Pengertian Nomina dan Ciri-Cirinya

Pengertian nomina atau kata benda dalam Bahasa Indonesia adalah salah satu kelas kata dimana menyatakan nama dari semua benda, seseorang, tempat maupun segala sesuatu yang dibendakan. Kata benda dapat dikategorikan menjadi dua, yakni kata benda konkret dimana ini untuk digunakan pada benda yang dapat dikenal atau diketahui oleh panca indera, seperti buku, pulpen, handphone. Serta kategori kata benda abstrak dimana ini digunakan untuk menyatakan hal-hal yang dapat dikenal oleh pikiran, seperti marah. Jenis-jenis nomina atau kata benda ini memiliki banyak jenis. Tetapi yang paling umum digunakan adalah kategori benda abstrak dan kategori benda konkret. 
Katagori kata benda atau nomina ini juga dapat dibedakan menjadi dua kategori lainnya lagi yakni kata benda khusus atau nama diri dan kata benda umum atau nama jenis. Kata benda khusus ini adalah kata benda yang digunakan untuk mewakili suatu entitas tertentu. Sedangkan kata benda umum adalah untuk menjelaskan suatu kelas entitas. Seperti contoh dalam kata benda khusus adalah Yogyakarta dan kata benda umumnya adalah Kota. Kategori-kategori ini termasuk dalam pengertian nomina. 

Ciri-Ciri Dari Nomina Atau Kata Benda

Pengertian nomina ini juga didukung dengan ciri-cirinya yang sangat mudah dimengerti. Nomina yang merupakan kelas leksikal gramatikal memiliki ciri-ciri, yaitu memiliki makna kebendaan, memiliki daya rangkai sintaksis dan adanya sarana khusus untuk menyebut arti ketunggalan serta arti kejamakan. Ciri-ciri lain dari nomina atau kata benda adalah di dalam kalimat yang memiliki predikat verba, nomina atau kata benda menduduki fungsi subjek, objek ataupun pelengkap. Selain itu, kata benda atau nomina tidak dapat dijadikan bentuk ingkar dengan menggunakan kata ‘tidak’. Kata pengingkar pada kata benda atau nomina adalah menggunakan kata ‘bukan’. 

Pengertian nomina sudah sangat umum diketahui oleh masyarakat sebagai kata benda. Nomina yang memiliki ciri-ciri seperti kata benda biasanya diikuti oleh kata sifat baik secara langsung maupun menggunakan kata perantara ‘yang’. Ada ciri lainnya yaitu memiliki kesempatan untuk didahului dengan partikel ‘dari’. Dari ciri-ciri tersebut tentu sudah sangat jelas tentang nomina atau kata benda yang sebenarnya sudah sangat umum digunakan oleh masyarakat Indonesia. Hanya saja, seringnya nomina ini jarang sekali disebutkan dan lebih dikenal dengan nama kata benda. 

Pengertian nomina yang sudah sering digunakan tentu hanya sering digunakan ketika menggunakan dua kategori yang umum seperti kata benda yang dapat dilihat oleh panca indera maupun apa yang ada di pikiran seseorang. Secara teknis penggunaan kata benda atau nomina ini sedikit rumit karena harus digunakan dengan cara yang tepat agar sesuai dengan kaidah Bahasa Indonesia yang baik dan benar. Agar tidak terjebak dengan penggunaan nomina ini dapat disarankan untuk mengetahui ciri-cirinya terlebih dahulu agar tidak semakin salah kaprah
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Entri Populer

Top  blogs blog search
blog search Academics Blogs
best blogs
Back To Top