Rabu, 30 Agustus 2017

Pengertian Yaumul Jaza dan Hari-Hari Akhir Lainnya

Pengertian Yaumul Jaza mungkin sudah sering dibahas di sekolah-sekolah. Namun tidak menutup kemungkinan Anda sudah lupa mengenai Yaumul Jaza. Untuk membantu mengingat kembali apa itu Yaumul Jaza, simak ulasan berikut ini. Yaumul Jaza adalah hari pembalasan, di mana semua manusia akan mendapatkan balasan atas perbuatan yang sudah dilakukan di dunia. Sebagai umat Muslim, sudah seharusnya untuk meyakini adanya hari akhir atau kiamat. Hidup di dunia ini hanya sementara saja, sementara ada akhirat sebagai pembalasan atas kehidupan di dunia.

Pengertian Yaumul Jaza,arti yaumul jaza,pengertian yaumul mizan,pengertian surga,dalil tentang yaumul jaza,pengertian yaumul hasy,makalah yaumul jaza,yaumul jaza,pengertian yaumul hisab,
Baca juga : Pengertian A Cire Perdue, Teknik Cetak Pada Zaman Dahulu

Secara garis besar, Yaumul Jaza adalah hari di mana seluruh umat manusia mendapatkan balasan atas perbuatannya di dunia. Balasan yang akan diperoleh manusia tergantung dari amalan yang sudah dikumpulkan di dunia. Jika manusia tersebut beramal baik selama hidupnya di dunia, maka surga adalah balasannya. Dan jika manusia beramal buruk, maka neraka dan siksanya adalah balasannya. Setelah mengetahui pengertian Yaumul Jaza ini, tentu Anda dapat membedakannya dengan Yaumul-Yaumul lainnya. Agar Anda tidak bingung, berikut adalah penjelasan mengenai nama lain hari kiamat:

1. Yaumul Qiyamah
Yaumul Qiyamah adalah hari kebangkitan besar, maksudnya yaitu hari di mana kehidupan manusia di dunia hancur secara keseluruhan. Hancurnya kehidupan manusia di dunia ini menghancurkan keseluruhan makhluk ciptaan Allah tanpa terkecuali.

2. Yaumul Fashl
Yaumul Fashl adalah hari pemisah, yaitu untuk orang-orang yang beriman dan untuk orang-orang kafir. Pada hari itu, seluruh manusia akan dipisah lalu dikelompokkan sesuai dengan keyakinan agamanya.

3. Yaumul Hisab
Yaumul Hisab yaitu hari perhitungan, di mana seluruh amal perbuatan manusia dihitung dengan cepat dan cermat.

4. Yaumul Thalaq
Yaumul Thalaq yaitu hari pertemuan, di mana manusia akan ditemukan dengan sesamanya.

5. Yaumul Jam’i
Selain mengetahui pengertian Yaumul Jaza, ketahui juga pengertian Yaumul lain. Untuk Yaumul Jam’i sendiri merupakan hari berkumpulnya semua manusia. Sejak zaman Nabi Adam as hingga manusia terakhir yang diciptakan. Berkumpulnya seluruh manusia ini akan ditanyakan mengenai amal perbuatannya selama di dunia.

6. Yaumul Mahsyar
Yaumul Mahsyar yaitu hari berkumpulnya manusia di Padang Mahsyar, tempat luas yang berada di bawah terik matahari.

7. Yaumul Ba’ats
Yaumul Ba’ats adalah hari kebangkitan, yaitu semua manusia yang sudah mati akan dibangkitkan dari kuburnya. 

8. Yaumul Mizan
Yaumul Mizan yaitu hari di mana diadakannya penimbangan amal dari seluruh umat manusia selama hidup di dunia. 

9. As-Sa’ah
As-Sa’ah adalah hari di mana Allah SWT akan menentukan adanya hari akhir atau hari kiamat.

10. Yaumul Diin
Yaumul Diin adalah hari pembalasan agama, maksudnya yaitu hari pembalasan sesuai dengan amalan agamanya. Di antaranya yaitu amalan sholat, puasa, zakat, sodakoh, haji dan lain sebagainya.

Itulah pengertian dari Yaumul-Yaumul atau hari-hari lain selain Yaumul Jaza yang dapat disampaikan. Ketika hari kiamat sudah ditentukan, tidak akan ada perubahan setelah Allah menentukan hari tersebut. Tidak akan dimundurkan atau dimajukan, hari kiamat akan sesuai dengan ketentuan yang telah dibuat Allah SWT. Setelah hari kiamat, manusia akan memasuki dan menjalani kehidupan setelah berakhirnya kehidupan di dunia. Itulah ulasan mengenai pengertian Yaumul Jaza dan Yaumul-Yaumul lainnya.
Pengertian Yaumul Jaza dan Hari-Hari Akhir Lainnya Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Novri Hp