Pengertian Yaumul Barzah Dalam Islam

Pengertian yaumul barzah, bagi Anda yang Muslim pasti sudah sering kali mendengar mengenai hal yang satu ini bukan. Memang benar sekali, pembahasan kita kali ini tidak jauh dari mengenai hal yaitu hari kiamat. Anda pasti sudah memahami bukan mengenai hari kiamat. Meski dalam Islam sendiri terdapat dua jenis hari kiamat yang patut di percayai seluruh umat Muslim di dunia. Dua jenis hari kiamat tersebut adalah hari kiamat kecil dan juga hari kiamat besar. 

Pengertian Yaumul Barzah,pengertian yaumul hasyr,pengertian yaumul mizan,pengertian yaumul ba'ats,pengertian yaumul hisab,yaumul barzah alam kubur,yaumul barzah,dalil yaumul barzah,
Baca juga : Pengertian Ya'juj dan Ma'juj Yang Bisa Anda Ketahui
Perbedaannya di sini adalah hari kiamat kecil adalah hari dimana datangnya bencana alam atau musibah lainnya yang menimpa manusia atau suatu daerah tertentu. Hal ini jelas jauh berbeda dengan hari kiamat besar yang juga harus dipercayai oleh seluruh umat Muslim di dunia. Hari kiamat besar merupakan hari dimana seluruh alam bumi dan seisinya ini hancur tak bersisa, dan juga seluruh makhluk hidup di muka bumi ini mengalami kematiannya. Lantas, apa hubungannya dengan pengertian yaumul barzah? 

Anda pasti bertanya-tanya pula bukan. Sebelum Anda memasuki tahapan tersebut ada baiknya jika Anda memahami terlebih dahulu mengenai hari kiamat yang bisa kapan saja datang ke muka bumi ini. Seperti yang diketahui bahwa meski tidak ada satupun makhluk hidup di muka bumi ini yang mengetahui kapan datangnya hari kiamat, namun ada beberapa tanda yang bisa Anda ketahui untuk menuju hari kiamat tersebut. 

Tanda-tanda hari kiamat yang sangat jelas memanglah ditiupnya sangkakala, dan juga terbitnya matahari dari barat lalu tenggelam dari timur. Namun selain itu, Anda juga harus mengetahui bahwa semakin hari dimana semakin dekatnya pada hari kiamat tersebut, akan semakin banyaklah kerusuhan yang terjadi di muka bumi ini. Akan semakin banyak kejadian yang menimpa muka bumi ini dari mulai bencana alam yang memakan banyak korban hingga kejahatan dan juga kejadian yang tidak bisa dinalar oleh akal manusia. 

Kembali kepada pengertian yaumul barzah. Yaumul barzah merupakan salah satu tahapan ketika hari kiamat tersebut telah datang ke muka bumi ini. Di bawah ini merupakan pengertian yaumul barzah yang bisa Anda ketahui. Yaumul barzah merupakan nama lain dari alam kubur. Jadi dapat diketahui bahwa yaumul barzah merupakan alam lain dimana tempatnya manusia ketika setelah hari kiamat datang. Di dalamnya terdapat malaikat mungkar dan nakir yang memberikan beberapa pertanyaan kepada manusia yang berisi mengenai keimanan dan juga amal perbuatan manusia tersebut di masa hidupnya. 

Apabila manusia tersebut di masa hidupnya banyak melakukan kebaikan dan bisa menjawab seluruh pertanyaan yang diutarakan oleh malaikat maka akan mendapatkan kenikmatan. Sebaliknya juga dirasakan pada manusia yang memiliki kelakuan yang buruk di masa hidupnya dan tidak dapat menjawab pertanyaan dari malaikat maka akan mendapatkan siksaan kubur yang begitu pedih. 

Itulah pengertian yaumul barzah yang bisa Anda ketahui secara singkat. Yang terpenting adalah Anda bisa memperbaiki diri dan juga amalan semasa hidup. Setidaknya itulah bekal yang bisa dipertanggungjawabkan ketika di yaumul barzah nanti.
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Entri Populer

Top  blogs blog search
blog search Academics Blogs
best blogs
Back To Top