Pengertian Optimis Dalam Jiwa Manusia

Pengertian optimis, ikhtiar dan tawakal di dalam Islam adalah sebuah rantai kehidupan yang tidak bisa dipisahkan. Manusia hidup di dunia ini tentu memiliki harapan, karena tidak adanya sebuah pengharapan, tentunya manusia tidak bisa mempunyai arti hidup sebagai manusia. Persepsi mengenai harapan seringkali disamakan cita-cita atau keinginan, padahal keduanya memiliki makna yang berbeda di mana harapan merupakan cita-cita yang belum dapat diwujudkan.
Sedangkan cita-cita memiliki arti sebagai keinginan yang ada di dalam hati dan ingin diwujudkan. Mengenai harapan dan cita-cita tidak akan lepas dengan optimis dari diri seseorang karena harapan dan cita-cita dapat diraih karena ada optimis dari dalam hati manusia itu sendiri. Jika dilihat dari sisi bahasa optimisme berasal dari bahasa Latin, yakni optima yang mempunyai arti terbaik, jika dirangkai menjadi sebuah kata yang pas maka diartikan sebagai sebuah harapan untuk mendapatkan hasil terbaik dari sebuah kondisi tertentu. 

Sedangkan menurut Inggris Oxford Dictionary menjelaskan optimisme adalah harapan serta keyakinan mengenai waktu yang akan datang atau hasil dari suksesnya segala sesuatu, kecenderungan agar bisa mengambil pandangan yang positif. Selanjutnya menurut kamus besar Bahasa Indonesia, kata optimis mempunyai arti bahwa orang yang selalu mempunyai harapan baik di dalam menghadapi segala sesuatu. Artinya, optimis adalah selalu mempunyai pemikiran yang positif terhadap segala sesuatu yang akan dia hadapi.

Pada dasarnya, kata optimis merupakan sebuah keyakinan diri mengenai sesuatu harapan bahwa dirinya mempunyai keyakinan mampu menghadapi segala sesuatu yang menghalangi harapannya itu. Dari pengertian optimis sendiri terdapat beberapa hal yang berkaitan dengan keyakinan di dalam diri seseorang dan cara pandang mengenai hal positif terhadap harapan yang seseorang tersebut inginkan. Biasanya orang yang memiliki sifat optimis dia akan merasakan bahwa dirinya mampu dan akan berhasil menggapai harapannya tersebut. 

Pandangan orang yang optimis mengenai harapan yakni mengenai harapan terhadap sesuatu agar lebih baik. Orang yang memiliki jiwa optimis tinggi dia akan berusaha dengan maksimal dan siap menghadapi segala rintangan yang dihadapinya. Untuk mengetahui jiwa optimis di dalam seseorang bisa diketahui dengan menggunakan cara berfikir orang tersebut mengenai penyebab terjadi suatu kejadian. 

Sikap optimisme sebaiknya sudah ditanamkan pada anak-anak ketika dia sudah duduk dibangku sekolah. Hal ini karena sifat optimisme sendiri adalah sikap yang bisa mendorong orang tersebut untuk terus berusaha dan tidak akan menyerah untuk mencapai tujuan dan cita-cita yang dia inginkan. Meskipun terdapat rintangan yang berat namun dia tetap akan menghadapi rintangan tersebut dan mencari solusi dari segala masalah dengan cepat.

Itulah pengertian optimis dan aspek-aspek apa saja yang ada pada orang yang mempunyai optimisme sangat tinggi. Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk Anda dan semoga dengan membaca artikel ini, Anda akan mempunyai sifat optimis yang tinggi.
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Entri Populer

Top  blogs blog search
blog search Academics Blogs
best blogs
Back To Top