya untuk menonton siaran acara saja, kini televisi juga bisa difungsikan untuk berbagai keperluan misalnya seperti untuk menonton video yang disimpan di dalam flashdisk atau memory card Micro SD dan beberapa keperluan lainnya.

Hal yang perlu diperhatikan jika ingin membeli produk televisi dengan fitur-fitur tambahan tersebut ialah pastikanlah ketersediaan lubang konektivitas seperti USB port yang bisa dipakai untuk tempat koneksi flashdisk anda, HDMI port untuk difungsikan sebagai penampil gambar untuk perangkat lain seperti komputer/laptop atau perangkat smartphone anda dengan televisi sebagai monitornya serta koneksi lainnya seperti I/O RCA untuk koneksi AV/Audio Video.

Untuk saat ini mungkin sudah hampir semua produk televisi LED telah dilengkapi dengan lubang konektivitas yang cukup lengkap seperti lubang koneksi port USB, I/O RCA, HDMI dan koneksi lainnya, namun tetap saja anda harus memastikan bahwa produk televisi yang anda beli tersebut sudah tersedia slot-slot konektivitas yang modern dan terbaru tersebut.

Oke mungkin cukup untuk artikel kali ini mengenai Tips Memilih TV LED Yang Bagus Dan Berkualitas, semoga artikel ini bermanfaat.


 
close